Blogermie.com: 5 Aplikasi Screenshot untuk Sony Ericsson Aspen

08 November 2012

5 Aplikasi Screenshot untuk Sony Ericsson Aspen

Napak tilas Microsoft untuk menghentikan beberapa portal pengguna OS Windows mobile sepertinya terbilang "buru-buru". Karena belum sempat produk dan aplikasinya habis terjual, pengguna juga belum bisa bicara banyak mengenai OS windows yang konon kabarnya makin tersingkir dengan ketangguhan OS android. Entah karena faktor komersil apa yang membuat beberapa portal dan Marketplace untuk OS yang dibilang tidak terlalu ketinggalan zaman untuk kesekian kalinya ditutup.

Seperti dilansir pada postingan saya sebelumnya : http://www.blogermie.com/2012/04/akhir-hayat-windows-os-benarkah.html .
Langkah microsoft yang secara resmi menutup Marketplace membuat para pengguna Windows mobile sangat kecewa, terlebih saya sendiri yang baru 1 tahun menggunakan Windows mobile sebagai jalur alternatif Ngeblog-lewat ponsel.

Jujur saja, sejak ketertarikan saya membeli Sony Ericsson Aspen yang berjalan di platform windows, tak pernah terpikirkan untuk membeli smartphone baru lagi. Selama itu juga saya agak kesulitan mencari aplikasi-aplikasi penting untuk mengoptimalkan aktivitas menulis, terutama aplikasi yang berhubungan dengan ScreenCapture. Semenjak Windows marketplace ditutup, terkadang saya mencari referensi di Forum-forum khusus yang membahas aplikasi mobile. Tetapi tak semuanya memberikan Review yang jelas bahwa aplikasi tersebut aman, maupun tidak.

OK, Bagi para sobat blogermie yang masih bertahan dengan OS windows Mobile versi 6, jangan kuatir, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips sebuah aplikasi untuk kelengkapan Menulis. Dimana aplikasi ini nantinya sangat berguna bagi kalian yang membutuhkan mediator Gambar untuk menunjang Kualitas tulisan kalian. Aplikasi tersebut adalah "Screen Capture". Atau yang lebih dikenal dengan Aplikasi Screenshoot atau aplikasi membuat Screenshoot

Perlu diketahui, dengan menggunakan Screencapture, Seorang blogger yang mengangkat Tema Tutorial Handphone biasanya lebih cenderung menyuguhkan konten bergambar, disamping mengoptimalkan mutu sebuah tulisan. Karena data yang berupa tulisan akan lebih akurat jika disertai gambar.

Nah tidak ada salahnya menambah kualitas konten dengan menambahkan bebrapa gambar maupun foto yang kemudian kita abadikan melalui sebuah Screenshoot.

Memang, banyak sekali aplikasi Penangkap gambar yang dapat kita temui di Google. Dari sekian banyak aplikasi penangkap gambar yang tersedia, kebanyakan aplikasi tersebut ditujukan dengan terlebih dahulu menggunakan metode "penginstalan di PC', barulah file yang sudah jadi dapat dinikmati setelah file gambar di transfer ke Ponsel. Sungguh tak terbayangkan bagaimana repotnya hal itu.

OK-lah sebagai tambahan wawasan, Akan ada cerita lain jika kita menggunakan metode tertentu jika ingin membuat sebuah Screenshoot yang langsung dapat dipergunakan di Ponsel smartphone, Pocket PC kita. Sekali jepret, Kita bisa langsung menikmati hasilnya di Ponsel tanpa harus ribet menginstalnya di PC.

Ini adalah 5 Aplikasi Screenshoot gratis untuk windows mobile, smartphone, dan Pocket PC

1. Ilium Software Screen Capture
Ini adalah utilities yang paling saya gemari hingga saat ini. Bukan pada tampilannya, melainkan berat filenya apabila di instal di smartphone. Cukup ringan meski tampilannya sederhana.
Cara menggunakan Ilium Software Screen Capture antara lain
  • Download Ilium Software Screen Capture dan install kedalam Smartphone sobat.
  • Arahkan ke menu Options untuk menentukan tombol pengambil screenshot
  • Pastikan bahwa sobat tidak menekan tombol Exit. Biarkan aplikasi berjalan secara hidden.
  • Ambil screenshot! (Jika menggunakan settingan default, nantinya akan ada peringatan berupa suara kamera "klik" setelah mencapture objek)
  • Untuk menghentikan program,  tekan tombol"EXIT"
  • Untuk mencari Hasil screenshoot, cari di ke folder 'My Documents' pada perangkat smartphone sobat.
5 Aplikasi Screenshoot Gratis Untuk Windows Mobile, Pocket PC dan Smartphone






2. Capture Screen Utility
Dengan Screen Capture Utility, Sobat dapat dengan mudah menangkap screenshot dengan tambahan beberapa fitur.
Alat ini juga berisi fitur delay capture. Dimana dengan fitur tersebut, pengguna dengan mudah mengatur waktu tunda sebelum mengambil screenshot di windows mobile.
Dukungan kualitas gambar yang beragam, perpaduan antara QVGA dan layar VGA. Foto yang diambil dapat dengan mudah disimpan sebagai file bitmap ke memori utama atau memori eksternal.

Screen Capture Utility kompatible dengan Windows Mobile 2003, Windows Mobile 2003 SE, Windows Mobile 5.0 untuk Pocket PC, termasuk Windows Mobile 6 (Classic atau Professional)

5 Aplikasi Screenshoot Gratis Untuk Windows Mobile, Pocket PC dan Smartphone


Download Screen Capture Utility




3. Capsure

5 Aplikasi Screenshoot Gratis Untuk Windows Mobile, Pocket PC dan Smartphone
Ini adalah salah satu utilitas capture screen terbaik gratis untuk smartphone windows. Membuat Screenshoot pada layar ponsel dapat disimpan dengan berbagai macam format. Terdapat banyak format didalamnya  anatara lain BMP *, * GIF, JPG, PNG.

Keterangan juga dapat ditambahkan pada screenshot. Jika sobat menggunakan aplikasi ini untuk ngeblog, sangat membantu sekali. Adapun beberapa fitur yang jarang ada di aplikasi screenshoot manapun, tetapi dapat sobat temui di aplikasi ini, yang antara lain:

  • Screen - Aplikasi menangkap gambar secara otomatis
  • From task list - Mengambil aplikasi tertentu dari daftar tugas
  • Timed - menangkap layar setelah interval waktu
  • Repeat - mengulangi proses "Capture" dengan interval waktu, sehingga, tidak perlu kita khawatir jepretannya jelek

Opsi baris perintah juga tersedia dengan beberapa fitur yang diantaranya:

  • Quick - Mengambil satu capture
  • Shoot - Menjalankan "Capture" sesuai dengan pengaturan di atas
  • Silent - Kombinasi antara "Quick" dan "shoot" sehingga aplikasi berjalan dengan mode Minimize tanpa menutup aplikasi penangkapan
Download Capsure


Capsure bekerja dengan PPC -, WM2003 WM5, WM6 + NET CF 2.0.. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=375573

4. SPB Screenshot
5 Aplikasi Screenshoot Gratis Untuk Windows Mobile, Pocket PC dan Smartphone
Screenshot SPB adalah satu lagi Aplikasi untuk mengambil screenshot di windows mobile. Screenshot disimpan sebagai PNG atau BMP langsung ke kartu penyimpanan atau folder yang dipilih.

Fitur "Repeat" juga tersedia yang dapat dikonfigurasi. Secara penampilan tidak ada yang istimewa sih. Untuk detail lebih lanjut, sobat dapat mengetahui dengan mengunjungi spbclub

5. VSnap

5 Aplikasi Screenshoot Gratis Untuk Windows Mobile, Pocket PC dan Smartphone

vSnap adalah Aplikasi Screenshootr sederhana untuk sebuah Pocket PC.

Cara menggunakan vSnap?
  • Download file CAB dan mentransfernya ke perangkat Anda. Jangan membuka file CAB seolah-olah itu adalah file ZIP.
  • Pada perangkat Anda, memulai file explorer dan cari file CAB.
  • Sentuh pada file CAB untuk memulai instalasi.
  • Pilih screen capture waktu mulai dari daftar dropdown.
  • Tekan tombol "Browse" untuk memilih lokasi file dan nama file untuk menyimpan file screenshot.
  • Tekan tombol "Capture" untuk melanjutkan dengan screen capture.
Download VSnap

OK, itulah 5 Aplikasi Screenshoot gratisan yang bisa sobat pakai jika ingin menangkap gambar. Kurang lebihnya mohon maaf.
'Salam rukun
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 11/08/2012 01:43:00 PM

2 komentar:

  1. Mohon infox gan. Bisakah SE Aspen M1i ditambah aplikasi BBM, BRI Mobile dan BNI Sms Banking. Bagaimana cara mendapatkan aplikasi tersebut?

    nasrhoel@gmail.com

    BalasHapus