Blogermie.com: Preview Movie : Rise Of The Planet Of The Apes

13 Oktober 2011

Preview Movie : Rise Of The Planet Of The Apes

Teori evolusi dan seleksi natural oleh Charles Darwin merupakan salah satu pemikiran yang sangat diagungkan oleh para ilmuwan sains ilmu alam.

Teori Darwin memaparkan bahwa manusia dan makhluk primata lainnya sebetulnya memiliki garis keturunan yang sama namun terjadi penyimpangan mutasi dan seleksi alam sehingga terpisahnya perkembangan keluarga Hominidae (kera besar) menjadi sejumlah genera dari simpanse, gorila, orangutan, hingga manusia yang dianggap paling sempurna.


Kenapa manusia menganggap dirinya paling sempurna? 
Berbeda dengan primata lainnya, perkembangan genetik dan otak manusia telah berhasil mencapai tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga manusia mampu membentuk kebudayaan dan peradaban yang sangat piawai. Sayangnya, Tingkat kercedasan ini justru membuat manusia merasa lebih mulia dan di atas derajat makhluk lainnya. Manusia bersikap angkuh dan bertindak semena-mena terhadap makhluk lain dan alam sekitar.
Namun ketika primata lain, contohnya kera, mulai mencapai tingkat kecerdasan yang hampir sejajar dengan manusia dan merasakan ketidakadilan yang ditegakkan oleh manusia terhadap mereka, apakah yang akan terjadi?

Preview Movie : Rise Of The Planet Of The Apes
Disinilah film Rise Of The Planet Of The ApesHollywood. Selain sifat dan bentuk primitif kera yang menyerupai manusia, kera memang bisa menjadi suatu sosok yang menyeramkan dengan giginya yang tajam, garungnya yang mengerikan, dan kecerdasan dalam melompat bebas dari tempat ke tempat. Namun apabila genetika kera ditingkatkan dengan kecerdasan yang sederajat dengan manusia, kera akan menjadi musuh utama manusia. Apalagi hewan seperti kera selalu mendapatkan perlakuan rendah dari manusia.  mengambil tema ini. Hubungan manusia dan kera memang merupakan tema yang sangat gemar dibahas dalam film
Ketika Will Rodman (James Franco) menemukan formula yang nyaris sempurna untuk mengobati penyakit Alzhemier dengan melakukan eksperimen terhadap kera, tak disangka ia justru menemukan sebuah formula yang dapat meningkatan kecerdasan otak. Formula ALZ 112Bright Eyes, seekor simpanse yang menunjukkan kepintaran yang luar biasa. yang dikembangkannya telah menghasilkan
Namun pada saat ia sudah siap memberikan presentasi formula ALZ 112 kepada pemilik saham perusahan Gensys, Bright Eyes justru mengamuk dan hampir menghancurkan seluruh laboratorium GenSys. Pemilik saham menganggap amukan Bright Eyes sebagai kegagalan dan meminta seluruh proyek untuk di riset ulang serta membunuh semua kera percobaan. Namun ternyata, amukan Bright Eyes bukanlah karena kegagalan formula ALZ 112 tapi karena Bright Eyes melindungi bayinya yang tak diketahui oleh Will. Tak tega, Will membawa bayi kera tersebut pulang dan merawatnya. Melihat adanya kecerdasan yang diwariskan oleh Bright Eyes, Will menamakan bayi tersebut Caesar (Andy Serkis). >>>

Will Rodman tetap terobsesi untuk menyempurnakan formula-nya, terutama alasannya karena sang ayahnya Charles Rodman (John Lithgow) adalah pengidap penyakit Alzhemier. Tak tega melihat ayahnya menderita, ia pun mencoba formula ALZ 112 kepada ayahnya, dan hasilnya sangat memuaskan. Ayahnya mulai berfungsi dengan normal. Berbeda hasil, Caesar yang diasuh seperti anaknya sendiri justru berkembang dengan kemampuan yang luar biasa yang tak terduga. Caesar mampu menjalani kehidupan layaknya manusia seperti makan bersama di meja makan, belajar bahasa isyarat, dan memakai baju. Kehidupan Will berjalan dengan lancar sampai akhirnya terjadi insiden dimana Caesar tak sengaja melukai tetangga yang terlihat tengah menyerang ayah Will.
Karena insiden tersebut, Caesar terpaksa harus ditampung di sebuah penampungan primata. Disana Caesar mulai merasakan betapa berbedanya dirinya dengan primata lainnya yang terkesan bodoh. Ia pun merasakan bahwa dirinya seorang kera akan selalu dianggap sebagai makhluk yang direndahkan oleh manusia. Dengan kecerdasan yang ia miliki dan kesadarannya bahwa ia bukanlah kera yang biasa, Caesar merasa hanya dirinya lah yang mampu untuk menyelamatkan kaum kera dari kejahatan manusia. Namun dengan cara apa?



"Careful, 
humans don't
like smart ape"
-Maurice

Preview Movie : Rise Of The Planet Of The Apes
Pada awalnya, film prekuel dari Planet Of The Apes ini sempat dipadang sebelah mata karena selama ini Hollywood selalu gagal menciptakan kisah prekuel dengan plot yang kuat. Namun, sutradara Rupert Wyatt serta penulis naskah Rick Jaffa dan A. Silver...
...berhasil membuktikan bahwa Rise Of the Planet Of The Apes adalah
film action drama terbagus
pada musim summer blockbuster 2011 ini.
Perlahan-lahan ketegangan akan bangkitnya kaum kera dibangun bersamaan dengan tumbuhnya Caesar dari seekor bayi kera hingga menjadi kera pertama yang bisa berbicara dan memimpin pemberontakan kera melawan manusia. Caesar yang dibesarkan seperti manusia oleh Will menyadari bahwa untuk meningkatkan derajat kera, ia harus mampu untuk lebih mengandalkan kecerdasan otaknya daripada kekuatan otot. Hal tersebut ditafsirkan dengan jelas saat para kera secara sistematis mulai memberontak dan harus menghadapi manusia yang lebih maju dalam menggunakan alat peperangan seperti senjata api. Caesar memunjukkan kemampuannya dalam menyusun taktik perang layaknya seperti seorang jenderal dalam medan peperangan. 
 Preview Movie : Rise Of The Planet Of The Apes 
Selain kisahnya yang menyentuh dan menegangkan, efek visual yang digunakan dalam Rise Of The Planet Of The Apes patut diberikan pujian. Dengan menggunakan teknologi motion capture yang dikembangan Weta Digital milih Peter Jackson, ratusan kera terlihat hidup di layar walau sebenarnya diperankan oleh manusia. Salah satunya adalah Andy Serkis yang sangat terkenal memerankan Gollum dalam film trilogi Lord Of The Rings. Dalam Rise Of The Planet Of The Apes, Serkis telah memberikan pertunjukkan yang sangat mengesankan dalam meniru gerak-gerik serta ekspresi seekor kera.
Rise Of The Planet Of The Apes adalah film Summer Blockbuster yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Untuk para pecinta film,jangan sampai ketinggalan dengan aksi para kera intelektual yang memberontak melawan manusia dalam film ini. Dijamin film ini akan membuat akan tegang dan juga terharu dengan kisah persahabatan antara kera dan manusia serta bangkitnya sebuah kaum yang telah ditindas. 
Penulis dibalik Artikel ini:
Cumicumi.com
http://www.cumicumi.com/
Judul: Preview Movie : Rise Of The Planet Of The Apes; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 10/13/2011 07:02:00 PM

1 komentar:

  1. mantab gan ulasannya. planet of the apes yang seri 3 udah rilis belum yuah?

    BalasHapus