Blogermie.com: Apakah FeedBurner itu?

05 Maret 2011

Apakah FeedBurner itu?

Feedburner
FeedBurner Adalah Sebuh layanan umpan Manajemen website yang diharapkan orang lebih ter-update terhadap website tersebut. Dengan metode penyampaian via email diharapkan membuka peluang agar orang mau mengikuti feed situs kita.
FeedBurner memiliki banyak fitur, misalnya pengecekan statistik optimasi feed. Namun kenapa lebih baik menggunakan FeedBurner dibandingkan dengan feed bawaan blog adalah karena FeedBurner lebih cocok dipakai untuk :
  • Mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
  • Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.
  • Pengguna dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai.
  • Pengguna dapat memonitor berapa yang membaca feeds situs kita. Ini yang biasa dipamerkan sebagai chicklet di sidebar atau tempat lain. Jika banyak yang sudah mengikuti feeds kita, sarana publikasi yang akan menimbulkan efek psikologis bagi orang lain untuk ikut mengikutinya. Setidaknya mereka yakin bahwa situs ini memang dibaca orang.
  • FeedBurner juga memungkinkan kita memberikan layanan feeds via email. Tidak semua orang familiar dengan RSS Reader. Dan banyak orang yang lebih suka memperoleh notifikasi lewat email. Apalagi sekarang kapasitas email gratisan sudah umum dipakai.

Pada dasarnya FeedBurner juga feeds. Jadi feeds dari blog anda diterima oleh feedburner dan diforward sebagai feeds lagi. Cuma letak perbedaanya terdapat pada feeds biasa yang hanya berupa text xml,sedangkan di FeedBurner kita dapat melihat statistik feeds tersebut.

Beberapa Fasilitas yang disediakan Feedburner:


Email Subscriptions
Fitur ini berfungsi sebagai sarana pendaftaran berlangganan artikel blog kita yang disediakan bagi para pengunjung dan pembaca Blog yang tertarik dengan artikel diblog kita. Dengan fitur ini mereka bisa men-subscribe Feed kita lewat email. Caranya, pilih beberapa layanan Feed yang didukung oleh FeedBurner. Beberapa penyedia layanan tersebut adalah: FeedBurner, FeedBlitz, dan R-Mail

Feeds Tools
Menggunakan FeedBurner juga memungkinkan kita menggunakan berbagai tools yang ada. Misalnya membuat headline animator, password protector, feed flare, dsb. Tools ini cukup berguna, meski mungkin tidak semuanya penting bagi Anda. Tapi layak untuk dipelajari. Misalnya jika anda kelak ingin membuat situs yang pengunjungnya harus bayar untuk membacanya, bisa memberikan proteksi password, agar hanya orang tertentu yang bisa membacanya.

FeedCount
FeedCount adalah widget yang berfungsi untuk dapat memperlihatkan statistik dari Feed kita. Dengan widget ini kita akan mengetahui seberapa banyak orang yang men-subscribe Feed kita untuk berlangganan lewat email mereka masing-masing.
FeedCount juga berfungsi sebagai pengidentifikasi apakah suatu blog itu bagus atau jelek. Jika statis pada FeedCount itu jumlahnya banyak, maka dengan demikian kualitas dari isi artikel blog tersebut tentunya sangat bagus dan tentunya ternyata memang sangat banyak orang yang membutuhkan informasi tersebut. Tetapi jika statistiknya rendah, maka keadaannya menjadi kebalikannya.
FeedCount ini memiliki dua jenis tampilan, yaitu: model statik dan animated. Model Statik berarti tulisan teks yang terdapat pada widget FeedCount nya tidak bergerak; sedangkan model animated, teks yang terdapat pada widget FeedCount nya berkedip-kedip (animasi).

PingShot
Fasilitas ini memiliki fungsi yang sangat penting, dimana ketika kita membuat artikel baru, maka PingShot akan segera [saat itu juga] melaporkan adanya artikel baru tersebut kepada "Crawler Bot" dari berbagai layanan yang telah kita miliki dan pilih untuk mempromosikan blog kita. Layanan tersebut diantaranya My Yahoo, Technorati, Blog Lines, Ping o Matic, dan News Gator. Kita juga bisa menambahkan lagi (maksimal 5 layanan) beberapa layanan dengan memilih layanan yang kita inginkan pada suatu ComboBox dan klik Add. Kalau sudah, klik Activate.

Chicklet Chooser
Fasilitas ini juga tidak kalah penting, fasilitas ini berguna untuk memasarkan/mempromosikan Feed. Kita bisa memilih diantaranya atau memilih kesemuanya. Setelah memilih, maka akan ditampilkan kode HTML untuk widget ini. Kita bisa memilih salah satu dari dua cara untuk menempatkan Feed widget tersebut. Kita bisa mempergunakan dengan cara otomatis maupun manual. Untuk cara otomatis, kita tinggal menekan tombol “Go!” pada bagian Use as Widget in, dan jangan lupa, pilih Blogger pada combo box di Use as Widget ini. Untuk cara yang manual, kita bisa tinggal copy-paste kode HTML yang disediakan dan menaruhnya pada Blog kita.

Headline Animator
Pada dasarnya, dengan Headline Animator ini, kita akan membuat sebuah banner dan hasil banner itu adalah milik kita. Begitulah cara kerja FeedBurner. Buatlah desain banner yang bagus terlebih dahulu, karena desain yang bagus dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi Blog kita lewat Headline Animator ini. Untuk memasukkannya ke dalam Blogger, kita bisa langsung masuk Dashboard Blogger kita lalu masuk ke Page Elements > Add a Page Elements. Di sana kita pilih HTML/JavaScript dan kita pastikan kode yang didapat dari FeedBurner.

Penulis dibalik Artikel ini: arnanmax.com | http://arnanmax.com
Judul: Apakah FeedBurner itu?; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 3/05/2011 10:38:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar