Blogermie.com: Pentingnya Akun Sosial Media Untuk Berbisnis

15 November 2012

Pentingnya Akun Sosial Media Untuk Berbisnis

Akun Sosial Media Untuk Berbisnis
Peran jejaring sosial atau yang lebih dikenal dengan Social media banyak ditengarai mampu dalam menunjang kinerja bisnis tanah air. Dari beragam merek, maupun personal branding yang ada di indonesia seperti KFC, Coca cola Simpati, yang sukses memajukan produk pemasarannya melalui media sosial. Sejauh pemanfaatannya bergantung pada bagaimana pemilik mengelolanya.

Sejatinya, media sosial adalah senjata pamungkas yang mesti dipersiapkan untuk mengimbangi pasar global. Penetrasi penggunaan Internet di Indonesia setiap tahun meningkat. Suatu lembaga riset menyatakan, 80% pengguna remaja dan anak muda berusia 15 tahun keatas. Sangat
menakjubkan, yang artinya Itu artinya, peluang terbuka lebar bagi pemilik merek yang ingin membangun produk jasa demi kepentingan bisnis lainnya.
Pengguna Twitter terbanyak di Indonesia saat ini mencapai 15% pengguna Twitter dunia. Makanya, tak mengherankan, setiap ada pemberitaan Tweet, percakapan di twitter dengan mudah menjadi trending topic. Ini artinya, ada sebuah media yang begitu potensial untuk dimanfaatkan bagi pemegang merek.
Jadi, banyak hal yang bisa dimanfaatkan via media sosial, mulai dari branding, kegiatan komunikasi pemasaran, hingga hubungan masyarakat

Di segi merek, jika terjadi imbal-balik komentar positif dari pengguna merek tertentu, hal itu selain dapat meningkatkan kesadaran dan kualitas merek, besar kemungkinan juga ikut meningkatkan penjualan.
Peran penting juga saling terdukung dengan beberapa peralatan yang dipergunakan. Berbagai tool harus saling terintegrasi. Kalau sebuah merek/produk mau diluncurkan, media sosial dapat dengan mudah menyebarkan informasi yang sifatnya membuat teman atau pengikutnya menjadi penasaran. Dengan begitu, nama merek itu akan terdongkrak dan banyak dicari/ditunggu orang.

Walaupun terintegrasi, efektivitas pemanfaatan media sosial tetap tergantung pada pemilik merek. Media sosial bukan sekadar tool yang terkait dengan perantinya, seperti punya akun Facebook, Twitter, dsb.
Hal mendasar yang perlu dilakukan bagi pemilik merek, pemilik merek harus mengubah pola pikir pemasaran tradisional.
Media sosial menstimulasi komunikasi dua arah. Karena bersifat terus menerus, melibatkan dan butuh partisipasi, efektivitasnya tergantung pada kesiapan perusahaan/merek untuk menyediakan infrastruktur yang memadai dan pola kerja yang berbeda dengan konsep sebelumnya sebelumnya.

Minoritas kurang Berani dan Kurang Motivasi

Saat ini masih banyak perusahaan yang belum siap beradaptasi di era media sosial. Risikonya jelas, bahwa bisnis harus tetap relevan dengan konsumen dan stakeholder-nya.

Dengan memasuki media sosial, para pelaku bisnis akan mengetahui pangsa pasar konsumen. Mengetahui produk2 apa saja yang konsumen bidik. Mengingat terus bertambahnya pengguna media sosial saat ini, jelas media seperti ini begitu penting perannya bagi bisnis tersebut. Dengan begitu, bisnis yang dikembangkan nantinya dapat memantau apa yang sering populer dibicarakan konsumen. Selain itu, media sosial juga bisa digunakan untuk membantu pemasaran, meningkatkan kesadaran produk atau jasa, membuat jaringan, ataupun merekrut anggota. Salah satunya lewat media sosial Linkedin.

Lantas, bagaimana memanfaatkan media sosial agar bisnis bisa sukses?

Ada empat hal yang perlu dicermati dalam menggunakan media sosial.

  1. Alasan mengapa Pemilik membuat Akun sosial media dan tujuannya. Jika belum memiliki konsep dan tujuan yang jelas, biasanya kurang berhasil mencapai target.
  2. Pemegang merek harus membuat konsep strategi pemasaran yang hendak dilakukan di jejaring sosial. Facebook adalah platform untuk audiens/fan. Sementara website adalah platform buat merek itu sendiri.
  3. mengetahui Selera Pasar/fan. Jika produknya snack, pengelola (admin) harus tahu bagaimana meramu dan mendekatkan diri dengan fan-nya. Selera konsumen bisa dilihat dari segi usia fan, kebiasaannya di media sosial, demografi, apa yang disukai dan tidak, serta masih banyak lagi.
  4. Memiliki strategi jangka panjang dengan penerapan komunikasi pemasaran yang baik dan efektif.

Intinya, jejaring sosial adalah salah satu tool komunikasi pemasaran. Jejaring sosial harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam setiap kegiatan, penyampaian pesan, atau kepentingan apa pun. Branding yang sukses adalah mengolaborasikan marketing tools konvensional dengan marketing tools yang modern seperti jejaring sosial.

Tentunya, untuk membangun sosial media ada beberapa tahap yang mesti dilalui yang membutuhkan keseriusan untuk melakukannya. Misalnya, membentuk tim admin yang kompeten, menyediakan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang memadai,memiliki costumer service untuk menangani keluhan

Pemilihan Kategori Product berdasarkan Trending Topic

Dalam mengelola sebuah media sosial untuk bisnis ada beberpa kecenderungan yang sering kita lupa, Yakni adalah pemilihan tema atau isu. Dengan memilih tema yang relevan, diyakini konten yang disajikan nantinya jugu turut seimbang, karena kalau terlalu banyak porsi brand-nya, nanti pengujung juga mengabaikannya begitu saja. Artinya, dalam media sosial disarankan agar merek tidak melakukan hard selling. Pesannya harus dibuat sehalus mungkin agar tidak terkesan seperti jualan langsung. Diperlukan bahasa yang santun di media sosial, yaitu bahasa Santun Ala Sales promotion Girl.

Pantau Komunikasi

Dengan semakin diandalkannya media sosial sebagai salah satu sarana dalam berbagai macam aktivitas, termasuk urusan bisnis, percakapan di media sosial pun meningkat. Hal tersebut akan berpengaruh pada munculnya ledakan informasi akibat dari percakapan-percakapan tersebut.

Untuk itu, diperlukan suatu cara yang dapat dapat memantau percakapan di media sosial, agar nantinya tidak memunculkan kebingungan dalam mencari apa yang sedang dipercakapkan orang di dunia maya, termasuk di media sosial.


Nah, sekarang kita mengetahui bukan. Penggunakan Social media yng kompeten bisa menjadi suatu prospek yang bagus untuk mendulang keuntungan. Syah-saja jika kita menggunakan Akun social media untuk bergaul, tapi lebih bermanfaat lagi jika kita betul-betul berani mengambil sisi positifnya dari segi Komersil.

--------------------------Update status Tok, Gak jamannya lagi Guys,  Akun Sosial Media sangat penting untuk berbisnis----------------------....

Salam Rukun
.
Judul: Pentingnya Akun Sosial Media Untuk Berbisnis; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 11/15/2012 07:52:00 AM

3 komentar:

  1. saat ini media sosial memang snagat penting gan, untuk mempermudah komunikasi jarak jauh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo kang Feris dicoba Tipsnya, barangkali dapat sedikit tambahan Pasif Income juga dari ngeblog

      Hapus