Blogermie.com: Mengenal Sistem Operasi Windows Phone 7

04 September 2011

Mengenal Sistem Operasi Windows Phone 7

Windows Phone 7 adalah sistem operasi Microsoft untuk yang pertama kali diperkenalkan ke publik, Sistem ini adalah program lanjutan dari Windows Mobile. OS ini pertama kali diluncurkan di Eropa, Singapura, dan Ausralia pada tanggal 21 oktober 2010. Menyusul kemudian di wilayah Asia pada tahun 2011. Windows Phone 7 menawarkan Antarmuka baru dengan bahasa desain yang bernama Metro. Metro mampu megintegrasi OS tsb dengan layanan pihak ke 3 Microsoft

Perlu diketahui pada bulan februari 2010, Microsoft diluncurkan di Barcelona pada ajang Mobile World Congress. Kemudian pada tanggal 11 oktober 2010, Microsoft CEO, Steve Ballmer mengumumkan 10 perangkat berbasis Windows Phone 7 yang banyak dibuat pabrikan besar seperti Dell, HTC, Samsung, dan LG. Microsoft melaporkan banyak peningkatan penjualan produk mereka yang meningkat sekitar 1,5 Juta unit.

Uniknya sebagai OS teranyar, Windows lebih banyak menyertakan fitur yang cukup radikal dengan Windows mobile dan OS Android. fitur tsb antara lain:

1. User Interface
UI disini yang dimaksud adalah OS yang diberi nama Metro. Home screen terdiri dari beberapa "Tiles". Tiles ini merupakan link langsung ke aplikasi fitur,fungsi dan item sperti kontak, halaman web dan aplikasi multimedia. Tiles ini bersifat dinamis dan secara real time akan berubah dengan sendirinya setelah terupdate. Seperti Tiles Email yang berupa email masuk yang kemudian meginformasikannya ke perangkat.

Beberapa fitur tersebut sudah terintegrasi dengan koneksi online dengan jaringan pertemanan seperti Facebook maupun Windows life.

2. Contacs
Kontak pada windows phone 7 diorganisir melalui "People Hub". yang kemudian kontak tersebut bisa dimasukkan secara manual dan import langsung dari Facebook, twitter dsb.

3. Multimedia
Bisa jadi Windows phone 7 yag mencuat , bahwasanya teklah disipkan aplikasi Zune yang menyediakan Kemampuan hiburan dan sinkronisasi media langsung dengan PC. Dibagi menjadi 2 hub antara lain Hub Music + Video dan Hub Pictures.
Secara teori Hub menampilakan berbagai aplikasi multimedia yang meliputi musik, gambar, dan video yang terhubung langsung pada jaringan internet

4. Games
X-box live pada perangkat ini mengingatkan kita pada permainan konsol Xbox dengan menampilkan avatar 3D Mode. melalui "Hub Games", pengguna dapat berinteraksi dengan avatarnya sendiri dan memainkan beragam permainan online yang terhubung dengan pengguna lain

5. Office Suite
"Hub Office" Mengorganisir Semua program Microsoft Office dan dokumen. Dengan menggunakan Office Mobile memungkinkan semua file Word, Excel,Powerpoint, dan Office lainnya mudah untuk diedit. mantap bukan?

6. SYNC
Sebagai aplikasi Sinkronisasi, Zune Software dibenamkan pada perangkat Windows Phone 7, dengan Zune semua Konten dapat disinkronisasi secara nirkabel dan melakukan update otomatis. OS pintar ini lebih tinggi tingkatannya dengan OS Windows sebelumnya dan lebih maksimum Performanya ketimbang OS Android. Meskipun Zune Software belum sepenuhnya didukung untuk Sistem Operasi MAC

Adapun persyaratan umum perangkat yang mengadopsi Windows Phone 7 antara lain:
  1. Layar kapasitif, 4 point multi-layar sentuh dengan resolusi WVGA (400x800)pixel
  2. Prosesor 1Ghz ARM"Cortex/Scorpion" atau prosesor yang lebih baik
  3. Minimal 256 MB RAM dengan minimal 8GB Flash memori
  4. Adanya Fitur Accelerometer dengan kompas, ambien sensor, lampu sensor jarak jauh dan Assisted GPS
  5. Kamera dengan lampu kilat LED
  6. FM Radio Tuner
Sumber : wikipedia
Judul: Mengenal Sistem Operasi Windows Phone 7; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 9/04/2011 08:46:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar