Blogermie.com: Cara merawat Baterai Ponsel

06 Februari 2011

Cara merawat Baterai Ponsel

Baterai ibarat sumber kehidupan pada sebuah ponsel. Jika baterai habis, maka ponselpun tak mau hidup. Jika baterai mengalami kerusakan, ponsel juga bakal sakit-sakitan, meski komponen ini ering terlupakan, namun keberadaannya mutlak diperlukan.

Jenis-jenis yang mungkin sudah kita kenali yakni NiCd (nickel Cadmium), Li-ion (Lithium ion), dan Li-Polymer. Namun agar senantiasa memperlakukannya dengan baik, ada baiknya kita merawatnya.

Menghemat konsumsi baterai
Tanpa menggunakan tekhnik-tekhnik canggih atau aplikasi tambahan, kita dapat memperpanjang umur baterai. Berikut tips sederhana untuk menghemat umur baterai anda:
  • Matikan bunyi-bunyian yang tidak perlu seperti bunyi keypad, kamera, bunyi flip saat membuka ponsel
  • Jangan menggunakan Mode getar terlalu lama.Vibrator ponsel mengkonsumsi daya lumayan banyak. Lebih baik gunakan volume ringtoe yang lebih kecil jika anda sedang rapat atau gunakan Mode 'Silent/sunyi'.
  • Atur backlight ponsel anda jika tidak sedang digunakan, misalkan atur backlight agar mati setelah 10 menit ponsel saat tidak anda sentuh
Menjaga Baterai tetap awet

Terkadang ada baterai ponsel yang sanggup bertahan dan masih dapat dipakai bertahun-tahun. tapi juga tidak menutup kemungkinan baterai yang baru beberapa bulan sudah tidak dapat dipergunakan lagi.
Berikut tips untuk menjaga dan menghindari baterai cepat rusak/soak:
  • Jaga jangan sampai baterai terjatuh atau terkena benturan dengan keras karena akan merusak fisik baterai
  • Matikan ponsel terlebih dahulu sebelum Melepas baterai. Alangkah baiknya bila tidak diabaikan oleh kita jika anda sering melakukannya performa baterai bisa turun drastis
  • Jangan meletakkan baterai dibawah paparan sinar matahari langsung
  • Jangan meletakkan baterai ditempat berkumpulnya benda-benda logam, dan bermagnet, terutama perhatikan pada jalur konektor baterai yang bisa menimbulkan arus pendek
Judul: Cara merawat Baterai Ponsel; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 2/06/2011 11:44:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar