Blogermie.com: Inilah Trend dan Kecanggihan HP di Tahun 2012 Nantinya

26 Desember 2011

Inilah Trend dan Kecanggihan HP di Tahun 2012 Nantinya

Sebentar lagi kita akan mengakhiri pergantian tahun dan menuju tahun 2013. Sampai sejauh ini perkembangan Teknologi Gadget dan HP diikuti pula dengan fungsi gadget itu sendiri yang mulai berubah dari sekedar sarana komunikasi maupun SMS yang mengarah ke layanan data dan koneksitas internet yang tinggi.

Karena seperti sebuah trend tersendiri, muncul beberapa rumor bahwa HP mulai dilengkapi beberapa fitur,fungsi sampai dibenamkan beberapa Software Unik. Beberapa Kecangggihan HP 2012 yang berhasil saya rangkum dari Googling antara lain:

Inilah Trend dan Kecanggihan HP di tahun 2012 nantinya

1. Processor Quad Core

Dari survey yang ada, HP sekarang lebih diperdalam dengan fitur smartphone. Layaknya sebuah perangkat komputer yang membutuhkan sebuah otak internal yang mengatur kinerja, maka chipsetnya sudah dikembangkan sampai tingkat tertinggi. Yang mulanya hanya sebatas single Core, kini sudah tersedia dengan spesifik dual-core dan Quad Core.

Sudah banyak HP yang membenamkan prosesor dual core sebagai chipsetnya. Dengan semakin bnayaknya aplikasi,fungsi internet, yang jelas akan mempengaruhi ketahanan sebuah hp. Maka diperlukan tambahan inti prosesor didalamnya yang memungkinkan melakukan beberapa tugas sekaligus secara optimal. Keuntungannya dengan menggunakan Prosesor Quad Core yang digabung dalam 1 chipset akan memberikan kekuatan pemrosesan yang kuat

2. Fitur NFC (Near Field Communication)

Merupakan singkatan dari Near Field Communication. yakni suatu teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas frekuensi Radio Pada HP. Dengan fitur ini, maka kriteria HP sebagai alat pembayaran dan Reader bisa dipenuhi. Sederhananya, HP sudah bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran tanpa ribet semisal di terminal, Pom bensin yang hanya cukup dengan menyodorkan HP ke mesin pendeteksi pembayaran tersebut.
Beberapa fitur yang bisa dijalankan melalui NFC:
  1. Pembayaran kartu kredit yang terintegrasi dengan perangkat mobile
  2. Pembayaran tiket elektronik dan transport
  3. Tiket penerbangan dan pemesanan via online
  4. Musik, download foto dan multimedia
  5. Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah jika memungkinkan tidak menggunakan layanan operator (Voice untuk telepon)

3. Teknologi 4G

Seperti yang sudah saya ulas diposting sebelumnya, Sudah Pasti HP mendatang yang patut dilirik adalah hp yang mengadopsi kemampuan 4G. Teknologi 4G disini bisa jadi adalan layanan LTE dan Wimax. Keduanya adalah teknologi Broandband akses internet tercepat yang masih dunggul diantara yang ada diindonesia. Teknologi LTE mampu mendownload sampai dengan kecepatan 300Mbps dan Upload 75 Mbps. Sementara Wimax adalah teknologi Wireless yang sangat memnunjang penggunaan teknologi 4G. daja jangkaunya bisa mencapai 150-200Km dengan teransfer data hingga kecepatan 54 Mbps

4. Sistem OS terbaru

Pertimbangan lainnya adalah HP HP mendatang sudah mengadopsi OS tertentu. seperti halnya android yang saat ini masih menggunakan android v2.3 yang versinya nanti akan ditingkatkan lagi menjadi android v4.0 2012 nanti. Lalu tentu saja OS buatan Microsoft dimana HP dengan basis windows juga sudah dibekali kemampuan Windows phone 7.5 (mango) dan Untuk Blackberry yang akan memperkenalkan Blackberry 10 OS yang akan dirilis tahun depan

Kesimpulan

Beberapa trend HP diatas dapat memberikan pertimbangan yang matang bagi kita untuk memilih produk unggulan. Kalau dipikir lagi, HP bukan sekedar alat komunikasi semata atau memang HP difungsikan sebagai perangkat pintar yang menunjang kebutuhan hidup?

Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 12/26/2011 05:19:00 AM

2 komentar:

  1. mungkin lama-lama juga nanti handphone ada VGA eksternalnya seperti ati dan nvidia kali ya mas :D

    BalasHapus
  2. wah tambah keren tuh zal, semoga saja ada. bisa maen game online dong :D

    BalasHapus