Blogermie.com: Mengatur Privacy Facebook, Apa untungnya ?

29 Januari 2011

Mengatur Privacy Facebook, Apa untungnya ?

Bila kita perhatikan dengan seksama, Privacy sering kita dengar sebagai suatu kerahasiaan pribadi, atau mengontrol arus informasi dari sesuatu.

Privacy banyak digunakan Oleh lembaga - lembaga,dan instansi tertentu untuk melindungi database mereka dari penyusup. Bisa dikatakan sebagai alat perlindungan diri gitu deh.

Disetiap privacy yang ada terdapat metode - metode khusus yang berfungsi sebagai pengaman jaringan yang bersifat Rahasia, bisa berupa Password, licensi, maupun kode Autentifikasi.

Disetiap privacy itulah para pengguna bisa mengapresiasikan profil / produk mereka untuk berkembang, tanpa diketahui orang lain. Sehingga tak jarang membuat para pihak lain merasa iri, dan berusaha untuk menyalin hasil pengembangan tadi.
Privasi dapat dengan mudah dikorbankan, umumnya demi keuntungan tertentu, dengan risiko hanya menghasilkan sedikit keuntungan dan dapat menyebabkan kerugian. Contohnya adalah pengorbanan privasi untuk mengikut suatu kuis atau kompetisi; seseorang memberikan detil personalnya (sering untuk kepentingan periklanan) untuk mendapatkan kesempatan memenangkan suatu hadiah

Kembali ketopik, Kenapa kita perlu mengatur privacy facebook ?

Dengan adanya privacy ini, kita akan lebih leluasa mengatur jumlah informasi yang akan kita publikasikan di media, entah mengenai profil pribadi, Status terkini, maupun aktivitas sehari kita sehari - hari.

Seringnya kita jumpai para pengguna akun facebook yang dengan alay - nya membuat status tentang diri mereka, jadwal kegiatan yang mereka Gambarkan dengan sangat relevan, dan mempublikasikannya. Menurut pandangan publik, 75% hal ini terjadi bagi para pengguna facebook, terutama wanita.

Asumsi negatif pun muncul dengan alasan mencari ketenaran. Agar dinilai sebagai idola, facebooker pun berlomba - memperbanyak ke - alayannya.. Juhh !!!.
Padahal dibalik itu semua kita gak tahu dengan orang seperti apa kita dipertemukan di dunia maya, padahal dengan cara itu pula  para Facebookers sudah rela memberikan akses kepada orang/teman asing untuk memprosting apa saja di wall dan mengirim apapun ke semua teman - temannya.

Ini yang kemudian akan mengakibatkan privacy sebagian pengguna mudah dirasuki oleh penyusup seperti Cracker, bahkan disertai dengan pencurian identitas.
kalau sudah begini, siapa yang patut disalahkan ? pihak facebook atau pribadi tiap pengguna ?


Pentingnya kita mengatur informasi seperti ini, mungkin akan dinilai seseorang Sebagai simbol Apatisme, gak gaul,dan buta pergaulan. karena kita dituntut membatasi jumlah data - data tentang kita. biarkan saja orang mencemooh profil kita, karena jarang foto kita terpampang di wall(karena sengaja disetting private untuk langkah penyelamatan dari si penambah Foto)

Secara gambaran akan pentingnya kita mengatur privacy juga berguna untuk menghindari beberapa kemungkinan berjangkitnya virus - web yang dikembangkan seseorang. Karena beberapa dekade ini telah ditemukan sejumlah virus yang berkembang dalam bentuk aplikasi video, yang kabarnya virus ini sengaja dibuat untuk membobol akses akun penggunannya virus ini disebut Lindsay Lohan, dan Mc Donald.

Memang tidak berbahaya bagi komputer kita, bukan berarti akun Facebook Anda aman dari ulah iseng pembuat virus. Pasalnya, begitu aplikasi jahat tersebut masuk akun Anda, ia bisa melakukan apa saja yang bisa membuat repot. Bukankah saat akan menonton video heboh soal McDonalds, Anda sudah rela memberikan akses aplikasi tersebut untuk mengeksplorer apa saja di beranda Anda dan mengirim apapun ke semua teman Anda? Begitu Anda mengeklik allow saat itu, virus bekerja dan secara tidak sengaja Anda telah menyampah di inbox semua teman dengan undangan berisi link yang sama karena ulah virus iseng tersebut.

Itu baru contoh besar dampak kurangnya pengertian pengaturan privacy, contoh kecilnya masih banyak lagi, dan tanpa kita sadari.

Untuk membuktikan bahwa anda adalah adalah seseorang yang cemerlang dan penuh dengan sikap yang mawas diri, berikut tips sederhana yang bisa anda pakai di facebook:
1. Jangan membiasakan untuk menimbun teman yang jumlahnya tidak bisa anda perkirakan, padahal bisa jadi, tak satupun dari mereka yang anda kenal.

2. Bila anda pengguna aplikasi Facebook pihak ke - 3, perhatikan apa benar - benar aplikasi tsb bukan aplikasi bermasalah.

3. Jangan terlalu memudah untuk klik allow, padahal anda sadar anda tak tahu kegunaan aplikasi itu( biasanya aplikasi ini berisi spam yang berisi link - link yang sama, yang pada akhirnya membuat sesak email kita. )

4. Senantiasa menanyakan asal-usul teman yang invite kita.
Secara tak sengaja sudah invite kita tanpa ada pemberitahuan yang jelas, Basa - basinya cuma berisi ajakan memakai aplikasi ( biar kita dihujat karena perilaku yang mungkin dianggap sombong,demi keamanan.)

5. Jangan mudah percaya aplikasi yang bersifat mensabotase akun facebook orang.
Seperti, "cara mengetahui teman yang baru saja melihat profil kita", "siapa saja yang online", "Aplikasi penambah kredit facebook", .......semua itu bohong.

6. Jangan pernah menyimpan password bila anda berselancar di warnet.

7. Bila anda berselancar di internet menggunakan warnet, selalu gunakan tool keyboard jika terjadi kesalahan mengetik pasword.

Nah sekarang kita sedikit tahu kegunaan pembatasan privacy itu
Kepingin tenar sih boleh,  tapi lihat juga sudah benar gak tuh update kita, Bisa - bisa menimbulkan kontroversi dengan teman sendiri.
Judul: Mengatur Privacy Facebook, Apa untungnya ?; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 1/29/2011 07:29:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar