Blogermie.com: Waspada "Virus Osama Bin Laden" Mewabah Di Internet

18 Mei 2011

Waspada "Virus Osama Bin Laden" Mewabah Di Internet

Berita tewasnya Osama bin Laden, diklaim menjadi dampak perseteruan di dunia maya. Terlebih didunia hacker. meskipun kematian beliau menjadi simpang siur di sejumlah media massa Amerika. Banyak orang menyalah-gunakan informasi tersebut untuk kepentingan komersil dan sejumlah penipuan. Kabar histeris tersebut banyak di salahgunakan oleh penjahat dunia maya untuk menjebak korbannya.

Jebakan familiar dan sangat tidak bergizi itu muncul dengan memanfaatkan Foto dan beberapa video yang berisi alamat tautan tertentu yang sebenarnya sudah disisipkan virus. Tindakan Siaga ini dipicu karena tingginya permintaan akan kata-kata kunci tertentu,” kata Robert Lipovsky, salah seorang analis program jahat di perusahaan antivirus dari Slovakia, ESET

Nah bagi para pecinta tekhnik Seo, mungkin bukan hal yang rumit untuk mendapatkan kata kunci, cukup mengetikkan beberapa Keyword di Search engine.
Para pemburu SEO banyak tahu mengenai hal ini, tewasnya Osama bin Laden telah mendongkrak lalu lintas Internet ke puncak. Di situs microblogging Twitter, misalnya, berita itu begitu riuhnya. Setidaknya rata-rata ada 3.440 tweet per detik antara pukul 22.45 dan 00.30 EST, Minggu lalu.
maka beberapa link tautan sudah dipasang dan akan menjadi perangkap busuk para hacker


Para penjahat dunia maya telah membuat aneka situs palsu dengan tema-tema yang berkaitan dengan minat publik. Biasanya, saat seseorang mengklik tautan dan masuk ke halaman situs, secara otomatis program jahat dalam bentuk kode akan terunduh ke komputernya.

Ada pula yang modusnya adalah tiba-tiba menampilkan sebuah jendela pop-up berisi peringatan adanya program jahat yang ingin menembus komputer. Kemudian korban diminta untuk mengunduh antivirus, yang sebetulnya adalah palsu. Tautan-tautan berbahaya juga disebarkan melalui email sampah (spam) dan email tipuan (scam).

Dua contoh yang berbahaya muncul dalam tautan http://www.theparadise.x-y.net/OsamaFoundDead.zip. Tautan ini disebarkan melalui spam.

Tautan ini didahului dengan pengantar tentang wartawan CNN yang menemukan Osama bin Laden mati digantung pada Rabu lalu. Sebagai buktinya, mereka katanya telah memasukkan foto-foto ke tautan tersebut. Bagi pengguna awam, pengantar ini tentu amat menarik.

Ada pula situs palsu berbahasa Portugis yang menyatakan bahwa mereka memiliki video Osama bin Laden sedang membaca koran dan membantah berita kematiannya. Ini juga amat menarik.
Tingginya lalu lintas kejahatan dunia maya seperti itu sebetulnya terjadi saban ada kejadian yang besar atau amat penting. Hal yang sama pernah terjadi saat Jepang dilanda gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

Muncullah situs-situs palsu yang meminta donasi maupun informasi-informasi yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Dalam kasus ini, bila tak berhati-hati dan memberi informasi perbankan, korban bisa kehilangan uang lantaran rekeningnya dibajak.

Judul: Waspada "Virus Osama Bin Laden" Mewabah Di Internet; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 5/18/2011 08:05:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar