Blogermie.com: Inilah Caraku Percepat Akselerasi FDM Hingga 5 Kali Lipat

23 Juli 2012

Inilah Caraku Percepat Akselerasi FDM Hingga 5 Kali Lipat

Free download manager, mendengar namanya saja banyak sekali argumen bermunculan mengenai software yang gratisan ini.Ada yang menilai software ini sangat efektif, bahkan tak kurang yang beranggapan FDM hanyalah pesaing IDM. Tapi bagi orang awam seperti saya yang sehari-harinya menggantungkan hidup dengan internet lebih menampik pernyataan diatas.
Saya lebih Bijak memilih FDM, karena FDM lebih bisa diandalkan, selain terdapat unsur gratis yang tidak terdapat di IDM. Terdapat fitur dan beberapa opsi yang dengan leluasa bisa kita ubah semaunya.

Menurut penilaian saya. terdapat kelebihan yang tidak dimiliki IDM sebagai download manager. Yakni opsi konfigurasi jaringan yang terdiri dari modus ringan, modus sedang, dan modus berat. Ketiga-tiganya masih bisa dioptimalkan lagi bergantung terhadap kebutuhan kita selama berinternet. Sebagai contoh FDM modus ringan sangat efektif dipergunakan untuk browsing dengan koneksi internet yang pas-pasan, begitupun dengan modus sedang yang dapat dipararel apabila waktu browsing dan downloadsangat stabil.
Tetapi yang tidak kalah garang ialah FDM modus berat yang notabenya memang dikhususkan untuk download dengan akselerasi tinggi namun cukup beresiko menghabiskan daya dan resourch komputer.

Nah bagi yang ingin meningkatkan akselerasi FDM hingga 5 kali lipat, alangkah baiknya men-setting terlebih dahulu modus berat dengan langkah langkah sebagai berikut:

Setting Koneksi jaringan

  1. Klik menu Pilihan lalu pilih →Modus Pemakaian Jalur dan pastikan pada modus berat
    Percepat Akselerasi FDM Hingga 5 Kali Lipat
  2. Tab Unduhan →Jaringan untuk mengubah pengaturan konfigurasi pada modus ini
    Percepat Akselerasi FDM Hingga 5 Kali Lipat
    • Jumlah Maksimum Koneksi adalah Jumkah koneksi pararel yang dapat dibuat oleh FDM, jangan terlalu banyak memberikan personalisasi, standart maximum 16. dengan terlebih dahulu memberikan tanda check dan pada kotak isiannya berikan angka dibawahnya.
    • Jumlah maksimum koneksi per server adalah jumlah maksimum koneksi yang dapat dibuat untuk tiap 1 server yang menyediakan jasa download, berikan tanda check dan pada kotak isiannya berikan angka 5.
    • Jumlah maksimum unduhan berjalan adalah jumlah maksimum proses dilakukan pada waktu yang bersamaan, berikan tanda check dan berikan angka 3 pada loyal isian. Sobat dapat memberikan pengecualian dengan memberikan tanda check pada turunkan pemakaian jalur saat aktivitas peramban. Namun, traffic yang dipergunakan untuh download akan terpakai untuk browsing dan efeknya akan sangat menganggu saat browsing.
    Download file yang sangat pupuler umumnya sangat sering di cari oleh downloader sehingga sangat berkemungkinan file tersebut umum dialihkan oleh server bayangan (Mirror) sebagai cadangan. Namun kerugian dari server miror adalah akselerasi yang rendah. Karena apabila terus dipaksakan, proses download hanya akan berusaha mendapatkan koneksi ke server, bukan melakukan download data file .Itu terjadi tiap kali file yang sudah terdownload, jika ingin mendownload lagi pasti ada notifikasi menunggu beberapa detik sampai terhubung kembali. Namun ada cara lain untuk menambah kecepatan download FDM dengan menggunakan mirror

Mengatur konfigurasi Mirror untuk menambah akselerasi download

  1. Pada Tab Unduhan→ Cerminan
    Percepat download FDM Hingga 5 Kali Lipat
  • Secara otomatis cari URL Cerminan Sebuah fitur FDM mencari file mirror secara otomatis. default file mirror adalah 1000 KB, naikkan angka tersebut menjadi 2 kali lipat atau 2 MB, Umumnya terdapat pada file kompresan RAR* yang mempunyai kapasitas lebih kecil dari 2 MB
  • Berikan tanda check pada →Jangan cari jika ukuran file tidak diketahui (recommended). Sebagaimana jika terdapat file mirror dengan nama yang sama tetapi besar filenya berbeda. Akan sangat mungkin file lama akan tertindih/replace karena dianggap rusak.
Nah, cukup sekian dulu Langkah untuk meningkatkan Kecepatan FDM. Bila kita berkreasi lebih, mungkin bukan lagi hal yang mustahil untuk mendapatkan kenyamanan lebih selagi mendownload file. Oh ya, sebagai penekanan jangan terlalu banyak menggunakan koneksi. Terlalu banyak melakukan hal tersebut hanya akan membuat kinerja browser juga melambat.
Masih Bingung juga dengan Cara menginstall Free Download Manager (FDM)? baca dimari yuk
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 7/23/2012 02:00:00 AM

10 komentar:

  1. MATUR NUWUN ATAS INFORMASINYA. SEMOGA AMAL PANJENENGAN DITERIMA ALLAH, SWT. AMIN. TERUS BERKARYA SEMOGA SEMAKIN HEBAT, AMIN

    BalasHapus
  2. Thanks Bos infonya, tapi kok rasanya gak ngefek ya^^

    BalasHapus
  3. beli paketan inetnya yang joss mas, paket kalong simpati loop midnight, lalu coba dipakai untuk download pada dini hari.. dijamin manteb kelas dewa. keliatan perbedaannya . Meski gak secepat IDM punya, tapi aye rasa lumayan lah gratisan daripada nginstall IDM crack2an

    BalasHapus
  4. wah makasih gan gw udh mau uninstall ini software soal nya kecepatan nya dikit amat tapi sekarang udh berhasil

    BalasHapus
  5. maaf bukan nya nyidir tapi kalau menggunakan cara ini dengan menggunakan modem itu malah gk efektif karena menurut saya itu tergantung dari modem nya dulu cepet atau gk

    BalasHapus
  6. untuk fdm versi baru gimana gan caranya, karena sitem pemgaturannya juga agak sedikit berbeda daripada yang sbelum - sebelumnya mohon solusinya gan...!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  7. lumayan ngefek..
    tergantung jaringannya juga bos..
    bandwith ente berapa dari ISP nya...

    BalasHapus