Blogermie.com: Prospek Nutrisi dan Upaya Suami dalam Mendukung Kesehatan Bunda Selama Kehamilan

19 Februari 2012

Prospek Nutrisi dan Upaya Suami dalam Mendukung Kesehatan Bunda Selama Kehamilan

Bahagia rasanya bila membina rumah tangga sudah dijalani, melintasi segala sesuatu bertahun-tahun kedepan lamanya dengan Pasangan merupakan sesuatu impian selagi menghabiskan masa hidup.

Disaat 2 manusia untuk pertama kalinya mengucap berikrar sehidup semati yang diwujudkan melalui bentuk tanggung jawab yang sesungguhnya. Saat itu pula, masing-masing pasangan akan memiliki
tugas dan kewajiban baru dalam kehidupan mereka. Sang suami pastinya akan mempunyai sifat iba, takut, cemas kepada istrinya apabila hak yang sepatutnya diperoleh istri tersebut tidak diberikan. Begitupun sebaliknya, sang istripun wajib memberikan hak yang telah ditunaikan oleh suaminya. Alangkah bahagianya jika masing-masing secara seimbang senantiasa berupaya memahami kewajibannya.

Impian tersebut sempurna sudah apabila pasangan sudah dibekali momongan. Disaat masa-masa kehamilan tiba , saat itulah krisis bagi keduanya yang diikuti dengan stres dan kecemasan. Perubahan psikologi dan fisik selama kehamilan, tidak hanya dirasakan oleh ibu tetapi seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu selama kehamilan, seorang suami wajib memberikan sugesti aman dan nyaman ketika ibu merasa takut dan khawatir dengan kehamilannya.

Batu sandungan terberat bagi blogger ialah, kesempatan yang terbatas untuk mengatur waktu dengan lingkungan.
Seperti membagi naluri kemanusiaan dan ide, bingung harus memilih yang mana untuk di prioritaskan.
Apabila dikaji kembali, ada beberapa momentum penting yang mengisyaratkan bahwa perhatian dan kasih sayang bisa kita curahkan 90% kepada istri tercinta, disela-sela membagi waktu luang yang ada sembari untuk blogging.

Lho kok blogging?

Blogging Memang Mengasyikkan, jutaan pasang mata akan selalu mengikuti perjalanan pena kita. Semakin banyak kontribusi yang kita berikan dan semakin banyak berinteraksi dengan orang lain didunia maya, cikal bakal membentuk pengetahuan tanpa batas untuk kemudian membaginya dengan orang lain. Sehingga akan menambah deretan sanak saudara yang mengikat kita dalam tali persahabatan. Tapi bila anda sudah kecanduan blogging, Tidaklah sekedar kata "sanggup" untuk terus berandai-andai eksis di internet dan memaksa mengambil resiko untuk mengesampingkan kesehatan bunda/istri? Anda harus lebih bijak dan preventif menanggulangi hal tersebut.

Bagi seorang blogger yang tidak bisa lepas dengan aktivitas menulis seperti saya, menyeimbangkan keselarasan keduanya juga ibarat pedang bermata dua, Punya sisi baik dan buruk. Bila diambil sisi positifnya, blogging juga bisa dijadikan narasumber dalam berbagi pengalaman, baik itu dalam bidang pengetahuan umum, maupun sisi lain kehidupan. Termasuk etika dalam membina suatu keluarga.
Harapan Dengan menjunjung tinggi semboyan"Ayo Dukung Bunda: Kesehatan Bunda Kesehatan Kita", diharapkan semua blogger intelektual bisa lebih berpartisipasi dalam upaya peningkatan nutrisi yang baik untuk ibu, disamping sebagai kompetisi dan uji kreativitas menulis Lomba Blog NuB dengan pasangan tercinta

Lomba Blog NuB

Singkat cerita, 1 tahun menjalani biduk rumah-tangga, dan ketika usia pernikahan berbuah kehamilan, saya mulai berpikir bagaimana memberikan nutrisi yang tepat untuk istri dan calon buah hati. Mencari produk susu untuk ibu hamil yang sesuai adalah sebuah tantangan yang tidak bisa dianggap enteng. Sejengkal saja kita salah memilih produk susu bernutrisi bisa berakibat fatal untuk perkembangan janin. Karena menurut kabar yang beredar, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menemukan adanya bakteri sakazakii dan bakteri E-colli pada susu formula. Bakteri ini diklaim sebagai wabah penyakit yang memicu tingkat kematian pada bayi usia dini.
Hal inilah yang membuat saya sedikit cemas dan lebih protective dengan produk susu dipasaran

Untungnya, dengan berbekal pengalaman selama 4 tahun di sebuah rumah sakit AL terbesar kawasan timur, banyak bertanya, dan jarang mengikuti seminar kesehatan dengan perawat-perawat cantik dan ahli gizi. Saya mendapat begitu banyak pencerahan sekaligus jawaban tentang pentingnya nutrisi untuk bunda.
Salah satu kontribusi terbaik diberikan dari pihak rumah sakit dengan pengenalan wawasan berupa produk susu formula SARI HUSADA. Sejauh ini produk Sari husada yang saya kenal cuma Susu lactamil awal kehamilan| Lactamil awal kehamilan.

Dan syukur alhamdulillah, dalam kacamata saya, susu lactamil aman dikonsumsi karena sudah memiliki izin resmi dari badan BPOM  melalui Dinkes surabaya. Hal tersebut juga diperkuat dengan pengakuan istri, yang tidak pernah mengeluhkan mual selama mengandung anak pertama, dia hanya ingin menkonsumsi susu ini. Alasannya sih selain murah (Rp.48.000 per-400Gram), istri saya juga sering muntah apabila menkonsumsi susu merek lain.

Produk yang sampai sekarang telah menjalin partner rumah sakit itu ternyata banyak diminati para ibu jalasenastri,dan para pasien ibu hamil sehingga dinobatkan sebagai susu formula terekomendasi di beberapa rumah sakit di surabaya.

Cerita diatas hanyalah sekelumit wacana akan pentingnya suatu nutrisi untuk kehamilan. Kurang maupun lebihnya, dengan 1 nutrisi terpenting diatas, kita sudah memantapkan *cara untuk mendukung kesehatan bunda* dari segi asupan gizi. Namun yang perlu diperhatikan ialah tak sekedar asupan nutrisi yag dibutuhkan, peran serta suami juga akan menunjang tingkat emosional si buah hati.

Mental psikologis ibu dan bayi juga turut menjadi perhatian ialah sikap suami dalam menjaga keharmonisan hubungannya dimasa kehamilan. Karena dimasa itu, seorang ibu butuh nutrisi-batiniyah yang condong ke arah perhatian lebih dari seorang suami apabila diharapkan menjadi ayah nantinya.
Sikap-sikap lain yang lazim diharapkan seorang ibu dari suaminya yang kelak menjadi Seorang ayah antara lain sbb:
  1. Seorang ibu berharap bila dirinya mendapat keturunan
  2. Seorang ibu berharap siap sedia ,siap antar jaga untuk menanti proses kelahiran
  3. Seorang ibu berharap suaminya memperhatikan kesehatannya
  4. Seorang ibu berharap bahagia pada kehamilan yang pertama
  5. Pria memperhatikan kesehatan istri
  6. Seorang ibu berharap ada yang menghiburnya disaat ibu dirudung duka
  7. Seorang ibu berharap kepada suaminya agar penuh perhatian dengan tidak menyuruh bekerja kecapekan
  8. Seorang ibu berharap suaminya senantiasa membantu tugas istri
  9. Seorang ibu berharap suaminya selalu berdoa demi keselamatan istri dan calon bayi
  10. Seorang ibu berharap proses operasi berjalan lancar baik normal maupun cesar

Blogger yang sayang istri, sepatutnya lebih memberikan rasa aman dan nyaman selama kehamilan. Niscaya dengan dukungan emosional, dapat membantu efek psikologis terhadap perkembangan janin. Contoh dukungan suami selama kehamilan antara lain: mengajak istri jalan-jalan ringan, menemani istri memeriksakan kehamilannya, tidak membuat masalah dalam berkomunikasi, dan tidak selingkuh

Kapan membentengi diri bagi suami?
Bila rizki dan amanah sudah dititipkan, inilah yang namanya berkah. Begitupun juga kehadiran anak. Baik ibu maupun janin adalah harta yang paling penting yang betul-betul harus kita jaga. Kalau anda memiliki 2 komponen ini dalam kehidupan anda, ada saatnya anda harus betul betul vakum dan betul-betul fokus dengan dunia nyata. Jangan sampai kita terperangkap dengan aktivitas dunia maya sehingga mengabaikan waktu yang paling berharga untuk sekedar bercengkrama dengan mereka, sesibuk apapun aktivitas kita.

Didunia maya juga amat menyenangkan, ada batasan yang mengharuskan kita lebih konsekuen dengan tanggung jawab. Tetapi perlu diingat, Persiapan menjadi orang tua akan terasa lebih berat karena di frase ini akan terjadi banyak perubahan peran dan karakter ketika bayi lahir dan mulai beranjak dewasa.

Bagi pasangan baru, persiapan dapat dilakukan dengan banyak berkonsultasi. Sedangkan bagi pasangan yang telah mempunyai lebih dari satu anak dapat belajar dari pengalaman mengasuh anak sebelumnya. Persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan ekonomi. Jadinya persiapkan benteng diri untuk menghadapi segala sesuatunya sebelum sesuatu yang besar terjadi
Judul: Prospek Nutrisi dan Upaya Suami dalam Mendukung Kesehatan Bunda Selama Kehamilan; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 2/19/2012 06:43:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar