Blogermie.com: Push Email Menggunakan Ponsel Java

03 Mei 2011

Push Email Menggunakan Ponsel Java

Perang smartphone di jagad perponselan semakin panas saja, hal tersebut sangat berdampak pada platform-platform ponsel jadul seperti java. Mengingat banyak sekali fitur-fitur yang disematkan pada smartphone, sebut saja fitur layanan push-email yang sedang digandrungi oleh banyak pecinta ponsel khususnya bagi mereka yang mempunyai mobilitas tinggi di bidang bisnis. Namun, jangan berkecil hati bagi anda pemilik ponsel java, karena masih ada cara untuk menikmati fitur tersebut di ponsel anda. Sebenarnya tips ini tidak sama persis dengan layanan push email, karena hanya mengandalkan system interval waktu pengecekan email. Berikut ini beberapa tips untuk menikmati layanan push email di ponsel java:
Mobiquus adalah salah satu pengembang aplikasi java yang fokus pada layanan surat elektronik atau yang biasa dikenal dengan sebutan email. Layanan ini bisa dibilang up to date, karena masih dikembangkan hingga saat ini. Mobiquus bersifat free, sehingga dapat di gunakan oleh siapa saja dan dimana saja. Berikut cara penggunaannya.

  • Selanjutnya, centang pada“Trus Us” 
  • Dan plih “Next” untuk melanjutkan proses berikutnya.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email, dan jangan lupa contreng “I accept the terms of service”. Lalu pilih “next”.
  • Kemudian, buka Inbox pada email anda, dan buka email dari admin Mobiquus. Klik link email confirmation untuk menyelesaikan proses pendaftaran anda. Setelah itu, maka anda akan disuruh untuk memilih metode download aplikasi Mobiquuss, bisa via SMS, via browser bawaan ponsel atau via PC. Berikut ini contoh download via PC.

  • Setelah mendapatkan file jar-nya, maka transfer ke ponsel , install dan jalankan.
  • Pertama, masukkan alamat email anda beserta passwordnya. Pilih “Ok” tunggu sebentar untuk proses testing connection.
  • Apabila berhasil, maka anda akan masuk ke ke jendela “inbox” seperti ini.
  • Sekarang tinggal kita setting interval waktu pengecekan email dengan cara masuk ke Menu>Configuration>Notify. Contreng “Notify when new email arrives?” dan masukkan pengaturan waktu sesuai kebutuhan anda. Selamat mencoba.

Satu lagi layanan Push Email ala ponsel java, Emoze juga menawarkan layanan gratis layaknya Mobiquus. Sebenarnya tidak hanya untuk ponsel java, Emoze ini juga kompatibel untuk platform-platform lainya seperti Symbian Windows Mobile, dan masih banyak lagi. Sedikit berbeda dengan layanan pesaingnya, Emoze tidak mengharuskan kita untuk mendaftar, sehingga kita tinggal mendownload dan menjalankannya di ponsel java kita. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Anda bisa mendownload Emoze di alamat resminya http://www.emoze.com/ atau bisa juga melalui getjar. Download dan install aplikasi Emoze ke ponsel anda.
  • Ketika pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan mendownload file resource terlebih dahulu selama beberapa menit.
  • Setelah proses selesai, pilih “Add New Account” dan pilih jenis akun yang akan anda gunakan. Misalnya kita memilih Gmail, maka masukkan alamat email beserta passwordnya.

  • Terakhir, seperti Mobiquus, kita tinggal setting interval waktu pengecekan email dengan cara masuk Menu>Setting>Advanced seperti gambar disamping. Selamat mencoba.
Judul: Push Email Menggunakan Ponsel Java; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 5/03/2011 05:11:00 AM

3 komentar:

  1. wah...Ane termasuk orang yang agak gaptek ya Gan..ane kalo buka email terpaksa ke Google dulu, nyari Yahoo. baru login, itu kalo pake Ponsel..agak ribet seh..tapi karna ane bukan tipe yang suka ngecek email, atau pebisnis, jadi tidak terlalu memerlukan aplikasi push email di ponsel..hehhe...tapi info kali ini sangat bermanfaat gan....oya apakah Layanan Mobiquus email nya bisa di pake buat FB ato Twtitter ya?

    BalasHapus
  2. Nice Info gan.Tapi masih terbiasa menggunakan pc ketika membuka email..hehehee

    BalasHapus
  3. @ecerisi: untuk FB saya belum pernah coba.
    @Diari Hati Seorang Pria: nice , dicoba dulu gan, coz saya juga belum terbiasa juga pake mobyquss

    BalasHapus