Blogermie.com: Tips Aman Internetan Via WiFi

17 Desember 2011

Tips Aman Internetan Via WiFi

Browsing dengan android memang menyenangkan. Namun banyak malware yang menyerang sistem operasi membuat para netter harus lebih waspada apalagi jika harus menggunakan koneksi WiFi yang digunakan secara massal.
Penggunaan WiFi secara massal ditempat umum bisa dipergunakan penjahat-penjahat dunia maya untuk menyusup ketika lengah. Berikut adalah Tips berinternetan aman Via WiFi:

Tips Aman Internetan Via WiFi
Sumber Gambar:Google

  1. Antivirus
  2. Ini yang paling penting dan seharusnya paling awal diunduh ketika baru membeli Ponsel Android. Ada banyak puluhan aplikasi antivirus yang tersedia di Android market. Ada yang gratis maupun berbayar.

  3. Akses jejaring sosial
  4. Membuka jejaring sosial seperti facebook memang mengasyikkan. Tetapi wajib sobat blogermie ketahui. Keadaan berbahaya ini sebenarnya cukup memberikan peluang Cyber Crime menyusup dengan mudah di akun situs jejaring sosial kita dan mencuri data disana, Nah jika ingin menggunakan jejaring sosial dengan WiFi di public, jangan lupa selalu Sign-out dan hapus semua aktivitas jelajah kita.

  5. Pilih Browser Terpopuler
  6. Download browser terbaru seperti Dophin HD, Firefox, Opera Mini, atau Skyfire. Hal ini sangat berguna untuk variasi dalam berinternet karena disetiap browser memiliki tingkat keamanan dan keunggulan yang berbeda.

  7. Gunakan selalu Hit Data Counter
  8. Android merupakan sistem operasi yang cukup banyak menyedot data karena beberapa aplikasi yang mengharuskan Update otomatis dan menjadikan tagihan pulsa cepat habis. Untuk itu tidak ada salahnya menginstal data counter yang bis diunduh dari android market yang sifatnya gratis.

  9. Gunakan VPN
  10. Jika sobat memiliki akses VPN (Jaringan Vitrual Private) maka gunakanlah jaringan VPN. Sebauah vpn menyediakan akses ke sebuah jaringan organisasi dan mnegizinkan kita untuk online dengan menggunakan "lapisan alamat aman" dan melindungi sebagian besar informasi kita.

  11. Hindari Unencryp Wireless Network di tempat umum
  12. Beberapa jaringan WiFI ditempat umum tidak mengharuskan adanya Autentifikasi atau pasword, sehingga orang bisa mengaksesnya, termasuk orang jahat. Dalam banyak kasus , orang jahat akan memakai jaringan yang terbuka untuk menjebak orang lain. Disini juga ada yang mengaharuskan adanya ID unutk mengaksesnya. Seperti jaringan WifI yang ada di rumah sakit, hotel dan Kafe yyang menawarkan WIFI.

    WEP (Wireles Equivalent Privacy) dan WPA (Acces Protect WiFI). Keduanya adalah yang paling aman karena di proteksi dengan pasword.

  13. Waspadai Beberapa Aplikasi Gratisan, biarpun mengunduh di Marketplace Resmi.
  14. Aplikasi memang menyenangkan apalagi kalau aplikasinya gratis. Akan tetapi patut diperhatikan bahwa tidak semua aplikasi itu aman. Sebaiknya kita lebih selektif dengan jakan mengamati beberapa review dan komentar dari aplikasi tersebut. Semakin banyak dan bagus ratingnya di App Store ataupun di Android market berarti layak tidaknya masih bisa diperhitungkan

Tips Rutin:

  • Pastikan bahwa software up to date
  • Hal pertama, pastikan semua software yang anda miliki selalu up to date. Sebelum melakukan jelajah web, selalu periksa software dan firmware terbaru smartphone yag kita pergunakan. Tidak usah terlalu buru-buru untuk mendownload, kecuali ada notifikasi dan review yang positif dari orang-orang yang pernah mendownload sebelumnya.

  • Gunakan Password yang kuat
  • Pastikan bahwa anda menggunakan kombinasi kata-kata, angka spesial dari beberapa karakter yang berbeda. Hindari penggunaan kata kata dalam kamus. Atau gunakan singkatan untuk hal-hal seperti lagu favorit, restoran, yang anda saja yang wajib tahu. Sebaiknya juga mengganti password secara berkala, paling tidak selama 6 bulan.

  • Jangan mengganti security Setting
  • Sebagian besar dari settingan standar browser di android, Iphone dan blackberry cukup aman. jadi jangan mengganti setingan keamanannya.

Cukup sekian dulu ya kawan. Semoga dengan tips Internetan aman menggunakan Wifi diatas, kita makin Pintar dan tahu cara mengantisipasi keamanan selama bergaul dengan dunia maya
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 12/17/2011 12:09:00 AM

5 komentar:

  1. thanks gan,smoga artikel ini bisa ane share ke tenen2 blogger lain,.

    BalasHapus
  2. @Adi:Amin, Trims juga atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. gan..
    ane punya masalah ni sma wifi adroid ane..
    di tmpat ane connect wifi,,
    anehya klo buka market android pake wifi lancar..
    tapi kalo buka browsing internet ga bisa,,
    gimana cara setting supaya browsing di android pake wifi jadi lancar gan..
    tolong banget ni infonya..

    pleasee.. :)

    BalasHapus
  5. @Hamdani: Untuk masalah itu saya rasa bukan WiFinya yan bermasalah,, ini sekedar tips dari saya:
    1. Pastikan bahwa setingan GPRSnya benar, sesuai dengan operator yang mas gunakan:
    » Indosat: User name : Indosat, Pasword :GPRS
    » Telkomsel» User name:wap, Pasword : wap123
    » AXIS» user name:axis, Pasword: 123456
    » Xl » saya belum pernah make Xl, dan operator CDMA mungkin agan bisa googling aja untuk minta bantuan

    2. Kalau agan menggunakan Opera mini sebagai default browsernya, coba cek pengaturan tanggal pada Hp agan, kebanyakan cuma salah setting waktunya saja

    3. Akan ane buatkan tipsnya ditulisan yang akan datang, stay tune aja di blog ini ya, trims atas kunjungannya

    BalasHapus