Blogermie.com: Hal Terpenting Apabila Ponsel Terkena Air

06 Februari 2012

Hal Terpenting Apabila Ponsel Terkena Air

Hampir beberapa pekan ini, surabaya tengah dilanda musim hujan yang berkepanjangan yang otomatis memicu banjir disemua tempat. Dan tidak sedikit pengaruhnya juga memakan korban materi yang begitu banyak.
Antisipasipun mulai digalakkan untuk menghindari pengaruh buruk tersebut, termasuk dalam hal ini dampaknya juga akan sangat buruk pengaruhnya untuk perangkat elektronik seperti Ponsel.

Ponsel sering kali rawan terjatuh apabila kita sembrono membawanya. Bukan hanya itu, keseringan kita memasukkannya didalam saku baju yang cekak membuat kita lupa diri saat kita dalam keadaan membungkuk maupun sedang dikamar mandi. Ponsel akan sering mengalami resiko terjatuh kedalam air maupun terkena air hujan.
Hasil analisa saya, sedikit sekali perangkat elektronik seperti ponsel yang dibekali kemampuan anti air. Namun demikian, bila suatu saat kita mengalami kejadian ponsel tercebur kedalam air disaat kita menguras banjir, dan basah disaat kita melakukan perjalanan karena cuaca buruk, kita tidak akan direpotkan rasa tergesa-gesa melakukan antisipasi

Nah, berikut tips yang bisa sobat ambil bila ponsel yang dimiliki terlanjur kecebur air dan bingung cara mengantisipasinya tanpa diservis:

  1. Keringkan Ponsel
  2. Keringkan ponsel sobat dengan menggunakan handuk, maupun tisu kering agar air didalam ponsel dapat segera keluar perlahan. Tetapi jangan lupa untuk mematikan ponsel. Lepas semua isi, Chasing, dan baterai yang merekat didalamnya. Jangan sekali-kali menghidupkan Ponsel dalam keadaan belum kering sepenuhnya. Hal ini bisa berakibat fatal konsel pada sirkuit ponsel didalamnya. Hindari juga mengeringkan ponsel dengan Hairdryer maupun pengering lain karena komponen ponsel rentan dengan radiasi berlebih
  3. Gunakan Alkohol
  4. Gunakan Alkohol untuk menyerap kelembaban. Alkohol bersifat mudah menguap dan dapat menyerap air dengan cepat
  5. Timbun dengan beras
  6. Mungkin terdengar konyol, namun beras memiliki sifat menyerap lembab (alternatif pengganti alkohol), oleh karena itu menimbun ponsel didalam beras selama semalam juga dapat membantu menurunkan tingkat kelembapan ponsel sobat. Jika masih kesulitan mendapatkan beras, sobat juga bissa menggunakan Gabah beras: kulit biji padi yang kering untuk menyerap air dengan cepat. Sayangnya gabah padi sulit didapat didaerah perkotaan. Daya serap gabah juga lebih cepat dibanding beras. Kesimpulan ini saya ambil saat melihat penjual bunga yang menggunakan gabah sebagai media pengganti tanah dimana sifatnya yang mudah menyerap air sehingga tak jarang komposisinya juga dipadukan pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman.
  7. Gunakan Drybox
  8. Adalah sejenis kotak penyimpanan yang dilengkapi dengan serangkaian alat untuk menjaga kelembaban perangkat yang disimpan didalamnya agar tetap terjaga. Dengan menempatkan ponsel didalam Drybox, sobat dapat mengatur agar tingkat kelembaban didalam drybox serendah mungkin. hal ini tentu sangat baik dilakukan agar tingkat kelembapan ponsel dapat berkurang secara perlahan namun tetap aman. Tetapi bila masih kesulitan menemukan Drybox, sobat juga bisa memanfaatkan media AC/kipas angin, sebisa mungkin ac tersebut harus 24 jam dengan suhu 16 derajat Celcius. Diamkan ponsel yang basah tadi diruangan be-rAC selama mungkin guna mengeringkannya secara perlahan. jangan kuatir berkarat, selama sobat melepas organ ponsel seperti baterai. Cara ini juga seringkali dipakai oleh Enginering Telkom dari ruangan mesin PABX telpon dan Billing selullar yang selalu menggunakan AC sebagai media pengatur suhu ruangan agar tidak terlalu panas
  9. Bawa ke Teknisi
  10. Jika semua usaha sudah diupayakan 100% namun tidak berhasil menyalakan ponsel sobat, saatnya untuk membawa ponsel sobat ke teknisi ponsel yang berpengalaman. jangan malu untuk bertanya dan mengakui bahwa ponsel sobat memang kecemplung air. Dengan begitu kerusakaannya bisa segera dianalisa oleh Teknisi Ponsel tersebut, sebelum merembet ke komponen yang lain

Nah, semoga dengan memperhatikan hal diatas, kita lebih cepat tanggap dan tidak akan gusar apabila sewaktu-waktu Ponsel kita terkena air. Jangan Gegabah untuk merawatnya ya kawan. :)
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 2/06/2012 09:19:00 PM

2 komentar:

  1. pengetahuan baru tentang HP terima kasih agan postingannya salam kenal saya sugeng dari ponorogo

    BalasHapus
  2. @Suwargo.com: Terima kasih atas kunjungannya mas, Salam kenal balik juga dari saya :)

    BalasHapus