Blogermie.com: Arti Sebuah 20 Besar di Laku.com | Reward

09 November 2012

Arti Sebuah 20 Besar di Laku.com | Reward

Blogermie Lolos 20 besar
Beberapa hari lamanya, gembar-gembor akan dimenangkannya blog writing competition Laku.com menggema dimana-mana. Hal ini merupakan suatu event yang amat ditunggu-tunggu para penulis buku dan penulis digital. Semua Blogger turut memeriahkan perhelatan "Memeras pikir" guna mereview sebuah Toko-online.

Yang ikutan sudah pasti menunggu saat-saat mendebarkan.
Ada yang ceria, ada yang kecewa, ada pula yang naas sampai berharap artikelnya tembus 20 besar.
Ibarat menunggu durian runtuh, dibalik kompetisi tersebut akan menanti sebuah reward yang bisa dibilang cukup fantastis.

Tak tanggung tanggung, Laku.com sebagai tim panitia penyelenggara menggenlontorkan dana sebanyak 16 juta dengan terbagi menjadi beberapa kategori pemenang. Dari beberapa bagian tersebut nantinya, akan dipilih 20 pemenang yang terdiri dari 3 juara pertama, dan beberapa juara harapan.
 Coba tebak siapa yang nggak "Kesensem" dengan reward sebanyak itu?


Puncak kompetisi berakhir pada bulan oktober. Lebih tepatnya pada tanggal 30 oktober 2012. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 9 november 2012. Berselang 1 minggu kemudian, barulah panitia kompetisi akan menyeleksi ratusan artikel yang sudah masuk seleksi.
Dari ratusan artikel itu nantinya masih ada penyusutan lagi sebanyak 20 artikel terbaik yang patut untuk diloloskan sebagai pemenang sejati.

Pemenang sejati yang layak menjadi jurnalis digital dalam hal ini adalah meraka yang patuh dengan etika menulis, tidak menyalahi aturan yang dibuat penyelenggara, menghargai arti sebuah karya seni tanpa mendompleng kepopularitas-an hasil karya orang lain.

Artikel yang dinilai, terutama pada alur cerita, dan semangat si penulis untuk membuat sebuah artikel tersebut menarik minat baca pengunjungnya. Inilah yang sebenarnya menjadi tolak ukur perbedaan antara Kontes SEO dan Blogwriting Competition.

Jujur saja sih, Di awal kemunculan Kontes SEO laku.com periode I, saya sempat miris. Bukan karena kecewa tidak ikut. Ada alasan lain yang membuat saya lebih menyukai Blog Writing ketimbang SEO kontes.
Banyak artikel bagus yang menurut saya lebih "Berbobot isinya" malah tersingkir begitu saja. Tingkat Keterbacaan artikel dengan kalimat-kalimatnya yang inspiratif dan "teduh" merupakan Potensi sesungguhnya bahwa seorang penulis berkarakter sudah seharusnya di akui.

Kekuatan Konten dengan memprioritaskan isi yang seharusnya kontribusi menarik untuk dibaca, malah menjadi terabaikan hanya karena beberapa faktor sepele semisal Tempalte, plug-in ,Mulai dari USia blog itu sendiri, dan navigasi menu yang Kurang SEO.
Lebih tepatnya Sebuah Potensi seseorang akan menulis tampak bukan berarti ppa apa jika dilihat dari Ke-SEO-annya.

Memang, tingkat keterbacaan menjadi Faktor penentu Sebuah SEO, Tetapi menuju realita yang ada, tidaklah suatu artikel tersebut dipandang bagus, jika dilihat dari isi yang disampaikan eh terkesan biasa-biasa saja. (menurut pandangan saya).
Cuma yang jadi sedikit membuatnya keren, Kolom komentarnya penuh jawaban pengunjung, sehingga memperlihatkan artikel tersebut seolah-olah "SEO":

"Bagus amat nih artikel".
"Nice Gan"
"sangat membantu pemula seperti saya gan"

Masih banyak Artikel yang tidak SEO-pun patut menjadi pertimbangan jika dilihat dari inti tulisannya.
Tulisan yang bagus, mencerminkan kepribadian pemiliknya, Sehingga jangan heran yang LOLOS artikel SEO OFF PAGE adalah artikel yang cenderung - biasa-biasa -saja.
Sangat berbeda dengan SEO ON PAGE yang lebih merujuk ke Kualitas konten
Ini yang kemudian membuat saya sendiri cenderung Malas menikmati Sebuah Kompetisi SEO.

OK-lah, Kita tinggalkan masalah SEO, Berhubung Kontes periode kedua ini Murni peraturan penyelenggara. Semua saya serahkan kepada pihak panitia, karena sejatinya sebuah penilaian cukup terasa adil adanya Jika "Manusia" yang berhak memilih sebuah tulisan tersbut nantinya apik tau tidak. Bukan semata-mata berdasarkan pada Analisa sebuah Robot "Search Engine"

Kemarin saya sempat mengikuti Blogwriting tahap 2, dengan mengangkat judul #Internet dan Guna-guna laku,com terhadap istriku# sebagai headlinenya. Sangat tidak penting sekali Ulasannya dan tidak SEO, karena saya sendiri bukan pakar SEO.
Saya juga tidak terlalu berharap untuk menang. Kalau menang-pun ya syukur. (barangkali sudah menjadi rizki anak saya). Tidak menang-pun juga tidak lantas berkeluh kesah.

Tak terbayang begitu kagetnya saya sampai pemenang Blog writing competition laku.com diumumkan di Official Blog laku.com tanggal 9 November 2012, jam 00.01 WIB

http://seokontes.laku.com/pengumuman-pemenang-blog-review-competition-2012-by-laku-com/

Artikelku yang masuk Nominasi 20 besar



Jelas sekali nama blog ini, dan judulnya Internet dan Guna-guna laku.com terhadap istriku.
Jauh yang dari saya perkirakan. Sungguh suatu prestasi luar biasa.

Reward seharga Rp.300.000 sepertinya cukup pantas diterima, karena ini semua bukan semata-mata jerih payah saya sendiri.
Tak luput adanya dukungan dari istri dan Calon jabang bayi yang ada di dalam kandungan istri saya.

Lebih dari itu, adanya kerjasama yang baik dari panitia penyelenggara dan upaya seluruh peserta Blog Writing Competition yang sudah turut andil dalam memberikan kontribusi-nya dalam hal berbelanja.
Puji syukur bahwa semua artikel yang lolos penjurian dinyatakan bebas dari PLAGIARISME

Awalnya saya sangat pesimis bahwa tulisan saya menjadi dengan nominasi "TERSINGKIR" alias gugur karena saya menulisnya dengan tidak begitu puas. Itu pun karena perspektif saya ingin menunjukkan sebuah kebenaran. bahwa berbelanja di laku.com sungguh sangat menyenangkan dan menghibur

Alhamdulillah, biarpun mendapat urutan ke XX, tetapi saya tetap bangga. Setidaknya argumen saya di atas telah mematahkan bahwa Artikel SEO tidaklah harus didukung dengan segala fasilitas yang SEO Pula, tetapi Kombinasi antara Ide dan Buah kesabaran dengan lebih mendominasi kekuatan isi konten.

Ingat, Fasilitas SEO itu juga tersedia dari hasil Copy-paste, karena sampai kapanpun tak akan ada kata "henti" untuk kopi paste. Tapi yang perlu sangat dihargai adalah bagaimana sebuah Filosofi Kata SEO itu berasal.karena "menciptakan sebuah karya itu lebih rumit daripada sekadar menikmati"

Jadi pesan saya untuk yang malas berpikir, dan cuma Kopi paste

" Think Before Posting"

Salam rukun
Judul: Arti Sebuah 20 Besar di Laku.com | Reward; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 11/09/2012 01:41:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar