Blogermie.com: 4 Tips Berbuka Puasa Sehat dan Benar

06 Juli 2012

4 Tips Berbuka Puasa Sehat dan Benar

Tips Berbuka Puasa
Saat terdengar alunan bedug dipadu suara adzan, sontak dari kita umat muslim yang menjalankan ibadah puasa pastinya akan bergegas melahap semua makanan yang diinginkan sekaligus. Lepas dari itu semuanya, beraneka ragam makanan dan minuman pasti sudah tersedia dimeja makan sehingga memicu nafsu makan berlebih.

Bahkan untuk menghilangkan dahaga, kerap kita meneguk air putih maupun es sebanyak-banyaknya. Tapi bukan berarti Sobat bisa dengan gegabah mengkonsumsi makanan-minuman tersebut saat berbuka puasa

Memang sih, saat berbuka kita diperbolehkan makan dan minum seadanya, tetapi perlu untuk diketahui bahwa saat puasa kinerja lambung lebih pasif ketimbang sedang tidak berpuasa. Sehingga bisa dipastikan lambung cenderung mengalami gangguan pencernaan akibat tidak mengolah makanan dalam waktu lama. Tidak ada salahnya jika berbuka puasa seadanya demi menjaga kesehatan lambung.

Untuk itu, Tulisan Berikut adalah 4 Tips Berbuka Puasa Sehat dan Benar, seperti yang saya himpun di berbagai media

  1. Berbuka dengan yang hangat dan Manis-manis

  2. Cara ini sudah dikenal sejak jaman Rasulullah, Beliau yang gemar berbuka dengan yang manis-manis ternyata tidak tanpa alasan. Ini diperkuat dengan oleh bidang kedokteran modern bahwa fakta "Tubuh kehilangan banyak energi dan kalori" benar adanya. Untuk mengganti tiap kalori tersebut, setidaknya makanan/minuman yang manis adalah nutrisinya. Untuk itu, pastikan sobat untuk meneguk teh manis/kurma secukupnya guna mengganti kalori walau sifatnya sementara.

    Selain itu, dengan mengkonsumsi gula, sedikit akan menghambat rasa lapar. Dari pengalaman yang saya alami, meneguh teh manis membuat perut seolah-olah tidak berselera, sehingga untuk melakukan aktivitas sholat, tubuh masih terasa bugar.

    Makanan/minuman yang mengandung gula juga dapat memulihkan energi dengan cepat, sehingga tubuh seolah-olah cepat kembali segar. Usahakan tiap komposisinya juga tidak berlebihan. Asal setidaknya rasa manis tersebut didapat dari sumber yang alami seperti buah. Idealnya buah-buahan seperti kurma, melon dan semangka.

  3. Hindari Minuman Terlalu Dingin

  4. Minuman dingin memang menyegarkan. Tapi efek terburuknya adalah membuat usus cepat berkembang. Dalam bahasa jawa "Kelempoken", perut cepat kenyang. Jangankan untuk makan, seseorang akan kehilangan selera untuk makan hingga mengabaikan nutrisi penting yang seharusnya dikonsumsi dari nasi dan lauk-pauk. Akibatnya, tubuh akan cepat lunglai dan malas berpuasa keesokan harinya.

  5. Usahakan perlahan mengunyah

  6. "Dibalik perut yang lebar menyimpan nafsu makan yang besar". Apalagi untuk urusan lapar, perut yang terlanjur melilit kadang bisa mengalahkan etika dalam mengunyah menjadi lebih "beringas" dengan tujuan menghabiskan menu berikutnya.

    Perlu untuk diketahui bahwa makan dengan cepat bisa mengganggu kadar gula dalam darah, sehingga seseorang akan cenderung lapar dari waktu ke-waktu. Syaraf otak mengirim sinyal tersebut saat perut kosong dan butuh paling tidak 20 menit saat perut sudah merasa kenyang.

    Makan cepat dapat membuat seseorang semakin semangat mengunyah dan mengabaikan jenis makanan apapun yang ditelan. Sehingga tak jarang orang dengan kebiasaan seperti ini cenderung bertubuh gemuk dibandingkan dengan orang yang makannya perlahan. Dengan mengusahakan melumat makanan dengan pelan, akan mengurangi resiko penyerapan nutrisi yang tidak penting ke-tubuh.

    Mengunyah secara perlahan juga memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan tubuh, tapi mencegahnya agar tidak terserap berlebihan dan tidak menjadikannya lemak.

  7. Jeda susulan untuk makan berat

  8. Ini yang berat. Bagi yang bertubuh tambun, biasanya akan kalap saat melihat makanan tersaji. Disaat lambung yang sedang istirahat selama 12- 15 jam pasti akan kaget jika dihantam makanan berlebih. So pasti lambung perlu beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Kebiasaan ini nantinya akan memicu perut kembung. Jadi solusinya adalah : Setelah mengonsumsi makanan manis, berilah jeda waktu bagi lambung untuk mencerna makanan secara perlahan, kira-kira 10-15 menit untuk sholat maghrib. Barulah seusai pulang sholat tarawih, sobat bisa melanjutkan Sesi"Pembalasan" untuk menuntaskan rasa laparnya tadi

Cukup sekian Tips berbuka puasa sehat di bulan Ramadhan, semoga bermanfaat
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 7/06/2012 12:31:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar