Blogermie.com: Bagaimana Cara Menulis yang Mudah?

29 Oktober 2012

Bagaimana Cara Menulis yang Mudah?

Cara menulis dengan Mudah
Jika mendengar sebuah kalimat "Menulis", apa yang pertama kali terbayang di benak pembaca setia blogermie?
Kertas, bolpen.



Sebenarnya bukan itu saja sih,

Dimasa sekarang, teknologi yang sudah dibilang maju, menulis bisa dilakukan dimana saja, bahkan ketika kita sedang bermalas-malasan sekalipun. Tak jarang deskripsinya dianggap sebagai sebuah aktivitas yang merepotkan lantaran membuang banyak waktu untuk mencari beberapa referensi. belum lagi kita harus memperhatikan tata bahsa dan bagaimana cara menyampaikannya

Bisa dibilang, menulis adalah kegiatan yang amat menyenangkan. Karena apabila kita sudah terlarut menulis, kita dapat menceritakan dan menuangkan potensi yang terpendam dalam pikiran kita. Biasanya sih menulis itu merupakan gaya bahsa yang berasal dari pengalaman maupun pengetahuan yang sudah pernah kita jalankan.
Tanpa membutuhkan banyak waktu dan energi ekstra untuk melakukannya. Menulis juga diibaratkan penyampaian gagasan kepada orang lain sehingga timbul energi positif bagi mereka yang ingin memiliki pengetahuan tambahan baik itu bersifat formal maupun non formal.

Selama ini yang menjadi momok para penulis pemula adalah timbulnya perasaan malu dan kurang percaya diri. krisis percaya diri, takut menghadapi feedback dan komentar pembaca dan tiba tiba si penulis menjadi galau.
Yang tentu saja bisa menurunkan semangat untuk menulis. kalau insiden ini belum pernah terjadi, sebaiknya sobat blogermie pura-pura buta dan pura-pura budeg. Ini tentu saja bukan pada konteks yang sebenarnya, hanya saja sebagai analogi untuk menghilangkan perasaan malu dan takut kritik dalam diri kita masing-masing. Saya yakin lama kelamaan semakin stress, semakin cepat pula sobat menjadi kreativ, karena stress bisa menjadi resep kreativitas
Jangan kuatir hal tersebut terjadi berkepanjangan, selama kita pintar mengenai cara mengatasi kegalauan diri

Bagaimana Cara Menulis yang Mudah bagi Pemula?

Apabila diantara pembaca Setia Blogermie adalah orang pertama yang merintis kegemaran menulis, mulailah dengan membangun ide untuk menulis. Tak perlu gusar mencari darimana sumber ide itu berasal, karena Ide bisa kita dapatkan dimana saja dan kapan saja dari melihat, mendengar, meraba dan segala aktifitas yang dilakukan oleh tubuh kita. Ide yang cukup matang didukung dengan narasumber yang akurat Setelah ide sudah siap sudah siap dibentuk menjadi sebuah sebuah konsep. hal demikian tak perlu dilakukan secara tertulis. Cukup rekam dalam memori otak dan kembangkan menjadi rangkaian tulisan yang baik diotak.

Setelah mematangkan konsep, barulah proses menulis dapat dilakukan. kita dapat menulis dimedia apa saja, baik buku catatan, komputer, laptop, tablet, dan media lainnya yang dapat menampung tulisan kita secara baik. Yang terpenting dari menulis adalah mencoba, mencoba untuk melakukan dan munuliskannya secara nya. bukan hanya angan-angan untuk dapat menjadi penulis hebat yang disegani, mulailah dengan sesuatu yang sederhana dan mudah kita temui, jangan langsung membuat ide yang terlalu tinggi tapi masih belum bisa mengaplikasikan dan mengolahnya.

Kalian pasti bisa!!!
 semuanya dimulai dari kebiasaan dan mulailah jadikan itu kebutuhan. kebutuhan untuk terus menulis dan menghasilkan karya tulis yang nyata. karena jika kita terlalu lama berkutat pada teori, maka kita tak akan pernah ssampai pada tahapan menulis yang sesungguhnya. lakukan sekarang dari hal yang kecil dan sederhana. hingga suatu saat anda akan dapat melihat tulisan terdahulu anda merupan titik awal menuju kesuksesan anda dalam menghasilkan sebuah karya tulis yang nyata.

Salam Rukun
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 10/29/2012 09:11:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar