Blogermie.com: Kebiasaan Membungkuk Akibatkan Sakit ?

04 September 2011

Kebiasaan Membungkuk Akibatkan Sakit ?

Kalau ingat masa kecil dulu, saya ingat betul petuah kata orang tua dan bijak kalau berdiri dan berjalan jangan membungkuk, katanya gak baik. Tanpa menunjukkan akibatnya, saya sering bertanya-tanya ke guru sekolah, dan sampai harus mati-matian googling di internet

Sejak kecil, Kita sudah dibiasakan untuk berdiri maupun duduk dengan tegak. Mulai dari guru hingga orang tua yang menyerukan kebiasaan tersebut. Dilain pihak banyak yang tak paham akan pentingnya postur tegak. Ternyata selain membuat tubuh tak membungkuk, postur tegak meningkatkan ketahanan pada rasa sakit, lho.

membungkuk akibatkan sakit
Source with kaskus

Sebuah penelitian menemukan tubuh bungkuk membuat Orang lebih sensitif pada sesuatu yang tak nyaman, entah itu rasa sakit maupun nyeri. Hasil penelitian itupun dilaporkan dalam Journal of Experimental Social Psychology.

Peneliti menemukan pose senam yoga yang mengharuskan punggung lurus dan kaki sedikit terbuka ternyata membuat tubuh lebih tahan rasa sakit. Hasil penelitian didapat setelah peneliti mengecek tekanan darah sejumlah relawan. Alat pengecek itu dilingkarkan pada tubuh relawan dan dipompa hingga relawan mulai merasa sakit.

Relawan kemudian diminta melakukan satu dari tiga posisi yoga selama 20 detik. Setelah itu, tes dilakukan kembali. Hasilnya, relawan lebih tahan sakit saat alat pengecek dipompa.

Uniknya lagi, para peneliti menemukan efek berdiri tegak memengaruhi orang lain dan ketahanan rasa sakitnya. Para peneliti duduk bersama relawan kemudian membahas sesuatu. Rasa sakit diukur sebelum dan sesudah percakapan. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketika si peneliti duduk tegak, para relawan cenderung duduk bungkuk dan kepekaan terhadap rasa sakitnya pun meningkat.

Oleh karena itu para peneliti kemudian menyarankan, ketika Kita merasa sakit atau tidak enak badan, tegakkan punggung dan busungkan dada sesering mungkin. Biasanya orang yang tidak enak badan justru akan menekuk dirinya, padahal ini justru membuat seseorang semakin tidak bisa mengatasi rasa sakit. So, biasakan untuk selalu berpostur tegak. Baik untuk penampilan, baik untuk kesehatan!
Judul: Kebiasaan Membungkuk Akibatkan Sakit ?; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 9/04/2011 09:39:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar