Blogermie.com: Cara Unik Begadang Sehat Menjelang UERO 2012

10 Juni 2012

Cara Unik Begadang Sehat Menjelang UERO 2012

cara begadang sehat
Jumat kemarin, ajang pertandingan piala eropa UERO 2012 telah resmi dibuka. Pesta sepak bola yang berlangsung selama 25 hari ini hampir memaksa para fans dan maniak bola untuk begadang. Padahal perlunya untuk diketahui bersama bahwa begadang akan membawa pengaruh buruk bagi kesehatan.

Saya pernah membaca sebuah buku di seminar kesehatan RSAL yang menyatakan bahwa durasi yang proposional bagi seseorang untuk tidur adalah 6-8 jam per-harinya.
"Orang dengan pola tidur kurang dari 6-8 jam akan berisiko mengidap penyakit hipertenasi, jantung, bahkan sampai stroke".

Sekedar sharing saja ya sobat: Kalau dihitung-hitung ternyata banyak waktu istirahat yang terbuang untuk menikmati suguhan pertandingan piala eropa UERO 2012. Disini, pertandingan akan terbagi menjadi 3 segmen waktu. Yakni Babak penyisihan, babak perempat final, dan Grand final. Akan saya jelaskan satu persatu:

Babak penyisihan:
Dibabak penyisihan, terjadi 24 pertandingan yang kesemuanya menggunakan sistem kompetisi. Nilai tambahnya ialah, tidak akan babak pertambahan waktu, sehingga dibutuhkan paling tidak 2,5 jam saja untuk menyaksikannya secara full-live.
babak penyisihan ini berlangsung 2 kali, yakni pukul 23.00-01.00, dan pukul 01.45-03.45.

Sisa Jadwal pertandingan EURO 2012 merupakan pertandingan terakhir Grup A,B,C,D yang dimulai serempak mulai pukul 01:45 selama 4 hari 17—20 Juni. Seperti biasa, pertandingan terakhir setiap grup sengaja digelar dalam waktu yang bersamaan. Tujuannya agar tidak terjadi pengaturan skor untuk pilih-pilih calon lawan dari grup terdekat.

kalau sobat merelakan 4 dari 8 laga pertandingan tersebut, sobat bisa memaksimalkan durasi yang panjang untuk beristirahat. Karena sisanya mau tak mau menjadi siaran tunda.

Fase perempat final dan grand final
perempat final digelar 4 hari mulai tanggal 22 juni-25 juni pukul 01.45 dan memilih 4 tim yang berhasil lolos menuju grand final. Setidaknya sobat menguras waktu selama 2.5 jam. Setelah perempat final selesai. kita mempunyai waktu libuur sampai 28 juni yang jatuh pada hari kamis karena tidak ada pertandingan yang laga.

Barulah pada hari Jumat 22 Juni pertandingan dimulai kembali dengan menggelar partai perempat final hingga grand final. mengingat fase ini Format pertandingan dengan sistem gugur. Yang mengakibatkan hasilnya tidak boleh seri, jikapun seri kan ditentukan dengan penambahan injury time dan adu pinalti

Pada Fase pertandingan inilah, energi dan stamnina kita terkuras, setidaknya butuh 3 jam lamanya menyaksikan pertandingan usai sepenuhnyaa(Injury 2x penambahan waktu dan pinalti ikut dihitung). ibaratkan kita menonton rata-rata 2,5 jam (dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit). Artinya, pertandingan selesai pukul 4:15 WIB. Bagi umat muslim, ini waktu rentan kalau dipaksakan tidur, karena sobat tidak bisa melewati waktu sholat Subuh.

Setelah babak perempat final selesai, Sobat memiliki libur 2 hari ‘libur Piala Eropa’, karena pertandingan semi final baru digelar Kamis 28 Juni pukul 01:45. Pertandingan semi final ke-2 digelar Jumat 29 Juni pada jam yang sama.

Sampai pertandingan puncak, ada jeda 2 hari untuk libur piala eropa mengingat final dimulai tanggal 2 juli pada hari senin pukul 01:45 WIB.

Mengatur durasi istirahat

Nah, bagaimana kita bisa menikmati pertandingan tersebut tanpa harus terganggu kesehatan kita? Ingat 25 hari bukanlah waktu yang sebentar dan metabolisme tubuh kita bisa berubah. Mau tidak mau kita harus membuat jadwal tidur yang ketat untuk memenuhi ketentuan minimal 6 jam

Kita bisa memanfaatkan tiga langkah guna beristirahat.
  1. Mencuri waktu istirahat selama 3 jam sebelum pukul 19.00
  2. Berselang 45 menit antara pertandingan pertama dan kedua bisa juga dimanfaatkan untuk tidur.
  3. Memanfaatkan waktu tidur dalam perjalanan dari rumah ke kantor.
  4. Baik yang punya supir pribadi. Tetapi jika sobat terpaksa naik angkot, bisa memanfaatkan situasi macet untuk tidur semabri menutaskan kemacetan jalan. Tujuannya tak lain adalah agar memungkinkan Anda tidur sepanjang perjalanan untuk membayar ‘defisit tidur’.
Mudah-mudahan Cara begadang sehat Uero 2012 ini bisa sedikit membantu sobat yang kesulitan mengatur pola istirahat.
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 6/10/2012 11:19:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar