Blogermie.com: Rawon Nguling, Kuliner Khas dari Timur

03 Oktober 2011

Rawon Nguling, Kuliner Khas dari Timur

Rawon Nguling
4 Jam bukan waktu yang singkat untuk menempuh perjalanan dengan tempuh 145 Km, itupun jika anda berusaha berlibur ke daerah Probolinggo dengan start dari arah Surabaya seperti saya. Deru kendaraan berbobot-besar sering menghalangi perjalanan, pastinya akan membuat anda jenuh.
Begitu pula jika anda terjebak macet, padat merayap yang kemudian membuat anda semakin stress. Beberapa kali saya mengusap peluh menyadari bahwa bulan ini, lagi musimnya paceklik. Wajar apabila perjalan ini terasa sangat melelahkan

Hanya saran nih buat pembaca, jika anda berpergian kearah timur provinsi Jawa-timur dengan tujuan pasuruan-probolinggo-lumajang dan sekitarnya, saya sarankan untuk mencari peristirahatan untuk melemaskan otot punggung yang capek akibat kebanyakan Mengemudi.

Warung makan Rawon Nguling
Di Probolinggo, Ada satu tempat yang sangat digemari wisata kulinernya. Konon wisata kuliner ini membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketagihan dengan masakannya. Dikatakan disebuah media cetak daerah, SBY pernah menapakkan kaki di Probolinggo dan mampir di warung makan ini. Kalau para sahabat pernah mendengar Rumah makan Rawon Nguling, itulah wisata kuliner khas Probolinggo yang sangat terkenal dimana-mana.

Seperti hidangan Nasi Rawon pada umumnya, Nasi Rawon Nguling terhidang antara nasi dan irisan daging sapi  dengan sambel terasi dan taoge  sebagai perlengkapannya. Disajikan Panas dengan kuah tidak dipisah. Kuah rawon-nya dibuat agak encer kehitaman karena ada rempah"kluwek" didalamnya, bumbu ini khusus untuk campuran rawon.
Dari segi pelengkap,disini suguhan lauk empal dan jeroan ditambahkan, saya tertarik dengan empal, dan potongan Tempe goreng setebal 6-8cm, begitu puas saat digigit. itupun tidak termasuk harga 1 porsi, bila ingin nambah lauk, otomatis bayarnya tersendiri.

Walaupun begitu harganya pun relatif lebih murah kok. Cukup dengan Rp.68.000, saya beserta istri sudah bisa melahap 2 porsi Nasi rawon, 2 Es Teh, dengan tambahan 1 gorengan empal extra,1 Tempe Goreng, ditambah 1 perkedel daging, dan 1 buah jeroan ukuran Limpa Sapi ukuran jumbo.
Warung makan Rawon Nguling
Menurut Cerita yang beredar, Rawon Nguling merupakan sebuah Warung Makan dengan arsitektur sederhana yang sangat indah. Selain sebagai rumah kediaman Karyoredjo, Pendiri warung makan ini. Rumah Makan Rawon Nguling ini terletak persis di sebelah timur jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo, dan berdiri sekitar tahun 1940-an yang lalt ini juga sebagai tempat pesanggarahan bagi tamu-tamu Kepala daerah


Dengan ciri khas "RAWON" warung makan ini sempat mendapat sambutan menarik di berbagai masyarakat, Tersohor dengan Nasi Rawonnya, bahkan sempat buka cabang diberbagai tempat. Dari sekian banyak pengunjung yang datang, RAWON NGULING Dikenal sebagai pusat kulinernya Probolinggo,dan bukan Abal-abal lho. Terbukti dari banyaknya penikmat kuliner, hampir pengunjungnya bukan asli pribumi, melainkan orang yang kebetulan singgah untuk berlibur.

Nah jika para sahabat dan pembaca ingin mencicipi Rawon Nguling Langsung di Kota Asalnya,saya sediakan alamat rawon nguling di lumajang
Rawon Nguling
Alamat : Jln. Raya Tambak Rejo No.75 tongas Probolinggo-Jawa Timur 67252
Tlp : (0335)511091
         (0335)511350
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 10/03/2011 09:56:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar