Blogermie.com: Tips Memaksimalkan Kamera Ponsel Untuk Memotret

17 April 2012

Tips Memaksimalkan Kamera Ponsel Untuk Memotret

Semakin canggih saja perkembangan teknologi saat ini, hal yang dirasa mustahil diciptakan, pada akhirnya bisa terealisasi dengan tingkat SDM dan intelektual pengguna teknologi itu sendiri. Terutama kalau bicara mengenai teknologi komunikasi. Kalau sobat menyadari bagaimana teknologi kelas ponsel itu diciptakan, so pastinya banyak yang mencibir kala itu ponsel yang diciptakan sebatas telpon-telponan belaka, Tapi itu dulu.

Di jaman sekarang, fitur yang terkandung dalam sebuah ponsel tak hanya mengandalkan aspek komunikasi saja. Lebih dari itu, fitur yang terkandung didalamnya pun juga turut mendukung ekstensinya. Contoh yang saya ambil tidak jauh-jauh, yaitu smartphone.

Smartphone atau ponsel pintar inilah yang kemudian disinyalir sebagai alternatif kemudahan dan efektif. Kemudahan dalam berinteraksi yang membagi sejumlah fitur-fiturnya menjadi beberapa bagian. Satu diantaranya adalah kamera ponsel.

Cara memotret dengan kamera Ponsel

Kita tahu, sejak jaman "bahula" dulu, bagi yang asing dengan kamera digital, mungkin masih awam untuk menggunakannya. Selain dirasa cukup merepotkan dan kurang fleksibel. Apabila terjadi kerusakan, kita mesti bolak-balik ke tukang servis untuk membetulkannya. Namun hal tersebut akan lain untuk smartphone yang sudah dibekali dengan kamera digital. Tak perlu lagi menggunakan kamera digital jika ingin memotret. Cukup dengan menggunakan ponsel tersebut, kita sudah dapat menikmati picture hanya dengan satu genggaman.

Sayangnya diantara kita masih sulit untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi pada kamera ponsel tersebut. Ada dari sebagian pengguna smartphone yang merasa minder dengan kemampuan memotret lantaran merasa hasil potretannya tidak bagus.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips yang bisa sobat maksimalkan untuk menguji kamera ponsel dan keahlian sobat dalam dunia fotografi tanpa merasa minder hasilnya tidak bagus:
  1. Pastikan Cahaya Terang
    Untuk hasil yang maksimal, pastikan kita mengetahui sisi ketrangan objek yang akan kita ambil. Untuk hasil foto outdoor terlihat lebih terang, dan jernih jika dibandingkan dengan indoor.
    Jarak efektif lampu flash, sekitar 2-3 meter
  2. Jangan Gunakan Zoom
    Kenapa saya bilang demikhan, biasanya jika kita menggunakan zoom pada kamera ponsel hasilnya akan terlihat kurang bagus. Usahakan untuk memotret dari jarak yang cukup, sehingga keseluruhan objek bisa memenuhi frame(layar ponsel).
  3. Pegang handphone dengan Stabil
    Karena disini tidak menggunakan penyangga seperti halnya kita memotret dengan kamera digital. Usahakan tangan kita tenang saat mengambil foto dengan menggunakan handphone. Semakin stabil kamera, hasilnya juga makin bagus
  4. Memilih Resolusi
    Gunakan dengan resolusi tinggi,jika kamera memberikan pilihan tersebut.
    Dengan memilih resolusi tinggi, berarti memmiliki detail yang lebih banyak, dan kita juga bisa mencetak foto lebih besar lagi
  5. Ambil Gambar dengan sudut yang berbeda
    Coba melakukan manuver/gaya/style dengan sudut yang tidak biasa. Bisa dari atas,maupun bawah, atau juga kesamping untuk mendaatkan hasil yang berbeda. Sobat juga bisa menggunakan posisi nungging dsb jika ingin gayanya terkesan berbeda
  6. Pastikan Kejernihan Lensa
    pastikan kameranya terhindar dari debu, terutama lensa pada bagian belakang body yang sering terabaikan oleh kita sewaktu kita menempatkannya di sembarang tempat. Gunakan kain lembut untuk membersihkannya sewaktu hendak dipergunakan memotret.
  7. Hindari mengedit dari ponsel
    Banyak dan sering kita jumpai beberapa aplikasi portable edit foto yang dapat diinstal di ponsel. Khususnya ponsel android, karena semakin banyak memory ponsel yang terbuang sewaktu kita menggunakan ponsel tsb secara bersamaan dengan aktivitas memotret. Selain hasilnya belum tentu bagus, hal ini juga akan sangat mengurangi kinerja baterai. So, lebih baik lakukan editing melalui komputer saja.
  8. Maksimalkan kinerja Foto Shutter
    Setiap kamera ponsel seperti Sony Ericsson memmiliki apa itu yang dimaksud shutter, yakni waktu jeda antara saat memencet tombol "capture" dan hasil fotonya. kemmpuan ini sebenarnya ditujukan untuk pemula yang ingin memperkuat kemampuan memotretnya. So jadi jangan sia-siakan fitur ini

Beberapa Tips Memaksimalkan Kamera Ponsel Untuk Memotret diatas, semoga bisa menjadi pedoman untuk menggunakan ponsel untuk memotret. jangan takut dibilang jadul, karena teknologi bukan lagi menjadi hambatan bagi kita yang gaptek dalam menggunakan kamera ponsel
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 4/17/2012 04:54:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar