Blogermie.com: Free Download Manager Alternatif Pengganti IDM

20 Juli 2012

Free Download Manager Alternatif Pengganti IDM

Persaingan di ranah internet kian memanas, dampaknya dapat di lihat dengan banyaknya software-software gratis dan premium yang sengaja diciptakan untuk meningkatkan mobilitas penggunanya dalam mengoptimalkan sebuah komputer.
Kendati demikian, masih saja terdapat perbedaan antara software premium
dengan software yang gratisan jika dilihat dari segmen pasar dan peminatnya, padahal saya yakin bahwa banyak yang lebih memilih software gratisan tanpa mengesampingkan kualitas dan mutu pelayanannya.

Satu diantara software yang paling banyak dilirik oleh pengguna internet ialah Instalasi Downloader. Sedangkan software instalasi downloader yang paling atas menduduki pencarian google adalah IDM (Internet Download manager).
Sudah tidak diragukan lagi bahwa IDM memang sangat efektif dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan download file hingga 5 Kali lipat ketimbang menggunakan plug in bawaan browser.

Kekurangan IDM ini sangat dibilang Sepele, yakni versi trial yang hampir-hampir sangat mengecewakan. Dimana untuk menyempurnakan IDM menjadi Full, kita harus membayar $24.95 atau setara dengan Rp. 250.000,-. Sementara Software ini masih belum kompatible untuk Indonesia .
Yang dielu-eluka pengguna internet sirna sudah, sehingga baik mereka yang seperti saya harus download versi bajakan atau kalau tidak, googling dengan mendapatkan IDM Crack. Itupun juga tidak bertahan lama, karena dikuatirkan IDM crack bisa mengancam keamanan sistem komputer para pengguna

Lantas, apa kita akan menyerah?

Sebenarnya, tidaklah harus berputus asa, karena pada dasarnya masih ada software download manager yang gratisan dan masih bisa dinikmati tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Dari nama-nama software tersebut, saya sudah mengantongi nama Download Accelerator Plus, dan FREE DOWNLOAD MANAGER. Tetapi pada pembahasan kai ini, admin akan sedikit bercerita mengenani FDM
Free Download Manager
Gambar oleh: freedownloadmanager.org


Sesuai dengan namanya, Free download manager / FDM memiliki kemampuan dan panel yang hampir mirip dengan IDM, hanya saja tingkat kecepatannya masih dibawah IDM, yakni 3 kali kecepatan menggunakan plug in bawaan browser. Sedangkan IDM lebih unggul 5 kali kecepatan Bawaan browser yang terbagi menjadi 16 bagian

FDM berguna sekali untuk mempercepat download,disamping stabil untuk upload, FDM juga kompatible bagi pengguna Mozilla Firefox versi 10-11. 
Disamping itu,ada beberapa fitur yang cukup canggih diantaranya:
  1. Mendukung Server BitTorrent
  2. Download untuk file berbasis Flash dan video
  3. Remote Control
  4. Mode Portabel
  5. Mengulang Proses download apabila gagal
  6. HTML Spider(Fitur untuk mengenali embed code, dan cukup menyematkannya ke dalam panel FDM,maka secara otomatis akan mendetect)
  7. Partisi download dengan format ZIP dengan tujuan keamanan
  8. Mendukung Multi bahasa
Dan yang paling penting adalah Pengguna tidak diliputi rasa cemas apabila menginstal sofware ini sebagaimana menggunakan software IDM Full Version yang di crack/patch. Karena terdapat fitur "Active spyware and adware protection through active communication among users" dimana software tersebut sudah terlindung anti Spywere dibawah Licensi GNU.

Nah bagi sobat setia yang ingin mencicipi FDM, bisa mengunjunginya di  http://www.freedownloadmanager.org/download.htm dengan terlebih dahulu mengunjungi Situs resmi Free download manager di http://www.freedownloadmanager.org/index.htm

Semoga dengan Hadirnya FDM, menjadi suatu alternatif apabila kita mencari sofware pengganti IDM
Selamat Mencoba
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 7/20/2012 06:24:00 PM

1 komentar: