Blogermie.com: Kelebihan Google Drive untuk membaca File Document Tanpa Plugs-in

27 November 2012

Kelebihan Google Drive untuk membaca File Document Tanpa Plugs-in

Apa yang pikirkan saat membuka sebuah File dikomputer yang tidak bisa di kenali ekstensinya lantaran kita tidak memiliki program untuk membacanya?
Bagaimana seandainya jika file yang berasal dari download di internet, maupun file document sederhana yang berasal dari transfer data tak satupun terbaca di komputer kita?
Biarpun sekedar berformat PDF,Word, SWF, JS?

Saya yakin sobat pasti malas dan jengkel jika mengharuskan mencari aplikasi yang sesuai dengan jenis File tersebut. Bukan tidak mungkin kita malah makin berpaling, bahkan rela membuang document tersebut

Bagi sebagian komputer sederhana/komputer mini seperti netbook yang mengusung speck rendah, tidak mungkin bagi kita untuk menginstal banyak aplikasi yang mempunyai ukuran besar seperti PDF Reader, ataupun Microsof Office.
Selain bersiko membuat komputer makin lemot, menginstal banyak software juga dapat merusak sector di Hardisk lho, Apalagi semakin sering aplikasi tersebut menganggur jarang dipakai. Kecenderungan seperti ini juga dapat berakibat merusak sistem registri windows.
Belum lagi bila kita menggunakan browser secara bersamaan dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Saya yakin lemotnya malah nggak ketulungan

Dilain pihak, tanpa dukungan plug in pada browser, mustahil bagi sistem komputer untuk berselancar membaca file-2 tertentu. Sebagai contoh Plugn-is SWF yang sering kita jumpai pada Youtube. Rasa- rasanya tidak mungkin bagi kita jika tidak menginstal Adobe flash player. mengingat kebutuhan File Flash dibrowser juga amat bergantung dengan format game-game online sekarang ini, seperti Angry birds dan Poker.

Ok, Pada tulisan kali ini, saya akan sedikit share mengenai Fitur terbaru Google Yaitu Google drive.
Seperti yang kita ketahui, Selain Google Drive yang efektif dipergunakan sebagai hosting gratisan untuk menyimpan File-file berekstensi tertentu, Google drive juga dapat dipergunakan sebagai pendeteksi file dan pembaca file. Cara membaca file yang berupa SWF, Jar, Js, Ms-word,bahkan untuk file berekstensi PDF dapat dengan mudah dianalisa menggunakan Fitur Google ini.

Dengan Adanya Google drive, akan sedikit membantu kita yang kesulitan mendapatkan Aplikasi Reader. Dengan Google drive pula, sebagai aplikasi alternatif pengganti E-Book Reader tanpa perlu repot membeli aplikasi PDF reader jika kita ingin menggunakan PDF.
Dengan Google drive, bisa mengurangi resource komputer hingga 50% ketimbang menggunakan Plugins

Bagi yang penasaran dengan fitur Google drive, bisa mengujinya di https://drive.google.com/.
Untuk dapat menggunakannya, berikut instruksi yang bisa sobat laksanakan
  1. Kunjungi https://drive.google.com/ melalui browser apapun
  2. Google Drive untuk hosting file dan document
  3. Buka File Apapun yang ingin dibaca, berikut screenshootnya saya ambil ketika Meng-upload File PDF
  4. Google drive untuk membaca file PDF
  5. Tunggu beberapa saat sampai file ter-upload sempurna
  6. Google drive tempat penyimpanan Document
  7. Klik filenya, disitu tertulis Link Tujuan, jika ingin menyimpan File tersebut di Hosting google sebagai Link URL, Sorot Filenya, maka itulah Link tujuan File
  8. File PDF sudah bisa dibaca tanpa repot menginstal Plug-in,
  9. Cara Upload File PDF ke Google Drive
  10. Jika ingin menampilkannya di halaman blog, tinggal klik » Sematkan File PDF Ini, maka ada dialog box baru berisi Embed codenya, Tinggal Copas
  11. kode embed PDF file di Google Drive
Ok semoga Artikel Kelebihan Google Drive untuk membaca File Document Tanpa Plug-in membantu bagi kita semua
Salam Rukun
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 11/27/2012 11:15:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar