Blogermie.com: Tips tidak gampang loyo saat berpuasa

17 Jul 2012

Tips tidak gampang loyo saat berpuasa

Tips tidak gampang loyo saat berpuasa
Dengan hadirnya bulah ramadhan, adalah suatu keberkahan yang ditunggu tunggu umat muslim ketimbang 11 bulan lamanya dalam setahun. Dimana dalam kurun waktu tersebut, semua kebaikan apapun yang dijalankan selama sebulan pasti mendapatkan pahala yang di lipat gandakan.

Bukan perkara yang mudah bagi mereka yang produktif untuk tetap mencermati waktu yang dipergunakan di sela-sela bekerja dikantor. karena tak jarang dari kita yang didera keletihan, loyo, dan malas melakukan aktivitas apapun selama seharian berpuasa. Padahal menurut saya sendiri persepsi ini salah kaprah, karena masih banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari keletihan selama berpuasa seharian penuh.
    Nah pada postingan kali ini, saya akan membagikan tips tidak mudah loyo saat berpuasa:
  1. Niat berpuasa

  2. Sebagaimana yang kita ucap niat berpuasa, Saya yakin bahwa yang maha kuasa maha melihat apa yang kita buat. Dengan memantapkan hati berpuasa, akan mendidik fisik kita sendiri siap menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Menurut buku kesehatan yang pernah saya baca, terdapat perbedaan antara orang yang berpuasa, dan orang yang kelaparan. Bedanya ialah kadar asam lambung orang yang betul-betul niat berpuasa biasanya lebih rendah dengan orang yang kelaparan. Ini disebabkan karena adanya keinginan kuat (Motivasi) sehingga memicu syaraf pusat lapar untuk siap menahan haus dan dahaga. Beda dengan orang yang kelaparan yang justru lebih memfokuskan perut, yang cenderung memicu lambung memproduksi asam lambung berlebih.
  3. Membiasakan tetap makan sahur

  4. Memang sih, dari sebagian besar orang yang terbiasa melakukan puasa sunna, jarang yang melkaukan aktiivitas sahur. Alasannya sih faktor kebiasaan. Alasan ini ada benarnya juga. Asalkan kondisi tubuh sudah kebal dengan aktivitas yang sudah pernah dijalankan. Tetapi perlu menjadi perhatian ialah, dengan makan sahur tubuh kita memperoleh cadangan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seharian. cadangan energi tersebut dapat ditemui melalui karbohidrat seperti nasi, jagung, dsb.
  5. Menghindari konsumsi gula berlebih saat sahur

  6. Seperti di artikel saya sebelumnya mengenai 4 Tips berbuka puasa yang sehat dan benar, Makanan manis memang dianjurkan sekali saat berpuasa. Dengan takaran yang sesuai tentunya sobat tidak ingin terlanjur gemuk saat lebaran bukan? Makanan yang terlalu banyak mengandung gula akan memicu produksi insulin untuk penetralisir gula dalam darah. Akibatnya adalah rasa lapar yang begitu cepat. Jika berlanjut, efeknya bisa menimbulkan perasaan letih dan loyo. Tetapi yang lebih bagus adalah karbohidrat yang tidak mengandung kadar gula tinggi, karena karbohidrat dengan kadar gula rendah akan lebih lama menyimpan energi. Solusinya ialah dengan memperbanyak protein seperti daging dan telur, niscaya proses pencernaaan di usus akan lebih lambat dibandingkan dengan jenis makanan berkabohidrat tinggi
  7. Berolahraga di bulan ramadhan

  8. Salah satu penyebab cepat loyo ialah melakukan kebiasaan yang salah sesudah sahur. contohnya jalan-jalan beramai-ramai sesudah sholat subuh. Padahal waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan puasa ialah 1-2 jam sebelum/sesudah berbuka puasa
  9. Segera berbuka tepat pada waktunya

  10. Segera berbukalah dengan makanan yang manis, bisa menggunakan korma sebagai pembukanya. Untuk minumannya bisa dengan teh yang hangat. Terlebih lagi jangan mendahului berbuka puasa dengan makanan/minuman dingin. Ini hanya akan berpengaruh cepat kenyang dan menjadi malas untuk sholat tarawih. Menurut ilmu kesehatan, Makan yang terlalu banyak juga berakibat menyumbat aliran darah ke otak. lama kelamaan tubuh gampang lemas dan sering menguap.. malas berfikir...ngantuk dan akhirnya.... ketiduran
  11. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

  12. Ketika puasa, tak jarang jenis makanan apapun yang kita lahap. Dalam durasi 8 jam lamanya kegiatan makan dan minum terhenti sehingga mempengaruhi kelenjar ptialin untuk memproduksi air liur dengan jumlah sedikit. Akibatnya mulut menjadi asam, hambar dan mudah berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi setelah sahur dan berbuka puasa. Diharapkan nantinya makanan tidak membusuk di rongga mulut
Semoga tips diatas bermanfaat
Judul: Tips tidak gampang loyo saat berpuasa; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 7/17/2012 01:37:00 AM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

1. JIKA SAHABAT MENEMUKAN POSTINGAN YANG MENGANDUNG HAL-HAL YANG TAK SENONOH DAN KURANG BERKENAN DENGAN ISINYA, SILAHKAN KIRIM EMAIL MELALUI FORM DIBAWAH YANG TELAH SAYA SEDIAKAN.

2. LINK MATI AKAN SAYA BENAHI, POSTINGAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN TERHADAP APAPUN JUGA, BAIK GAMBAR, VIDEO STREAMING, MAUPUN TULISAN, DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI AKAN SAYA HAPUS.

3. BILA KOMENTAR PEMBACA BELUM TERJAWAB, ITU MENANDAKAN PEMILIK BLOG SEDANG SIBUK, KETIDURAN, BOKER, ATAU SEDANG MELAKSANAKAN TUGAS MULIA MEMBANTU PARA KAMEN RIDER DI DIMENSI LAIN. NAMUN DIUSAHAKAN FAST-RESPON.