Blogermie.com: Cara Mengetahui Artikel Terindeks Oleh Google

13 Februari 2012

Cara Mengetahui Artikel Terindeks Oleh Google

Hampir 2 bulan lamanya, Tag Tutorial Blog sedang menganggur. Sebenarnya tidak terlalu terbengkalai juga sih, karena selain aktif mereview artikel teknologi, dan situs-situs baru, kini saya lebih memfokuskan diri untuk membantu pembuatan Blog khusus bertema Kuliner milik istri saya yang cantik » Berkuah.com.
Harapannya sih, bisa lebih Pasif Income dan bisa diterima Google Adsense. (ngarep...)

Nah kembali ke Topik sesuai diatas, Cara Mengetahui Artikel Terindeks Oleh Google adalah kata kunci yang paling banyak dicari. Hampir setidaknya terdapat 6 berita serupa dihalaman pertama Google. Rata-rata kesemua halaman disana hampir mendekati akurat. Mencibir tetapi tidak bermaksud meremehkan. Namun timbul suatu pertanyaan, "apakah cara tersebut sudah cukup ampuh untuk blog baru?"

Mengetahui secepat apa postingan kita terindeks oleh google terkadang sedikit merepotkan. Kita harus lebih berupaya keras baik dari segi template yang kudu dipersiapkan betul, Pasang tombol G+ button, sampai momen tepat agar tidak terjadi duplikat konten.
Tapi syarat pasti dan ampuh 100 %-nya bisa sobat ketahui bila mengoptimalkan Tool dari google yakni Google Webmaster tool.

    Berikut cara berturut yang bisa sobat lakukan untuk benar-benar mengoptimalkan Google webmaster tool sehingga artikel cepat terindeks Search Engine Google.
  1. Submit Blog ke Google

    1. Cara yang paling dasar ini sebaiknya betul-betul dilakukan apabila blog masih seumur jagung. Hal ini dimungkinkan agar database yang berisi jumlah halaman, postingan, comment dan media yang kita dapat terintegrasi dengan di server Google
  2. Blogwalking

    1. Ibarat penyiar radio, Blog juga butuh pengakuan. Sebanyak apapun hal yang menyangkut reputasi blog sobat, dipengaruhi pula dengan aktivitas tebar-siar ke seluruh penjuru blogsphere. Reputasi blog yang bener-bener SEO dapat dibuktikan dengan jumlah followernya yang banyak. hal tersebut juga dipengaruhi dengan sebagaimana baik kita berinteraksi dengan pengguna blogger
  3. Update artikel secara teratur

    1. Syarat mendatangkan pengunjung setelah melakukan Blogwalking adalah update artikel secara teratur. Semakin banyak kita memuat artikel, Secara tidak sadar kita juga sudah menargetkan banyak kata Kunci di postingan. Tapi dalam kurun waktu yang tidak terbatas, kita juga tidak dapat memastikan kata kunci yang tepat. Gunakanlah Google Keyword untuk mengetahui Kata Kunci terpopuler. Semakin banyak artikel dimuat, juga akan memberikan peluang terhadap pengunjung untuk berlangganan artikel kita via email dan RSS Jika update artikel dirasa sulut lantaran ide yang minim, Sobat dapat memulainya dengan 1 artikel perhari, atau 1 artikel per-3 hari.
  4. Pasang SiteMap

    1. Kalau udah bicara sitemap, mesti larinya ke SEO, maaf saya gak terlalu SEO banget. Site map atau peta situs adalah sebuah infrastruktur yang dibentuk oleh sebuah website untuk mempermudah pengunjung untuk menjelajahi isi situs/blog kita. Sitemap juga membantu dalam meningkatkan SEO. (halah kok muncul SEO lagi)preet
  5. Pasang Widget Google Fix URL

    1. Ini mungkin sedikit bikin bingung sobat bukan. Sebenarnya istilah yang tepat adalah Google Custom Search. Bedanya Widget ini untuk mengakumulasi seberapa banyak arsip dari artikel kita bisa langsung dimuat di peramban google. kesalahan yang sering terjadi apaabila kita mengunjungi situs dengan Kode 404 bisa kita atasi dengan widget ini. Bagi yang kebingungan dengan widget ini, bisa membacanya di https://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=136085. Sedangkan untuk pemasangannya bisa diletakkan tepat dibawah kode <data:post.body/> Sehingga artikel yang diindeks bisa langsung diketahui saat kita memposting artikel
      <script type='text/javascript'>
      var GOOG_FIXURL_LANG = &#39;in&#39;;
      var GOOG_FIXURL_SITE = &#39;URL_SOBAT&#39;
      </script>
      <script src='http://linkhelp.clients.google.com/tbproxy/lh/wm/fixurl.js' type='text/javascript'>
      </script>
Nah, sekian dulu ya optimalisasi SEO dari saya untuk mudahnya cara mengetahui artikel terindeks oleh Google

Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 2/13/2012 08:27:00 PM

1 komentar:

  1. Wah, bagus banget. Saya belum pakai widget google fix url. Izin kopi kodenya. terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus