Blogermie.com: Membangun Ide Untuk Menulis

15 Mei 2011

Membangun Ide Untuk Menulis

pentingnya Ide dalam menulis
Sebagai Seorang Blogger, Adakalanya kita dihantui perasaan bosan,dan suntuk dengan aktivitas menulis ke blog kesayangan kita. akan diperparah lagi apabila rasa suntuk tersebut iba lantaran kita kehabisan bahan, "apalagi nih yang mau gua tulis?" sehingga tak satupun ide yang nyelinap di pikiran kita

Mungkin ini yang dinamakan "paceklik". tetapi bukan lantaran seseorang tidak memiliki ide cemerlang untuk bisa menulis, blogger senior mungkin juga sering mengalami hal ini, kalau sudah timbul perasaan seperti ini. Maka tidak ada cara lain untuk mengehtikan aktivitas kita menulis untuk sementara, sembari melakukan hal-hal yang bisa membuat ide-ide kita kembali terbuka.
Yang Menjadi pertanyaan adalah, bagaimana membangun ide untuk menulis?

Ternyata banyak cara mencari ide untuk tulisan. Nah, coba beberapa hal di bawah ini, semoga bisa menginspirasi

Berlibur bersama keluarga. adalah salah Satu hal yang bisa kita lakukan dalam bentuk yang sangat sederhana. Contohnya: Mengisi hari libur dengan rekreasi ke taman kota, sambil minum es gonjor. Nonton kartun bersama anak. Tidak ada salahnya juga kalau kita yang tua ini duduk bersama anak2 menyaksikan film kartun kesayangan mereka. dengan mengamati ide yang tertuang oleh pembuat animasi, sungguh luar biasa. Kadang ide sepele seperti itu seakan tidak pernah keluar dari kepala kita, tapi orang lain tersebut dapat melakukan ide yang begitu sederhana.

Kunjungi warnet di kota anda. Ada beberapa warnet yang buka tiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam. Disana anda bisa melakukan Browsing, maupun berfacebook ria sepuasnya,. Nah, disinilah anda bisa mendapatkan informasi yang bisa dibilang komplit. Entah itu dari rekan anda... cari idenya, catat di ponsel anda, bawa pulang, postingkan!

Saat menuju tempat kerja. Waktu berkendara, amati sekeliling anda, asal jangan melamun. (ntar nabrak) kejadian-kejadian yang sekelebat mata tampak dari pandangan kita bisa juga menjadi ide positif yang nantinya bisa kita tuangkan menjadi tulisan lho. contoh dengan tiap hari kita melihat orang lalu lalang dihalte Bus. ada orang meludah sembarangan. padahal tahu-tahu dilarang meludah kok masih dilaksanakan. kita bisa mengambil kesimpulan peristiwa tersebut dan mengexplorer-nya menjadi sebuah tulisan.
Saat buang air besar. Maap nih..., kadang-kadang timbul ide cemerlang saat melamun di dalam kamar mandi. Jadikan ide cemerlang itu menjadi sebuah planning yang bisa jadi membawa anda ke kondisi lebih baik dari sebelum masuk kamar mandi.

Dari sekian banyak ide yang muncul, Ide akan lebih banyak muncul bagi kita yang sering melakukan aktivitas diluar rumah. dimana kesempatan berinteraksi dengan lingkungan amat terbuka lebar, manakala kita mau menggalinya. Dan tidak acuh terhadap lingkungan sekitar kita, ide akan datang dengan sendirinya. Dengan begitu, bagi kita yang memiliki blog tentu tidak akan pernah sepi dari bahan postingan. Ingat pepatah saya ini kelak..."tuangkanlah ide-idemu seperti kamu membuang air seni"

Selamat mencoba!

Judul: Membangun Ide Untuk Menulis; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 5/15/2011 02:00:00 PM

2 komentar:

  1. hmmmm... bisa dicoba nih tipsnya... :)
    masalahnya yang paling menganggu bukan kehabisan idenya..., tapi kalo penyakit malesnya yang kambuh itu susah ngatasinnya... hehehe...

    BalasHapus
  2. ya berhenti nulis dulu jeng, mungkin pikiran lagi kalut, males nulis, gak berarti males dalam berbagai aktivitas kan. mungkin dengan melakukan aktivitas lain tersebut. semangat kita jadi bergairah lagi. kaya orang yang kebelet pipis itu lho,,hahahha.trims dah bertandang

    BalasHapus