Blogermie.com: Alasanku Canggung Bikin Tutorial (Parental Advisory)

29 Oktober 2011

Alasanku Canggung Bikin Tutorial (Parental Advisory)

Memang benar Membuat tutorial blogging , atau tutorial apapun itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang yah tinggal ketik saja apa yang pernah anda alami soal blogging. Misal Cara membuat blog dan menulis postingan. gampang kan?, Saya yakin seandainya manusia didunia ini piawai dalam memakai fikiran positif mereka, mungkin tidaklah sulit membuat tutorial apapun.

Umumnya bagi orang yang sudah serius dalam kegiatan menulis, tidak akan pernah putus dengan apa itu yang namanya ide. Karena ide yang mereka dapat murni dari mengkaji, hipotesis dan penilaian yang kemudian mereka frasekan sendiri menjadi sebuah karya tulis/karya seni. Namun tidaklah demikian bagi orang yang Otaknya "Kempel". Sangat berbeda dengan orang yang tambang IDE, biasanya identik dengan kebiasaan mencuri yang konon disebut-sebut sebagai dalangnya Kopi paste. (Mari bercermin pada diri masing-masing)

Pasti para blogger pernah mengalaminya kan? kalau sudah disindir tukang kopi paste, pastinya kita akan malu seraya menundukkan kepala.
Yah... faktor pengetahuan yang minim dan tingkat etika yang dimiliki penyadur-penyadur inilah yang membawa kredibilitas penulis asli tidak diakui

Saya berani jamin, baik teman, rekan, apalagi musuh selalu mengintai artikel=kualitas tulisan kita yang menurutnya menarik untuk mudahnya disadur tanpa izin. Ini yang kemudian berbuah petaka bagi pemilik konten asli.

Beberapa menit yang lalu, saya sempat membaca sebuah artikel yang menurut penilaian saya adalah artikel kopas.
Seolah tak mau tahu, seolah tidak merasa, si pembuat artikel ini membuat tutorial yang merujuk pada kualitas tulisan dalam mengatasi tambang IDE, (padahal tulisannnya juga kopas). Dan Akhirnya klaim saya begitu sempurna sehingga mampu mematahkan idelismenya bahwa KOPAS bukan sebuah Kreativitas.

Untuk diketahui bersama bahwa mengenali artikel kopas mudah untuk menebak, Berikut caranya:

1. Jika kalian merasa bersahabat dengan pemilik blog/ sudah memasang Blogroll di sidebar kalian. Amati terus cara dia menulis, ejaan bahasa, dan topik yang paling mirip sering dia pakai.  Makin sering dia publish artikel secara beruntun, pasti terdapat kelebihannya yang amat janggal menurut kalian. Umumnya tingkat kewajaran tulisan sudah sering terlihat dalam penulisan EYD, Misal:"Yang,yg,Aq,aku, saya, ahirnya,akhirnya dlm,dalm,dsb".
Kalau tulisannya sangat sempurna tanpa ada kesalahan. Berarti yakinlah rekanmu itu..kopas

2. Artikel sama persis hanya dilakukan bagi orang yang baru mendalami dunia blogging, khususnya anak sekolah,ABG yang ingin menargetkan keyword tertentu. Coba bandingkan dengan penulisan kawakan yang lebih cenderung memilih 1 topik tertentu, dan tidak mencampur adukan 1 topik dengan topik yang lainnya. Masa peralihan Blogger pemula biasanya cenderung berisikan tutorial campur aduk dan bukan pada kompetensi jati diri.

3. Ada yang membuat tingkat keterbacaan Artikel kopas berbeda dengan artikel asli. Kalau di artikel asli, Kalian hanya cukup sisihkan beberapa detik untuk membaca tanggal posting dibuat, dan kuantitas komentar dibawahnya, Jika komentarnya positif dan umumnya berisi Feedback pengunjung mengenai tutorial/artikel yang sama, dan kesemuanya dijawab admin blog dengan jawaban sesuai teknis tutorial tersebut dibuat, dan hanya jawaban tertentu yang kadangkala diabaikan oleh admin (contoh komentar spam),  berarti sudah dipastikan artikel tersebut murni bukan Kopas.

Bedakan pula dengan artikel kopas, Biarpun komentarnya silih berganti pengunjung, perbedaan yang sedikit membuatnya mencolok adalah rentetan komentarnya hanya sebatas spam belaka. Hal tersebut juga diperparah dengan tidak hadirnya admin dalam memberikan Feedback. Sangat beralasan juga sih, ini karena admin tidak pernah membuat kajian terhadap artikel yang dia sadur sebelumnya

4. Tukang Kopas biasanya suka memberikan tanggapan-tanggapan aneh di kolom komentar, komentarnya sedikit tertinggal dan banyak meninggalkan jejak link.
Adapun komentar Ala kadarnya seperti memberi reaksi singkat: wah keep posting sekali, oklah sangat membantu saya menjadi baik lagi,,,, dsb. Itu sudah cukup menjadi bukti pencitraan karakter seseorang yang doyan kopas dan tidak punya otak.
Nah, kalau kalian merasa was-was dengan perilaku pengunjung seperti ini, Mulailah mengambil cara untuk mengangktifkan moderasi komentar. SCRIPT KOPAS SUDAH GAK MANJUR BOSSSS!!!!

Untuk itu, sudah seyogyanya kenapa akhir-akhir ini saya lebih cenderung beralih tema konten yang dulunya bejibun dengan Artikel Tutorial dan mengisinya dengan Nostalgia dan fotografi. Karena Plagiarisme sudah masuk dalam daftar hitam Alasanku Canggung Bikin tutorial

Menurut saya, tidak ada kata sulit dari sekedar membuat tutorial. Selagi kita selektif dan benar-benar mengevaluasi bahan posting yang patut dipublikasikan. Walaupun begitu,  bisa jadi tingkat kesulitan sebuah konten bisa berbeda-beda  meskipun tutorial tersebut sangat sederhana. Tanya kenapa? Dalam post ini mungkin Inilah penyebab anda (saya sendiri) malas bikin tutorial.

Malas Bikin Tutorial
Sumber gambar: detik.com
Buat kalian yang sudah atau bahkan sering mengalaminya pasti bisa menjawab. Kenapa anda malas menulis? Seperti 3 hal berikut menurut pengalaman saya yang seorang blogger:

  1. Malas, akibat yang bakal diderita akibat ini, bisa menjadi batu sandungan terberat dalam hal apapun seperti menulis. Alam imajinasi anda mungkin sudah bergolak karena banyak ide tutorial yang sudah anda kembangkan. Namun, yaitu tadi akibat MALAS bisa bikin semuanya berbelok 180 derajat.
  2. Sibuk, ini bukan barang baru dalam dunia modern ini. Blogger manapun punya kesibukan sendiri, ada yang berstatus single, berumah tangga dsb, dan kesemuanya itu harus seiringi aktivitas diluar sana yang tidak dengan mudah ditinggalkan begitu saja. Gara-gara kesibukan, jangankan menulis tutorial, pengen kencing pun bisa jadi rela ditunda.
  3. Sarana atau alat alias senjata, untuk membuat tutorial, perannya memang sangat vital. Keberadaannya Ibarat tulang punggung. Enggak ada alat? Yah gak bisa nulis alias nyaris mustahil. Sesederhana apapun, ya harus tersedia adalah komputer, laptop, atau paling banter ponsel plus jangan lupa koneksi internet.

Nah, mungkin itulah 3 hal dari 4 (termasuk artikel yang sudah dikopas)yang bisa bikin anda gregetan mati rasa ketika ingin menulis tutorial apapun.

Anda mau menambahkan?
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 10/29/2011 06:05:00 AM

5 komentar:

  1. soalnya tidak ada ide lagi.... kunjungan perdana thx.. visit back

    BalasHapus
  2. enggak mau menambahkan ah...takut kepanjangan :D

    BalasHapus
  3. Kalo malas ga pa pa, asal jangan pelit. ;-)

    BalasHapus
  4. Kadang saat di depan computer sering lupa ide

    BalasHapus