Blogermie.com: Inilah Gadis "Putri Tidur" Asal Inggris

11 September 2011

Inilah Gadis "Putri Tidur" Asal Inggris

Inggris-  Kalau anda pernah menyaksikan film "Putri Tidur" karangan dapur fil Walt-Disney, Mungkin yang ada di pikiran pembaca adalah penyakit "Sleeping Beauty Syndrome". ternyata cerita tersebut memang diangkat dari kisah nyata.

Terbukti, seorang mahasiswi asal Halesmere, Surrey, Inggris, bernama Lily Clarke, mendiagnosa penyakit tersebut. Sejenis penyakit langka yang disebut Kleine-Levin Syndrome (KLS). Pasalnya, gadis ini sekali tidur bisa sampai 1 bulan lebih. Dia hanya bangun untuk makan dan minum, kemudian tidur lagi.


Ibu Lily, Adele Clarke (47) menceritakan kepada Daily Mail, kondisi putrinya pertama kali diketahui saat keluarganya pergi bermain ski pada November 2007. Ketika itu, Lily berumur 17 tahun. Tak seperti biasanya, Lily banyak diam dan terus-menerus berkata: "Kepalaku terasa aneh, aku merasa tak enak badan".
"Aku mengira dia hanya terserang flu saat itu." kata Adele.
Usai bermain ski, mereka sekeluarga pergi ke restoran. Namun selama acara makan-makan itu berlangsung, Lily terus tertidur. "Sebelum makanan datang, Lily sudah tertidur di kursinya. Kami tidak bisa membangunkannya dan harus mengangkatnya keluar restoran.", kata Adele.

Selama 25 hari berikutnya, Lily menolak meninggalkan tempat tidur. Hampir-hampir tidak makan dan minum, Gadis tertidur selama 23 jam sehari, tidak tahan terhadap suara bising dan cahaya. "Wajahnya bagai kaca, tanpa ekspresi. Aku sangat khawatir.", kata ibunya.

Selama tiga tahun, berbagai dokter dan konsultan sudah didatangi. Lily tak henti-hentinya menjalani berbagai tes medis. Hingga akhirnya, pada February 2010, Adele membaca artikel Daily Mail tentang Louisa Ball, anak yang menderita kelainan tidur, Kleine-Levin Syndrome. Gejalanya sama dengan yang dialami oleh anaknya. Dia kemudian menghubungi koran tersebut, yang memperkenalkannya kepada orang tua Louisa dan KLS Foundation di Amerika. Mereka menyarankan untuk menemui Profesor David Nutt di Chelsea and Westminster Hospital, yang membenarkan Lily mengidap penyakit tersebut.

Adele bertemu dengan dua orang ibu lainnya dari Inggris, yang juga memiliki anak dengan sindrom langka dan bersama-sama mereka mendirikan situs web www.kls-support.org.uk untuk meningkatkan pengetahuan mengenai penyakit tersebut.

Sekarang, Lily sekali tidur lamanya rata-rata dua bulan, dalam setiap kurang lebih tujuh bulan. Sayangnya, tidak ada obat yang diketahui dapat menyembuhkan penyakit ini. Tapi ilmu medis menyatakan bahwa, biasanya yang terserang adalah orang muda. Jadi, mungkin Lily bisa terlepas dari penyakit ini setelah dewasa
Judul: Inilah Gadis "Putri Tidur" Asal Inggris; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 9/11/2011 08:04:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar