Blogermie.com: Template yang disukai Google (SEO Friendly Template )

01 Desember 2011

Template yang disukai Google (SEO Friendly Template )

Bagi para Blogger yang mempunyai kebiasaan convert template,sebaiknya diharap mengakhiri kebiasaan ini, tidak dapat dipungkiri bahwa terlalu sering kita mengoprek template, pengaruhnya juga buruk terhadap SERP nantinya
Sebenarnya banyak Tag dan kata kunci yang menjadi kontribusi tentang "Bagaimana mengoptimalkan sebuah Template agar SEO"?

Secara pribadi, saya beranggapan bahwa SEO secara Off page memang didominasi dengan struktur CSS maupun susunan HTML body pada template itu sendiri. Sebenarnya tidak terlalu mulu jika kalian ingin Tempalte kalian lebih SEO friendly.
Sampai postingan ini saya buat, satu-satunya template SEO yang paling mutakhir adalah Template dari Blogger.
Lantas,kenapa saya berani mengatakan ini?

Berdasarkan pengalaman saya yang sering Oprek template kelebihan template Blogger karena sudah tersedianya widget berikut ini, yang antara lain:
  1. Fitur Jumplink pengganti Auto Readmore


  2. Tidak seperti kebanyakan Script, Script Auto readmore yang paling sering kita gunakan selama ini (baik yang Auto readmore Thumbnail, maupun Auto readmore Konvensional) ternyata sangat berpengaruh terhadap kinerja SERP, karena mau gak mau, bot harus merayapi setiap struktur kode yang ada di template tersebut jika kita men-setting Robot-TXT secara default Adapun kelemahan script Auto readmore sepertinya sudah banyak diulas blogger master, yaitu pengaruh loading blog yang semakin berat. Nah kalo sudah berat loadingnya, jangan harap pengunjung juga mau berlama-lama di blog kalia. Hanya saja, yang sering terlupa oleh kita bahwa Blogger sudah memberikan Fasilitas Jumplink /jumpbreak sebagai fitur penggulung tulisan tersebut. Meskipun letak kelemahannya, Kita harus menyematkan kode jumplink tersebut sebelum mempublikasikan artikel
  3. Google Rich Snippet standart( Perlu pengoptimalan )

  4. Halah, Saya rasa semua sudah pada tahu, bahwa yang dimaksud adalah susunan H-feed navigasi yang umum digunakan sebagai ID penunjuk sebuah arikel jika dilihat dari pemilik blog, artikel, kode penanggalan dan Pengelompokan kategori, gunakan cara ini bersamaan dengan Google Rich snippet Breadcrumbs. Terbukti bahwa cara ini sangat relevan mengetahui Artikel yang sesuai dari tiap-tiap kategori. Asal kalian tidak mengubah kode Body
  5. Pasang widget Artikel yang terkait (Perlu Pengoptimalan sendiri)

  6. Ini nih yang gak kalah penting, dengan memasang widget Artikel yang terkait sangat berguna sekali untuk mengurutkan semua artikel yang ada hubungannya dengan kategori tulisan yang kalian buat. Semakin banyak artikel yang relevan, sangat berpengaruh juga terhadap hasil pencarian di Google
  7. Widget Popular Post

  8. Secara default, semua platform Blogger blogspot sudah menyediakan widget ini. Kalian wajib menggunakannya dengan harapan pageview dapat cepat terdongkrak sesuai dengan artikel artikel yang sering mangkal di Widget populer Post. Saran saya, pantau terus Artikel yang selalu jadi headline dengan mengkombinasikannya dengan Google Analistik. So dijamin kalian dapat mengetahui keyword populer berdasarkan pencarian di Search Engine
OK kesimpulannya sudah jelas, kini saya akan lebih memberi penekanan kembali, Jadi Intinya untuk pentingnya

Syarat Template Blogger Blogspot yang SEO atau Google Friendly (disukai Google):

  1. Template yang disukai Google (SEO Template Blogger) tidak hanya baik untuk pandangan mata, tetapi harus baik pula menurut pandangan Peramban
  2. Template yang disukai Google (SEO Template Blogger) harus memiliki loading yang ringan disamping sederhana,dengan tidak membebaninya dengan gambar dengan resolusi tinggi
  3. Template yang disukai Google (SEO Template Blogger) tidak harus memakai banyak javascript dan Minimalis Lebar maupun tingginya bisa disesuaikan (tidak terlalu lebar)
  4. Template yang disukai Google (SEO Template Blogger)secara default sudah tersedia di Blogger.com. Biasanya pada menu "Design", terdapat menu "Page element"-->"Template design" yang berfungsi optimal
  5. Kalau sudah memakai beberapa template yang SEO dan minimalis tapi traffic masih sepi, itu pertanda ada kekurangan dibalik artikel yang dibuat. Pastikan bahwa posting dibuat seunik mungkin dan 100% Original


    Semoga Gak membantu
    Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 12/01/2011 08:41:00 PM

    9 komentar:

    1. artikel yang menarik...
      masalah SEO ini memang rame ya...
      tapi bagaimanapun nulis aja lah hehehe

      BalasHapus
    2. Kalau untuk poin 2, saya ada artikel optimasi gambar mas. Mungkin saja tertarik http://majuter.us/2011/11/07/mempercepat-blog-dengan-optimalisasi-gambar

      BalasHapus
    3. Terima kasih telah berbagi ilmunya sobat...kalau template saya bagaimana sob...?

      BalasHapus
    4. thanks infonya,aku gak lagi2x ganti template deh

      BalasHapus
    5. @all: Terima kasih kunjungannya
      @cardiacq: templatenya bagus dan ringan kok mas, sepertinya saya harus banyak belajar dari anda.heheee.......

      BalasHapus
    6. aq msih bngung ma tmplate seo ni kk..

      BalasHapus
    7. infonya keren gan...
      bermanfaat banget...

      Jejak >>> http://www.pojokan-artikel.blogspot.com/

      BalasHapus
    8. haha pusing bos...saya suka gonta ganti themplte,,,,blog saya Nichenya property,themplte yang cocok yang bagimana yah sobat..tolong infonya thaks

      BalasHapus