Blogermie.com: Tips Menjadikan Hidup Anda Bahagia Dunia dan Akhirat

24 Oktober 2011

Tips Menjadikan Hidup Anda Bahagia Dunia dan Akhirat

Belum genap setahun membina rumah tangga, Selalu ada saja perselisihan diantara hubungan Suami-istri, dari masalah sepele, maupun "intern"dengan anggota keluarga yang lain, Apakah anda pernah mengalami hal yang demikian ? Semoga saya iya. hahaha.

Itulah hidup, Ibarat roda yang selalu diputar, kita manusia hanya bisa memilih,dan berencana tetapi belum tentu hal yang menjadi perencanaan dapat tercapai sesuai keinginan. Siapa sih didunia ini yang tak ingin hidup bahagia dengan pasangannya?. Termasuk saya,


Pengen kawin
Tetapi Syukur alhamdulillah, Kami berdua (Saya dan Istri) Bermunajat agar selalu diberi kemudahan dan jalan untuk membina hubungan ini sampai akhir hayat kelak. Sejak saya dipertemukan dengan islam, dan mulai mengenal kembali Arti islam yang sebenarnya melalui Ijab suatu pernikahan. Disitulah saya makin mengerti bagaimana rasanya menjadi manusia yang seutuhnya

Apresiasi ini akan saya tunjukkan sepenuhnya kepada semua pembaca artikel ini, walaupun mungkin Pelaksanaannya sulit direalisasikan secara Gamblang ketimbang makna teoritisnya. Tapi dengan harapan bahwa para pembaca semua sudah menjalankan niat bersungguh-sungguh dalam Membina Rumah tangga. Next

Berikut Tips Menjadikan Hidup anda Bahagia Dunia dan Akhirat, yang mungkin bisa pembaca terapkan dalam hidup Berumah tangga dengan pasangan. Dan ini adalah murni yang saya lakukan disela-sela kesibukan online dan berbagi waktu dengan istri tercinta

1. Jangan Takut dan Khawatir

Cemburu, adalah hal yang umum dalam berpasangan, karena sejatinya cemburu adalah tanda kasih dari lawan jenis, tapi dibalik itu semua, rasa cemburu yang berlebihan, disertai perasaan takut dan khawatir merupakan pikiran kita yang paling tidak produktif.

Ada petuah kuno yang mengatakan bahwa: "Semakin kita khawatir dan Cemas yang dilandasi dengan prasangka buruk, kenyataan tersebut akan terjadi dengan sesungguhnya" walaupun ini bukan mutlak,tetapi ada benarnya anda harus percaya hal tersebut (Bukan Meyakininya Lho).
Sebagian besar hal-hal yang kita khawatirkan atau takutkan tidak pernah terjadi. Jadi untuk apa kita khawatir dan takut?

2. Jangan Pernah Menyimpan Dendam

Dendam adalah hal terbesar dan akan menjadi beban terberat jika kita menyimpannya di dalam hati. Terutama bagi wanita nih (maaf), Biasanya mereka cenderung mengingat perkataan yang menyakitkan yang secara tidak sengaja/maupun sengaja pernah terucap dari bibir suaminya, yang pada akhirnya menjadi suatu dendam kesumat yang akan dibawa sepanjang umur.

Maukah anda membawanya sepanjang hidup? …. Saya rasa tidak. Jangan sia-siakan energi kita dengan menyimpan dendam, sudah pasti tidak ada gunanya. Gunakanlah energi kita tersebut untuk hal-hal yang positif.

3. Fokus Pada Satu Masalah

Jika kita memiliki beberapa masalah, selesaikanlah masalah kita satu per satu. Terlebih bagi pasangan baru, takut ini kek, takut itu kek, dan cenderung terburu-buru dan gusar dalam menyelesaikan suatu masalah.

Perlu di ingat, berumah tangga, masalahnya akan lebih komplek lagi ketimbang saat dimana kita masih menyandang status pacaran dan membujang.

Disini kita dituntut untuk saling berkoordinasi dengan pasangan, Sebijak menyelesaikan masalah secara gotong royong, maka kebahagian pasti mutlak didapatkan.

Karena itu mulailah menyelesaikan masalah yang dianggap sederhana dahulu, karena Biang masalah terbesar ialah menimbun masalah sekecil apapun tanpa jelas penyelesainnya, dibiarkan menumpuk dan akhirnya berujung pada suatu perpecahan dan perceraian.

Oleh karena itu jangan  pernah menyepelekan masalah sekecil apapun, dan Jangan terpikirkan untuk menyelesaikan masalah secara sekaligus karena justru akan membuat kita semakin Stress.

4. Jangan Membawa Tidur Masalah Anda

Tidur adalah tidur, gunakan kesempatan tidur ini untuk saling berbincang, tanpa membawa petaka sebuah masalah yang terus diungkit-ungkit, semakin di-ingat, anda hanya akan membuat pikiran anda terbebani dengan tugas yang bukan pada tempatnya.
Masalah adalah hal yang sangat buruk untuk kesehatan tidur kita. Pikiran bawah sadar kita adalah hal yang luar biasa yang dapat membuat kita gelisah dan tidur kita menjadi tidak nyenyak.

5. Jangan Mengambil Masalah Orang Lain Untuk Anda Selesaikan

Membantu orang lain yang sedang dalam masalah adalah hal yang mulia, tetapi jika kita mengambil porsi terbesar untuk menyelesaikan masalah orang lain tersebut justru itulah kesalahan terbesar.

Biarkanlah orang tersebut yang menyelesaikan masalahnya sendiri dengan porsi terbesar.Kalau anda turut campur, Bisa-bisa menjadi pedang bermata dua yang bisa menghancurkan rumah tangga anda sendiri

6. Jangan Hidup di Masa Lalu

Mungkin terasa nyaman bagi kita mengingat hal-hal yang menyenangkan di masa lalu tetapi jangan anda terlena didalamnya. Konsentrasilah dengan apa yang terjadi saat ini, karena kita pun akan bisa merasakan banyak kebahagiaan di saat ini. Saya yakin kita akan mempunyai perasaan yang jauh lebih berbahagia jika kita merayakan apa yang terjadi saat ini dibanding dengan mengingat-ngingat kebahagiaan di masa lalu. Ambil kebobrokan dimasa lalu, sebagai batu loncatan ke arah yang lebih baik dan fokus kedepan

7. Jadilah Pendengar yang Baik

Mungkin sebagian besar orang termasuk saya :) susah untuk menjadi pendengar yang baik. Justru sebaliknya kita mengharapkan orang lain yang mendengarkan omongan kita, tetapi sebetulnya dengan belajar mendengarkan orang lain, kita akan mendapatkan banyak hal baru yang dapat sangat berguna bagi kebahagiaan hidup kita.

8. Jangan Biarkan Frustasi Mengatur dan Bahkan Mengacaukan Hidup Anda

Kasihanilah diri kita lebih dari apa pun, maksud saya adalah janganlah kita menyerah pada frustasi. Maju terus. Ambillah tindakan-tindakan positif dan lakukanlah dengan konsisten.

9. Bersyukurlah Selalu

Point terakhir adalah point terpenting dalam hidup. Kita tidak tahu seberapa besar kekayaan allah yang diberikan kepada kita, karena rizki kita sudah terbagi secara tersendiri, apalah arti uang banyak, mobil mewah,dan rumah mewah, tetapi kita enggan bersyukur. Sifat yang enggan bersyukur hanya akan mendidik kita menjadi jiwa yang takabur.
Bersyukur dan berterima-kasihlah atas semua yang kita dapatkan, bukan hanya hal yang positif saja tetapi juga hal yang negatif, karena saya percaya dibalik setiap hal yang negatif tersebut ada hal baik yang bisa kita pelajari.

Akhirnya, itulah sebagian Tips Menjadikan Hidup anda Bahagia Dunia dan Akhirat yang bisa saya haturkan kepada anda. Lebih dan kurangnya, saya sendiri juga masih perlu belajar banyak dari orang tua, "sepuh" dan "pinisepuh" yang memberikan kelonggaran dalam berpikir jernih.

Semua tidaklah sempurna kawan, Didunia ini masih banyak hal yang kita tidak tahu kemana arah pesan moril yang berguna. Maka selagi hidup, manfaatkanlah hal positif diatas untuk membahagiakan pasangan kita kelak. baik didunia, maupun diakhirat mendatang
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 10/24/2011 05:53:00 PM

1 komentar:

  1. Lama sekali tak berkunjung ternyata dapat berita yang menggembirakan. Selamat ya dah menikah dan semoga bisa menjadi sebuah keluarga yang bahagia...
    tips2 diatas akan selalu saya perhatikan. Sukses selalu ya

    BalasHapus