Blogermie.com: Apa dan Bagaimana Tentang Processsor Dual Core untuk Ponsel ?

28 Agustus 2011

Apa dan Bagaimana Tentang Processsor Dual Core untuk Ponsel ?

Prosesor Dual Core

Semakin majunya perkembangan di bidang tekhnologi juga berimbas pada makin hebatnya kemampuan perangkat telekomunikasi selular, Alias Ponsel.
Seperti halnya kemampuan pada processor Komputer dan PC, ke depannya ponsel akan memasuki era dimana perangkat cerdas itu memiliki dual prosesor dalam setiap spesifikasi Produk.

LG optimus 2x yang mengawali kiprah awal ponsel berotak ganda tersebut. Tetapi, apa itu prosesor dual core dan yang paling penting apa fungsinya dan bagaimana?

Sejatinya, semua Smartphone memiliki prosesor, atau juga dikenal sebagai CPU. Processor disini melakukan banyak hal dalam bertindak seperti haknya otak pada manusia. Dengan Prosesor, si ponsel dapat melakukan operasional dan menjalankan kegiatan sehari-hari seperti loading aplikasi, loading data, akses internet, atau sekedar menjalankan aplikasi permainan disebuah ponsel.

Perbedaan disini antara prosesor single core dan dual core dimana prosesor dual core memiliki dua Prosesor (termasuk cache) mereka dan pengendali cache) yang terletak pada satu chip terintegrasi - yaitu dua prosesor pada 1 tubuh.

Lalu mengapa lebih baik daripada Single-core?
Single core Prosesor tidak dapat memproses tugas sekaligus secara pararel seperti prosesor dual core. mengapa?
Secara sederhana pada Prosesor single core hanya dapat menjalankan satu tugas dalam satu waktu. Pada sisi lain, prosesor dual core dapat mengambil dua tugas sekaligus dan dapat menjalankannya secara bersamaan

perbedaan Prosesor Single Core dan Dual Core

Dalam hal ini, Prosesor dual core menyediakan dua inti, bukan hanya satu, dan masing-masing memiliki kemampuan untuk mengelola tugas-tugas intensif secara parararel, sehingga lebih baik dalam menjalankan kemampuan multitasking dan membuka aplikasi secara bersamaan.

Lalu apa manfaat paling utama?
Manfaat yang paling jelas ialah dengan memiliki prosesor dual core, memungkinkan si ponsel melakukan berbagai hal lebih cepat, efektif, dan efisien. yait bahwa dengan dual core, dapat memproses dua tindakan dalam satu waktu sekaligus. Tentunya akan makin banyak smartphone maupun tablet yang memiliki spesisifikasi dual core dalam produk mereka selanjutnya
Judul: Apa dan Bagaimana Tentang Processsor Dual Core untuk Ponsel ?; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 8/28/2011 01:32:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar