Blogermie.com: Alkohol, Tempat Pelarian Wanita Yang Sibuk

06 Maret 2011

Alkohol, Tempat Pelarian Wanita Yang Sibuk

Wanita aktif yang menghabiskan waktunya untuk pekerjaan baik di kantor, rumah atau banyak kegiatan lain ternyata lebih banyak yang melampiaskan tekanan hidupnya dengan alkohol. Wanita super sibuk ini kebanyakan tidak puas terhadap dirinya.


Sebuah ujicoba yang dilakukan oleh peneliti dari University of Gothenburg di Swedia mengungkapkan ketergantungan dan penyalahgunaan alkohol paling umum terjadi pada wanita karir yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan yang menyibukkan.

Sebaliknya, wanita yang puas dengan kehidupan sehari-harinya dan punya waktu luang untuk dirinya cenderung jarang bermasalah dengan alkohol.

"Ketergantungan dan penyalahgunaan alkohol paling umum terjadi pada wanita yang kurang terlibat dalam aktivitas menyenangkan di waktu luangnya dan mereka adalah tipe wanita yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan yang menyibukkan," ujar Christina Andersson, seperti dikutip dari Medindia, Minggu (6/3/2011).

Dalam studi ini peneliti melibatkan 851 wanita yang berusia 20-55 tahun. Partisipan ditanya mengenai kehidupan sehari-hari yang meliputi kegiatan rekreasi, pekerjaan di kantor, pekerjaan rumah, berapa banyak waktu yang dilakukan untuk menikmati diri sendiri serta seberapa puas partisipan dalam setiap hal yang ia kerjakan.

Andersson yang melakukan penelitian ini melihat bahwa kehidupan sehari-hari yang dijalani seseorang bisa mempengaruhi jumlah alkohol yang dikonsumsi dan apakah ia termasuk dalam kategori kecanduan atau tidak.

"Jika seseorang menghabiskan waktu luangnya dengan melakukan kegiatan santai dan puas dengan kehidupannya sehari-hari, maka ia memiliki hubungan yang lemah untuk terikat dalam risiko penyalahgunaan alkohol. Tapi jika ia terlalu sibuk tingkat ketergantungan alkoholnya malah tinggi," ungkapnya.

Hasil dari penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa ketergantungan alkohol lebih sering terjadi pada wanita yang tidak puas dengan kehidupannya, sehingga mencari pelampiasan dengan mengonsumsi alkohol.
Judul: Alkohol, Tempat Pelarian Wanita Yang Sibuk; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 3/06/2011 05:01:00 PM

2 komentar:

  1. wah ngga kebayang kalau wanita sampai doyan minuman yang mengandung alkohol juga ....

    BalasHapus
  2. saya juga minum kok mas, tapi sebatas bir hitam dan anggur buat ngagetin badan :)

    BalasHapus