Blogermie.com: Blogger Plagiat Oknum Internet yang Berotak Dangkal

17 Agustus 2012

Blogger Plagiat Oknum Internet yang Berotak Dangkal

Hari ini hari adalah hari kamis, hari bertepatan dengan dengan saya lebih memfokuskan diri menghadapi cuti lebaran. Untuk mengisi liburan panjang kali ini rutinitas yang ada tidak lain tidak bukan adalah  buka laptop, colok modem, dan siap menyusuri belantara internet..hehe.

Yah, setidaknya bisa menghindarkan kegalauan akibat beban pekerjaan

Berangkat dari sebuah tool online google webmaster dan situs googling, saya berencana mencari beberapa kata kunci relavan terkait yang bersumber dari blog ini. dan apa yang terjadi?
mencengangkan !!!

Ada beberapa artikel blogermie yang punya frekuensi tinggi meningkatkan statistik kunjungan. Celakanya, judul dan isi artikel telah diduplikasi dengan sengaja dan tanpa perhitungan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai dampak buruknya

Situs hxxp://www[dot]info-asik[dot]com adalah sebuah bukti plagiator

Coba bandingkan kedua halaman in, kira-kira mana yang asli ?
  • http://www.blogermie.com/2012/08/subhanallah-lafadz-allah-terungkap-di-langit-surabaya.html
  • http://www.info-asik.com/2012/08/subhanallah-lafadz-allah-tertangkap.html
Ada keterkaitan antara postingan saya sebelumnya, dari judul yang sengaja disamakan, dan artikel inti yang kesemuanya hanya sekedar nyadur (Tukang kopas) hingga timbul suatu pemikiran bahwa  admin blog tersebut adalah orang yang sembrono. Pengakuan ini diperkuat dengan beberapa pengakuan blogger lain yang merasa semua artikel adalah auto generate dari blog lain. Ciri khas mendasar yang bisa sobat ketemukan dari blog semcam ini ialah dengan men-disable form komentar di bagian footer sehingga pengunjung tidak diperkenankan membuat feedback

Antusias mengakui hasil karya sendiri adalah tindakan pencurian

Begitu banyak blog autogenerate yang bisa ditemui di internet. mengambang begitu saja sebagai sampah satelit. Tapi apakah sobat mengetahui bahwa sampai saat ini belum ada sanksi tegas yang diterapkan untuk memberangus oknum oknum seperti ini, kecuali membangun kesadaran menulis dengan murni semangat ide sendiri. Karena sejatinya, baik itu plagiat dan koruptor adalah praktik pencurian, tidak ada salahnya kita melihat dari sudut pandang hukum rimba.

Ada benarnya apabila keduanya patut dipermalukan dan memperoleh sanksi berat sebagai bentuk teguran moral praktik haram tersebut.

Begitupun untuk blog diatas, tidak satupun tertera tanda kutip yang menjelaskan nara sumbernya, sehingga jelas-jelas menggunakan tulisan orang lain secara mentah.
Saya berani bertaruh bahwa penulisnya tidak mempunyai pemikiran yang kuat dalam belajar. karena tidak mau menyeleksi tiap paragraf yang hendak disalin. Cenderung gegabah melakukan sesuatu dan sudah tentu menunjukkan kedunguannya sendiri sehingga tak heran ujungnya adalah kegagalan.

Banyak sekali contoh para penulis buku yang kemudian gulung tikar, dipecat bahkan kehilangan gelar akibat perilaku plagiat mereka sendiri conohnya Penulis Doris Kearns Goodwin mewawancarai penulis Lynne McTaggart dalam bukunya dari tahun 1987, The Fitzgeralds and the Kennedys, dan ia menggunakan beberapa kalimat dari buku McTaggart mengenai Kathleen Kennedy. Pada 2002, ketika kemiripan ini ditemukan, Goodwin mengatakan bahwa ia mengira bahwa rujukan tidak perlu kutipan, dan bahwa ia telah memberikan catatan kaki. Banyak orang meragukannya, dan ia dipaksa mengundurkan diri dari Pulitzer Prize board- Sumber: Wikipedia

Senjata makan tuan

Setelah melakukan beberapa studi kasus perihal blog tersebut, inilah klimaksnya. Satu hikmah yang mungkin dirasakan penulis yang lain adalah Senjata makan tuan seperti sebuah pepatah lama "Perbuatan buruk memang selalu berbuah busuk".

Saya tidak mencemooh bahwa pendiri blog tersebut adalah orang bodoh, orang bodoh bisa menjadi pandai apabila giat belajar seiring kemampuannya, itu juga terbukti dengan template blognya yang bisa dibilang SEO. Kita tahu bukan untuk membangun sebuah website perlu didukung dengan coding html yang tepat, cara promosi blog, dan tentunya keberuntungan, Blogger manapun juga paham hal tersebut. Kalau kesemua elemen tersebut lengkap, tetapi masih terdapat unsur plagiat didalamnya, tetap saja pemilik blog masih dibilang dungu

Tetapi disatu sisi mengoptimalkan SMO (Social media Optimazion) juga berakibat malapetaka. Ada yang mengira sebagai spam, junk atau menyalahi ketentuan penyalahgunaan, itulah sebuah kesalahan yang seharusnya tidak dia dilakukan.
Konon disebuah social media lintas.me telah diselenggarakan sebuah Akurasi Sharing Contest dimana menjadi sebuah ketertarikan  tersendiri untuk blog tersebut bersaing dengan harapan iming-iming hadiah terpenuhi (mungkin kali ya). Tapi namanya keberuntungan, web master/admin Lintas.me mengetahui hal tersebut sebagai suatu tindakan yang menyalahi ketentuan penyelenggara.

Eng...ing...eng. Inilah Screenshootnya

Blogger Plagiat

Blogger Plagiat


Dari sekian banyak testimoni diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa sudah sepantasnya tindakan plagiat memang mendapatkan perlakuan yang adil. Meskipun belum ada hukum tertulis untuk memenjarakan plagiator. Hanya saja yang perlu diyakini ialah teguran dan bisikan lain yang jauh lebih berharga pasti datang tepat pada waktunya (Alias Apes)
Sungguh sangat adil jika Blogger Plagiat disebut sebagai Oknum Internet yang berotak Dangkal karena istilah Dungu akan tetap melekat bagi orang yang tidak mau belajar. Lebih beruntunglah mereka yang bodoh, tetapi mempunyai semangat untuk belajar sehingga kefahaman "bodoh" bisa menjadi suatu yang berguna bagi diri mereka sendiri


Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 8/17/2012 02:49:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar