Blogermie.com: Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

24 November 2012

Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

Bagi Pengguna Smartphone Sony Ericsson Aspen, ada beberapa hal yang bisa dijadikan tempat untuk bereksprimen. Dengan melakukan beberapa Modif, maupun sekedar memperdalam Ilmu Flashing misalnya.

Kita tahu bahwa Sony Ericsson Aspen berjalan menggunakan OS windows Versi 6.5. Padahal menurut kebenaran yang ada, (MARKETPLACE) Layanan gratisan khusus Windows mobile 6.5 resmi ditutup oleh pihak microsoft. Hal yang amat patut disayangkan apabila ingin mencari aplikasi yang sesuai atau cuma sekedar melakukan modifikasi ringan.

Sampai saat ini belum ada kejelasan sampai kapan Marketplace Windows mobile 6.5 dibuka kembali
Dan lagi kesulitan bagi pengguna seperti kita jika ingin melakukan Install ulang/ flashing jika Smartphone /ponsel tersebut bermasalah.

Untungnya Sony Ericsson Mobile Communication memberi langkah pasti dengan Membuat Software SEUS sebagai pelengkap Software yang "Support" untuk perbaikan Manual. Adapun kelebihan SEUS ini bisa dipergunakan untuk semua Tipe HP Sony merek apapun juga. Baik yang ber-OS Java, Android, maupun yang OS windows.
Inilah yang membawa saya pribadi lebih menyukai ponsel besutan Sony, ketimbang produk ponsel dari vendor lain.
Dengan menggunakan Tool SEUS, pengguna kelas pemula seperti saya dapat dengan mudah mengenali kerusakan tanpa buru-buru memperbaikinya ke tukang servis.

Dengan seiring perkembangannya, SEUS kini juga sudah dilengkapi kemampuan analisa update Firmware terbaru, Khususnya untuk Upgrade Firmware windows mobile 6.5 yang pada dasarnya belum cukup disempurnakan oleh developernya.

Untuk mengetahui kapan kita harus melakukan flashing, Cukup dengan melihat seberapa sering HP tersebut mengalami restart sendiri, Layar ngeblank Putih, dan HP suka hang secara tiba-tiba.
Apabila untuk pertama kalinya membeli Smartphone Sony Ericsson tipe apapun, dan sudah sering mengalami gangguan teknis seperti diatas, maka jawaban yang tepat adalah memulai langkah flashing demi mengatasinya.

Kendala buruk diatas sudah cukup memberikan bukti bahwa pihak developer/vendor sengaja menyuntikkan Firmware standart pabrikan dengan tujuan pengguna lebih aktif melakukan analisa sendiri

Kenapa saya menyarankan SEUS,?

Karena Tool SEUS ini sangat portable, Sobat hanya butuh koneksi internet cepat dengan langsung menghubungkannya ke Server Sony secara otomatis dengan tujuan mengenali driver smartphone dan memberikan informasi update firmware terbaru secara online.
Tentunya ini sangat memudahkan pengguna yang ingin melaksanakan Tutorial Flashing secara otodidak tanpa menenteng Tool-box khusus.

Syarat-syarat yang diperlukan Untuk Upgrade Firmware/Flashing Sony Ericsson menggunakan SEUS sebenarnya sangat mudah, Yaitu Kabel USB DCU dan koneksi internet stabil.
Namun yang tak kalah penting ialah, dengan menyediakan Tool SEUS-nya sendiri yang bisa diperoleh di http://www.sonymobile.com/id/tools/update-service/.

Untuk memastikan Upgrade dan instalasinya sempurna. Pastikan bahwa hardware dan "pheriperial" komputer Kalian sesuai spek dibawah ini:
  1. Intel® Pentium®4, 2,0 GHz atau yang lebih tinggi, AMD Athlon
  2. Hardisk dengan ekstra kapasitas ruang bebas menyisakan 500 MB
  3. Memory RAM minimal 512 MB
  4. Tersedia Port USB Minimal versi USB 2.0
  5. Operation system Windows XP™ (Home atau Professional) dengan SP2 atau lebih baru
  6. Microsoft® Windows Vista™ Microsoft® Windows 7 Microsoft® Windows 8
  7. Pastikan juga bahwa koneksi internet kalian stabil dan Cepat.
  8. Jika di Koneksi internet kalian superlelet, bisa diperkirakan Proses Flashingnya bisa putus ditengah jalan


Berikut Cara Flashing Sony Ericsson Aspen yang langsung saya ambil dengan menggunakan Windows XP:
  1. Persiapkan Tool SEUS
  2. Dobel klik ikon SEUS hingga muncul Dialog Box seperti ini
  3. Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen
  4. Pada Dialog box yang kedua, akan ada deskripsi singkat bahwa Sobat telah memiliki Kabel USB dan memastikan bahwa kondisi baterai minimal daya tidak kurang dari 50%.

    Pada langkah ini, jangan sekali-kali menghubungkannya Smartphone ke PC tanpa ada perintah, tunggu hingga dialognya selesai dengan klik » Start
  5. Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen
  6. Dialog yang ketiga, penggguna disuruh memilih Tipe smartphone yang Sesuai, dengan » Select Model, dan arahkan kursor ke » Aspen Tm, Klik » Next
  7. Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen
  8. Barulah pada Dialog yang ke- Empat, Akan ada perintah untuk mematikan baterai (sebaiknya cabut baterai kemudian pasang kembali), kemudian Tahan Tombol »Call selama 5 detik, Setelah itu Colokkan kabel Usbnya dengan tetap menahan tombol Call.

    Begitu diarahkan ke dialog box yang baru, akan ada gambar sesudahnya bahwa sobat harus melepas Tombol »Call Bertuliskan "Please Release" (dilepaskan)
  9. Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen
  10. Lanjut ke step berikutnya, tinggal menunggu Konfirmasi apabila Update versi baru telah tersedia, Klik » Install
  11. Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen
    Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen
  12. Pada langkah Finish, sebaiknya pastikan Konesi internet kalian stabil. Karena paling tidak butuh ruang 152 MB untuk Mengesrak Firmware dan update yang baru saja kalian download.
    Jika koneksi Putus, Kalian tidak usah gusar. Lakukan dari tahap yang pertama sesuai prosedur
  13. Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

Ok, sobat, tunggu sampai instalasinya selesai alias "Complete", Baru kemudian Cabut USBnya.

Restart HP (Untuk loadingnya memang memakan waktu lama sekali, maklum karena inti prosesornya terbatas dengan frekuensi 600 MhZ, harap bersabar.)

Catatan Penting: Diawal pembuka, Untuk instalasi Bahasa, sebaiknya pergunakan settingan standart » ENGLISH, Karena Sony tidak bertanggung jawab apabila kalian mengubah settingan bahasa lainnya pada Ponsel Sony. Dikhawatirkan juga berakibat pada setting UIM (Kartu sim) juga tidak sesuai dengan setingan geografis, kekuatan Sinyal,dan setting GPRS tiap negara

Ok, semoga Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen ini bermanfaat bagi pembaca
Salam rukun
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 11/24/2012 12:11:00 PM

145 komentar:

  1. mas kalo cara mensetting lalu lintas data di handphone SE Aspen itu bagaimana caranya ya?
    Soalnya di icon paling atas dekat icon sinyal selalu ada tulisan "3G". apakah itu membuat pulsa kita tersedot?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pergunakan Active Sync, Fitur ini lebih mirip dengan USB drivernya Ponsel kamu mas. Tinggal colok ponselmu ke leptop, maka secara otomatis, Sistem komputer akan menginstall drivernya dari headsetmu. untuk mensinkronkan data-data apa saja yang harus disimpan/sekedar berbagi file ke laptop

      Kalau Masalah sinyal 3G pada bar, itu nggak terlalu bermasalah sih. Asal, agan jangan terlalu sering menggunakan WiFi. dan seharusnya mas akan menggunakan layanan paket data unlimited jika memang agan orangnya suka mobile dan browsing

      Kalau update Otomatis sih memang iya, tetapi itu tergantung aplikasi pihak ke-3 yang mas gunakan, dan aplikasi apa yang memerlukan update. contohnya antivirus. Kan layanan marketplace windows mobile versi 6 sudah resmi ditutup mas. Jangan kuatir, cek selalu aplikasi yang nggak dianggap perlu diinstall. paling2 Facebok toh mas.

      Saran saya, kalau memakai facebook menggunakan wifi gratisan, jngan selalu menyimpan username dan pasword, hilangkan tanda centang mengingat username dan pasword. Oh ya, jika memakai Opmin, bersihkan clear,dan cookies, dan hapus riwayat browsing. itu saja kok

      Hapus
    2. mas mau nanya

      kok saya sudah menyerel wifi tapi tidak connet ke internet
      bagaimana tuh mas solusinya

      Hapus
  2. Tapi yg masih belum saya mengerti, jika ingin membuka akses layanan internet pada SE Aspen bagaimana caranya mas selain dengan menggunakan layanan WiFi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas menggunakan seting layanan provider yang mas pergunakan, mas pake kartu apa?

      Semua setting OTA dan GPRS untuk semua kartu SIM akan otomatis terkirim ketika mas memasukkan kartunya. (Kalau saya pakai kartu Simpati) akan ada notif ketika kita memasukkan kartunya. Biasanya tertulis "Izinkan/perbolehkan menerima setting MMS",tinggal menunggu beberapa saat, baru kemudian klik Allow.

      Kalau settingnya sudah terkirim, tinggal mas memilih paket layanan data (Usahakan yang unlimited sesuai kartu provider yang mas pergunakan)

      1. Utk simpati unlimited harian= ketik Format SMS: ULON6000 kemudian Kirim ke 3636, kemudian tunggu arahan selanjutnya

      2. Utk Simpati unlimited 30 hari = Ketik Format SMS:
      ULON60000 kemudian kirim ke 3636
      kemudian tunggu arahan selanjutnya

      Utk kartu lain, mas bisa nyari referensinya di Google. Semoga membantu

      Hapus
    2. Untuk provider saya menggunakan kartu XL mas.
      aduh sayang sekali ya tidak bisa menggunakan aplikasi whatsapp.

      Hapus
    3. Oya mas kalau menggunakan aplikasi SEUS apakah kita bisa mengupgrade versi windows SE Aspen itu sendiri.
      Maksudnya mengupgrade windows 6.5 nya menjadi windows 7?
      mohon maaf sebelumnya mas saya banyak bertanya. soalnya belum terlalu mengerti tentang HandPhone berbasis windows.

      Hapus
    4. Yah, mo gimana lagi mas. Kecewa bareng saja sama saya :D.

      Oh ya, apa gak mending beralih ke Android saja tuh mas?

      Untuk setting GPRS XL, mungkin bisa mencari tutorialnya di Google. Coz saya belum pernah memakai nih provider. harap maklum :P

      Hapus
    5. Ya kebetulan saya kepingin mencoba Hp berbasis windows mas:D.
      Tp ternyata minim jg ya basis window SE Aspen tu.

      Hapus
    6. Pangsa pasar windows mobile mulai anjlok mas, kalah sama Android. Jadi wajar aja Aplikasinya memang tidak diperbanyak. dilihat dari sisi penggunanya saja masih kalah familiar Sama android. Saya juga sangsi sampai berapa lama Winmo 7 bertahan.

      Hapus
    7. Menggunakan Tool SEUS bukan berarti mengupgrade OS nya, melainkan mengupgrade Firmwarenya saja. Secara teknis OS windows Versi 6.5 berdiri sendiri, dan tidak ada kaitannya dengan OS windos 7. ibaratkan versi 6.51, 6.52, 6.53 dst

      Chipsetnya saja berbeda,diantara keduanya windows mobile 7 paling tidak mempunyai spek tingggi, disamping lebih Unggul dari segi hardware. dan dibekali minimum Prosesor 1Ghz. Sedangkan winmo 6.5 600-800Mhz. Itu jelas mempengaruhi kinerja headsetnya juga

      Hapus
  3. Oya mas kalau SE Aspen bisa install aplikasi Whatsapp tidak ya?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D mohon maaf, dengan rasa kecewa dan berat hati. Aplikasi Whatsappp untuk Mobile windows versi 6.5 khususnya untuk Sony Ericsson Aspen Belum bisa dan Belum kompatible.
      Saya sempat kecewa juga sih.

      Untuk OS windows, Aplikasi Whatsaap yang kompatible dan terdukung Hanya untuk WINDOWS MOBILE VERSI 7. Seperti Nokia Lumia

      Hapus
  4. Mas. ko di Hp Aspen ku jika dimasukan memori microSD, ko tidak terbaca di Hp nya ya mas. bisa minta pencerahannya mas..
    ditunggu jawabannya mas.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa micro sdnya tidak rusak? coba diganti dengan Micro sd yang lsin mas

      Hapus
    2. micro sd saya 8 giga tidak terbaca. tetapi kalau dihubungkan ke pc pake disk drive bisa. kenapa ya mas? mohon banutannya.

      Hapus
  5. Menurut saya sih itu tidak rusak ya mas. Soalnya pas saya connect ke PC, microSD nya terbaca di PC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, kalau disinkronisasi terlebih dahulu bagaimana? di PC udah terinstall Active sync belum??

      Untuk mengetahui isi Folder biasanya di Smartphone tertulis Storage Card pada saat membuka menu File Explorer. Sulit bagi saya untuk menganalisa permasalahannya kalau gak memegang langsung HPya mas?. Bisa dibuat screenshootnya mas?

      Sekalian nanti saya buatkan Tutorialnya

      Hapus
  6. Wahh, kalo untuk masalah disinkronisasi belum aku coba tu mas.
    Saya sudah coba masuk ke menu start>setting>system>memory nah di tab storage card nya tu ada keterangan "not installed"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena driver USB MMC driver belum terinstall mas. semua driver USB, MMC, sudah terintegrasi menjadi satu dalam handset aspen. untuk itu perlu sekali mas mencolokkan dulu Ponsel ASPENnya ke laptop karena seluruh drivernya sudah jadi satu. Tungggu beberapa saat.

      Oh ya saya sarankan internet juga terhubung, dengan begitu, Microsoft active sync dapat mengintall update terbarunya disertai windows update

      Hapus
    2. Jadi jika begitu langkah yang harus saya lakukan mesti mensinkron kan dulu Hpnya, Dengan menggunakan ActiveSync?

      Hapus
    3. iyo mas dicoba dulu. Sekiranya ada masalah, baru mas bisa ngambil kesimpulan. Kalau ada permasalahan yang gak bisa ditanggulangi, saya siap membantu :)

      Hapus
  7. mas, awalnya hp aspenku sering muncul notikasi swicth off,lama2 tombol switch tdk berfungsi, harus di telpon dulu baru menyala & bisa digunakan. sekarang ditelp tdk bisa lg, lbih parah lagi harus lepas baterai, baru bisa digunakan, kalo posisi stand by, berarti otomatis off. kira2 kenapa y? garansinya habis akhir nov 2012 kmrn :(( mohon infonya terimakasih y

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada modus standby, secara default smartphone akan mati (bukan pada arti sebenarnya, karena pada modus ini ada pengaturan tertentu untuk menghemat baterai.
      (ini cuma mematikan lampu background saja, tanpa mempengaruhi kinerja telepon dsb kok)

      Jika dalam keadaan tidak terpakai memang settingan begitu. Untuk menghidupkannya kembali cukup tekan tombol switch-off 1 kali saja, maka si-aspen akan pada pada modus normal. Tekan lagi 1 kali, maka layar aspen akan mati guna menghemat pemakaian baterai

      Hapus
    2. iy kalo itu aq tau, 1 bln yg lalu selalu muncul note switch off yes/no, hp dlm keadaan stand by & muncul terus menerus, tapi sejak 2 hari ini tombol switch tdk bisa digunakan lgi, di pencet2 tetap tdk nyala, kalo di telpon baru nyala & bisa digunakan lg, sekarang harus lepas baterai dulu kalo ingin gunakan hp tersebut.. :( :(

      Hapus
    3. kalau setahu saya, diluar sony ericsson aspen, saya selalu menganalisa dulu dengan flashing mas(Pernah flashing Sony Ericsson K660, dengan kondisi tombol c dan tombol 3 sering macet). baru setelah flashing saya cek lagi dengan menguji coba setiap tombolnya, dan ternyata bisa. Itu bisa diperkirakan cuma kerusakan terletak pada softwarenya. Makanya harus di software ulang dengan metode SEUS

      Tapi jika tutorial flashing sudah dilaksanakan sesuai prosedur tapi gagal, berarti kerusakan pada hardware/komponennya mas.

      Nah, kalau agan berani melakukan flashing sesuai tutorial diatas, tapi masih menemukan jalan buntu. Mau gak mau, agan harus membongkar sendiri bagian cashing luar/diperbaiki ke tukang servis . kemungkinan besar tombol switc-off cuma kotor karena terlalu seringnya bersinggungan dengan jari. Solusinya cuma semprot sedikit dengan cleaner [asal jangan terlalu basah,dan jangan sampai mengenai PCB sirkuitnya].

      Btw, itu kalau ditahan dalam posisi switc-off bisa mati kan mas?

      Semoga membantu mas

      Hapus
  8. mas saya mau tanya gmana cara buat ngirim data dari SE aspen ke dalam PC, dan juga sebaliknya, mohon bantuanya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas dika. Mas dika bisa mencobanya mempergunakan Active sync. pada saat menancapkan kabel usb (Kabel DCu) diamkan beberapa saat smapai drivernya teridentifikasi dahulu oleh komputer. Biarkan sampai agak lama. Setelah selesai, akan ada dialog box bahwa instalasi driver sudah complete.

      Mekarang buka pada my computer, akan ada folder mobile device. disitulah mas bisa menggunakan sincronisasi data maupun sekedar bertkar file. tutorialnya sebenanrnya tidak sesingkat ini. jadi lain waktu saya sedang menghimpun triknya menjadi sebuah postingan. Ditunggu saja mas. Stay tuned terus

      Hapus
  9. Mas, saya sudah mengikuti proses update yg di atas..
    tapi kok lama bgt ya mas proses 'align screen' nya??
    itu lagi proses atau hank lg y mas??

    mohon bantuan nya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan stylus pen-nya mbak, kemudian arahkan ujungnya tuh pen tepat fokus ditargetnya. ikuti aja. kalau targetnya kekiri, ikuti dengan mengetuknya fokus kekiri dimana letak targetnya.,kalau kekanan atas, ya ikuti mengetuk tepat dimana posisi targetnya di kanan atas, bawah, samping dan seterusnya. sentuh dengan stylus pen(jangan digeser) cukup diketuk pake stylusnya, lakukan sesuai arahannya. nanti akan ada dialog box, tinggal mengikuti aja kok intruksinya. memang kadang butuh beberapa lama untuk loading menuju menu berikutnya. Masalahnya algin screen gak berpengaruh banyak pda display. fungsi ini cuma untuk merapatkan pas tengah layarnya sesuai resolusi LCD.

      Hapus
  10. bagaimana yah setting wifi tolong bantuannya. saya pakai kartu sim****. setiap saya ingin pilih wifi yang terbaca malah gsm sim***. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa wifinya sudah diaktifkan?.

      Coba dari menu Windows, mbak masuk ke menu Setting » Connection » Wifi. pada halaman Wireless itu, tab/tekan tombol Menu » Advanced, beri centang[x] pada "Turn on Available network notification" dan OK.

      Penting: jangan sekali-kali mengubah settingan Network Adapter jika tidak mengerti

      Dan yang terakhir, kembali ke menu sebelumnya untuk mengaktifkan Wifinya dengan menekan Menu » Turn on Wifi

      Hapus
  11. Kamera error yang muncul hanya logo kamera spt proses loading buka kamera, tapi proses ini brjalan terus bahkan tdk bisa diclose. Sdh coba software dan master dan SEUS tp tdk ada perubahan. Jadi harus dimatikan dulu baru bisa tampilan home screen. Kalo sy mejet tombol end call, kanan atas muncul icon battery, jam, sinyal, dsb. tp layar msh tertutup logo kamera. Bisa kasih solusi ? thank mas heru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mengalami hal ini di ponsel SE K660 saya. Sudah pasti yang bisa dianalisa kerusakannya
      1. Driver kamera
      2. Hardware kameranya itu sendiri

      Kalau sudah dilakukan metode SEUS tapi masih juga seperti ini, coba dianalisa terlebih dulu dgn menggunakan kode rahasia Aspen untuk uji test service:
      Tekan Tombol end call dan akhiri dengan menekan Nav-pad
      > > < > > < > >
      kemudian service test » Main Camera test. Kalau kamera gak mau jalan ke mode capture, berarti masalah pada kameranya mas. Mau ngggak mau si ponsel harus dibredel, barangkali soket/soderan camera sedikit goyang/terlepas/kotor

      Hapus
  12. dlu aq pernah remove program yg ada di aSPEN (f-secure mobile) Adakah yg bs bantu ksh tw subscription numbernya?

    BalasHapus
  13. minta bantuan 4 my ASPEN,ceritanya hp saya dlu dilengkapi program f-mobile security tetapi karena sering BT update2 terus, saya remove.
    tetapi saya coba download n update lg g bs
    harus ksh subscription number...
    adakah yg bs tw subscription numberny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antivirus F-Secure hanya bisa digunakan secara berbayar mas untuk dapat subscription numbernya. Versi Trial Hanya berlaku 30 Hari, saya sudah nggak memakai Anti virus ini. Lagipula nih Anti Virus terlalu berat untuk aspen. jadi terpaksa remove

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. mohon maaf sya minta bantuan sedikit ..
    saya sudah membluetooth lagu tapi lagu nya masuk dimana yah ? sudah tak cari dimana saja tapi gak ketemu2 :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di My Device » My Documents » My Music

      Hapus
    2. emang tidak bisa langsung masuk di storage card ?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. kalau transfer data lewat bluetooh file tidak bisa langsung di explore ke storage card, harus dipindah dahulu. Kalau pingin yang cepat ya harus dengan PC Active sync mas

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. situs download aplikasi sony aspen itu dimana y ? apa sama dengan aplikasi java hp lainya .

      Hapus
    9. http://www.mobileheart.com/cell-phone-softwares/2312-Sony-Ericsson-Aspen-Software.aspx coba disini. cuma salah satunya akan saya buatkan artikelnya dengan segera. bisa juga di zedge.net

      Hapus
    10. eh saya hampir lupa .. emang sony aspen itu tidak dapat di ganti bahasa indonesia ?

      Hapus
    11. belum bisa mas, soalnya sudah settingan standart vendor Sony Mobile

      Hapus
    12. aplikasinya sudah saya download tapi gak bisa dibuka mohon infonya ..

      Hapus
    13. aplikasinya apa, Url linknya kalau boleh tahu seperti apa?

      Hapus
    14. aplikasinya ber format xap , http://www.mobileheart.com/cell-phone-softwares/2312-Sony-Ericsson-Aspen-Software.aspx saya sudah download salah satu aplikasinya disitu . tapi tetep aja tidak bisa

      Hapus
    15. Coba mas ke kaskus, ini linknya barangkali ada beberapa tips yang membantu disana Aspen Lounge Room

      Hapus
    16. aplikasi format aspen itu harus cab y ? mohon infonya

      Hapus
    17. ya betul mas, coz mengusung OS, garapan microsoft, kalau di dekstop Windows Xp,win 7,dan Win 8 formatnya Exe

      Hapus
    18. kalau mau download facebook dimana yah ? aku sudah download sudah di instal aku jalanin kok mlah disuruh connect dulu

      Hapus
    19. kan sudah ada penel facebook mas. Integral langsung ke facebook. tinggal nyari di Windows >> panel, terus ganti skin-nya yang facebook,. kalau nggak pasang aja shortcurtnya dihalaman homesreen, >>Add widget> Facebook status. kalau masalah selalu connect itu harus mas, masalahnya nih widet memang khusus mengakses menu facebook tanpa menginstall aplikasinya. Kerugiannya kita harus selalu terhubung dg internet, (langganan pake data unlimited)

      kalau download facebook mobile. coba kunjungi m.facebook.com

      Hapus
    20. sudah nya shortcurt fb nya tapi nggak bisa ada tulisan gini "service is temporary unavaible" bawahnya ad tulisan retry tapi tetep aja gak bisa .

      Hapus
    21. Apakah selalu seperti itu?
      Apakah setelan GPRS dan setting Internetnya sudah terhubung dengan baik?
      Diflashing ulang saja sebagai jawabannya

      Hapus
    22. kalo lansung di fb panel itu bisa mas, kalo shortcurt fb status selalu kayak gtu ada "service is temporary unavaible" bawah nya ada retry aku pencet ber ulang kali tapi tetep gak bisa . mohon pencerahanya =)

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. mau tanya nih mas.... hp aspen saya gbisa buat intrnetan,,klo buat buka you tube jg mncul tulisan sperti ini ../../common/base/internal/gtime.cpp:118.(internal error)
    knpa y mas///
    n gmna cra mngtasi nya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh tahu kartu selularnya pake apa? kalau browsernya menggunakan opmin, pastikan setting waktu dan tanggalnya benar mas

      Hapus
  18. mau tanya..
    aspen apa bisa ganti os android?
    karena menurut saya speknya ga jauh beda dgn xperia X8 cuma beda di laayarnya aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya belum bisa mas. kalaopun bisa,mungkin keypadnya tidak akan berfungsi dengan baik. karena x8 lebih diunggulkan melalui fungsi touchpad. mungkin lho ya kalau sepadan nih ponsel bisa upgrade firmware ke samsung galaxy chat B5330 dimana semua kompatibelitasnya hampir sama. hanya saja selama ini belum nemu patching tool buat uograde ke OS ini. semoga saja ada. Trims buat inspirasinya mas

      Hapus
    2. oh gitu ya..
      thanks atas infonya..
      oh ya, selama ini saya cuma utak atik icon aja, apa launchernya juga bisa diganti..?
      kalo ada bisa di share link downloadnya..?

      Hapus
    3. Kalau launchernya cuma pad SPB Mobile Shellnya saja yang perlu di Patch ke versi lebih baru. kemarin saya jalan-jalan ke kaskus dan nemu ini SPB Mobile Shell 3.5.5 Build 10106

      Hapus
  19. mau tanya..
    aspen apa bisa ganti os android..?
    speknya kan ga jauh beda dgn xperia X8..

    BalasHapus
  20. mas mohon pencerahanya ..
    facebook panel itu versi yg lama y ?? kok obrolanya (chatting)tidak ada, adanya cuman inbox saja . kalo ada, upgrade ke facebook yg versinya lebih baru tolong infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul,. untuk mendapatkan versi baru kudunya download langsung di Marketplace om. Berhubung udah ditutup, memakai cara manual download aplikasi facebook dalam format java.

      Untuk sekarang ini saya belum nemu mas, tapi coba kunjungi getjar.com atau Zedge.net. Masalahnya OS Winmo Versi 6 terlalu jadul dan belum banyak developer yang ngembangin

      Hapus
  21. mas terima kasih buat infonya tentang sync hp ke pc, sudah saya coba dan bisa.
    sekarang saya punya masalah baru mas, kenapa ya,,, koq kamera saya gak bisa digunakan, saat dibuka hanya keluar layar pembukaan bergambar kamera. saya tunggu lama dan gak bisa, lebih parahnya lagi pada saat keadaan seperti itu hp saya gak bisa diapa-apain mas. bhkan untuk dimatiin pake tombol switch off pun gak bisa. mohon saran dan bantuanya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kalau itu saya pernah mengalaminya, masalahnya bisa 4 alternatif

      1. aplikasi yang kita instal kebanykan, sehingga begitu membuka aplikasi kamera, program yang lain berbenturan/ crash. Untuk itu, coba cek kembali task manager, jangan sampai banyak aplikasi yang berjalan. Biasanya yang paling terlupa itu SMS, sampai bermega-mega bit ukurannya karena sms ini menggunakan gateway sehingga cenderung terbuka terus sewaktu ponsel hidup

      2. Kapasitas memory internal jangan sampai lalai menjadi perhatian, Kalau bisa jangan sekali-kali menginstal program game dan apapun juga di memory C. Bijaksana jika menggunakan Micro SD sebagai explorenya. Partisi juga micro sd tersebut sebagai ruang tambahan agat tidak terjadi Virtual memory low. Untuk tutorial-nya bisa dilihat di halaman ini.

      Hapus
    2. 3. Driver kameranya lemot atau rusak/bisa juga sistem configurasinya terjangkit virus. untuk mengetahui service test driver kameranya berfungsi, cobak kunjungi halaman ini.
      Pada Service test, Pilih » Main Camera test.
      Kalau masih berjalan normal. berarti cuma lemot memory saja

      4. Kalau masih nggak bisa juga, 2 hal yang bisa dianalisa adalah:
      A. Coba Software ulang dengan metode SEUS
      B. Hardrive pada modul kameranya yang rusak, ini wajib hukumnya dibongkar. baik diganti misal lensa, maupun socket kameranya kotor sendiri

      Hapus
  22. mas saya mau tanya tentang bagaimana cara menghapus semua sms di folder deleting item dengan cepat .. ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada Deleting Items »Menu disebelah kiri Tombol X toucpad »Select message »All

      Terakhir klik tombol Trash (sampah), nanti ada dialog box bertuliskan "are you sure you want to permanent delete the selected item?". Klik "Yes"

      Hapus
  23. mas ane mau tanya, ada ga whatsapp untuk Aspen, saya cari-cari ga ketemu..

    info ke yakub.rosihan.anwar@gmail.com

    makasih atas infonya ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. winmo versi 6 pada aspen tidak mendukung untuk aplikasi chatting itu mas, hanya untuk Winmo versi 7 khsusunya Nokia lumia, kan market place untuk winmo 6 udah ditutup mas. wahts app sendiri memang tidak diciptakan untuk os kelas jadul seperti aspen.

      speck aspen terlalu minim dan bisa2 lemot

      Hapus
  24. mas, cara untuk mencentang data yang akan di bluetoot ke pengguna lain gimana?? kok cuma bisa salah satu saja atau semuanya??
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk Shortcut menu » Setting» Bluetooth» Device» Add New Device. Hidupkan Bluetooth Lawan,(bisa lebih dari 1 gadget, tapi kalau kebanyakan transfer file jadi lambat) kalau semuanya sudah kedetect, lakukan otorisasi satu persatu dengan memasukkan passcode agar terhubung

      Nah, kalau sudah terhubung, tinggal proses transfer file saja dengan membuka Shortcurt Menu » File Explorer » Beam File.

      Sori, baru bisa komentar ini sekarang, Saya jarang Online ^_^

      Hapus
  25. mlm mas, saya lupa passsword hp aspen saya, bagaimana caranya untuk membuka kembali hp saya / bagaimana caranya untuk membuka hp sony aspen yang lupa passwordnya mas? trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ada cara manual. Yaitu direset. Buka penutup casing baterai bagian belakang aspen/. kemudian ambil sebatang Lidi, dan pencet tombol kecil dibawahnya bertuliskan reset.

      Kalau tidak berhasil, Lakukan dengan Flashing seperti diatas ini. Maaf baru bisa komentar ini sekarang ^_^

      Hapus
  26. menggunakan cara manual ga bisa mas ,, maksudnya d lakukan dg flasing gimana mas ,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya seperti artikel ini, siapkan kabel USBnya. Download software SEUSnya. Tinggal mengikuti arahan tutorial ini

      Hapus
  27. mas flashing ini berguna untuk ap?
    bisa bwt download game ato aplikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashing itu unntuk menguprade versi software sebelumnya ke versi yang lebih baru. Simpelnya seperti os windows pada laptop/komputer. Ada service pack 1, service pack 2 dan seterusnya.. Untuk download game, dukungan OS windows versi 6 memiliki portalweb sendiri untuk download aplikasi gratis secara online. Tapi pada akhirnya portal resminya ditutup. Untuk aplikasi dan game coba ke Getjar.com/mobile9.com

      Hapus
  28. mas, knp mau tanya nih,. knp yah aspen saya gak bisa install program yang berformat .xap , mohon pencerahan nya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. xap itu untuk windows-phone versi 7 . sementara aspen masih windoes phone versi 6. kurang lebihnya itu yang saya tahu mas

      Hapus
  29. mas, restartnya lama sekali, maksutnya berapa jam ya mas, untuk SE aspen,
    ini saya sudah 4,5 jam,setelah restart
    ini saya matikan paksa, terus tak hidupin lagi
    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm. coba direset kembali dengan menekan tombol soft-reset dibelakang penutup baterai (copot casing baterai, akan ada tombol kecil brwarna kuning. tekan dengan lidi). usahakan memory micro sd dilepas sewaktu flashing

      Oh ya, kira-kira langkah flashingnya sesuai arahan diatas nggak mas? Memang loadingnya butuh waktu lama, tapi tidak berjam2 seperti yang anda katakan. Asal sewaktu proses loading berlangsung, jangan sekali-kali menyentuh tombol apapun. Terlebih lagi jika sampai mematikannya secara terpaksa. Instalasinya tidak berjalan sempurna

      Alasan aspen memang lemot memang dipengaruhi oleh inti prosesornya yang cuma 600mhz-single core. jadi mau diapa-apain si aspen tidak bisa dipaksa seperti halnya prosesor yang sudah dual core

      Hapus
  30. Mas brooo udah ta coba tp balasannya Telepon Anda sudah menginstal perangkat lunak terbaru,,, bgmana cara penyelesainnya ??
    Helpppppp Meeeeee ......

    BalasHapus
  31. Mas broo udah ta coba tetep ga jadi,balasannya telepon anda sudah menginstal perangkat lunak terbaru ..
    Help Meee ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berrarti Firmware agan sudah terinstal dengan driver/aplikasi yang terbaru. tidak berpengaruh dan abaikan saja(agan boleh memflashingnya maupun memebtalkannya), selama gadget agan gak pernah bootloop, restart, dan hang sendiri, Flashing hanya melengkapi Aplikasi ROM yang belum lengkap dari versi terdahulunya.

      Hapus
  32. mas ..., ada cara nggak biar sleep mode nya nggak aktif ,jadi kalau mau standby nggak usah pencet tombol on/offnya terus ,katanya pakai oldshap dont sleep tapi nggak bisa di download ,mohon pencerahanya
    trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori baru membalas, saya sibuk Offline

      Ok, melihat troble shoot agan, coba ganti launchernya dengan yang default +Sony ericsson Panel, terus pada Communication manager Pilih Icon bergambar tombol switch - Modus, Pilih modus Phone. < jangan Modus Powersafe, maupun mode plane >

      Biasanya orang cenderung menggunakan mode power Save Untuk menghemat daya, walhasil apabila ponsel tidak dipergunakan/ pada modus stanby, cara menghidupkannya harus menekan tombol switc off

      Hapus
  33. mas, sony ericsson aspen setelah saya instal ulang sesuai petunjuk anda, kemudian muncul align screen, kemudian harus diapain lg y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. align screen berfungsi untuk menguji responsifitas touchscreennya saja kok mas, ambil stylus pen/tidak pakai stylus pennya juga gak papa). kemudian usap/ketukkan ke target yang diperintahkan, Jika tergatnya bergeser ke kiri, ikuti mengetuknya ke kiri, kekanan, ikutilagi dan seterusnya...Untuk mengakkhiri proses ini dibutuhkan waktu Kurang lebih paling lama 5 detik-10 detik mungkin akan sangat lama sampai ada dialog box baru, mas anam akan diarahkan ke panduan penginstalan sesudahnya

      Hapus
  34. MAS....aspen ane slau...."(please confirm that you wish to run off your device)" {dlm dialod box}...padahal sedang di gunakan.....tulisan tu slalu muncul and mengganggu..knapa ya?...tolong pencerahannya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada aplikasi yang tidak mau ditutup mas,sehingga membuat berat system. Coba cek task manager dengan menahan tombol windows selama 2 detik, maka akan muncul aplikasi apa saja yang berjalan (posisi tombol disebelah kiri tombol space) jika ada aplikasi yang berjalan lebih dari 1 MB, mungkin saatnya mas harus meng-kill nya dengan tekan X pada layar

      Hapus
  35. sony ericsson X2 saya,, udh pk seus. tdnya kl d hidupin cm muncul tulisan sony ericsson aja. skg udh bs idup,, tp kamera jd gda,, knp yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas, baru balas komentnya sekarang. kalau menggunakan metode flashing namun kamera gak mau jalan, bisa disinyalir hardware kameranya. Flashing sendiri hanya mencakup softwarenya saja. Kalau boleh tahu, problem kamera seperti apa ya?

      Hapus
  36. di menu utama gda gambar kameranya mas,, trs tombol kamera di pencet jg kamera ga klwr.. jd mw foto ga bs sm sekali????? tdnya x2 sy kl di nyalain cm ada tulisan sony ericsson aja,, kira2 seminggu yg lalu sy pk seus,, bs normal lg,, cm ya itu kamera jd gda sm sx?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipe hpnya sampean seri X2. Apa sewaktu diflash, sudah sesuai dengan tipe hp yang diflash? Ya ini untuk meyakinkan saja. Namun sebelum diflash, mas andre copot kartu sim, kartu memory eksternal juga harus dicopot. Coba untuk diflashing lagi dan jangan kuatir rusak asal metodenya sesuai. Kalau hasilnya masih tetap sama, mungkin masalahnya ada pada hardware kameranya sendiri alias harus ngebongkar komponen kameranya barngkali ada jalur yang putus/ memerlukan penggantian chipset kameranya.

      Sayang, saya sendiri belum pernah pegang Sony X2. Saya akan coba tanya ke teman yang pernah memilikinya

      Hapus
  37. hp sy sony ericsson x2 mas. pas pk seus udh sy pilih sony ericsson x2 jg.. nt sy coba pk seus lg. mksh mas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, kalau problemnya sudah fix. Silahkan kembali kesini yua :P

      Hapus
  38. mas saya dah coba prosedur diatas tapi pada tahap dihubungkan dengan USB PC, PC langsung Hang. itu kenapa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tahu Kompinya sesuai yang diatas ndak mbak?
      clean dan Defrag dulu komputernya, karena menjalankan SEUS akan terasa lebih berat

      Hapus
  39. salam, phone aspen saya sudah lama tak digunakan, saya cuba mahu hidupkanya semula, tapi bila disambungkan ke charger, hanya keypad saja yang berkelip2. apa ini masalah pada batery atau phone saya sendiri udah rosak? sebelum ini, phone ini kerap 'hang' sebab itu saya biarkan dalam stor aja. harap dapat membantu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lepas saja micro sdnya, Kemudian Master reset dekat menekan tombil kuning dengan lidi, letaknya dibelakang casing baterai

      Hapus
  40. siang gan..
    mo nanya nih, cara download and install whatsapp, wechat, dll di aspen M1i tuh gmn caranya yah?

    BalasHapus
  41. siang gan..
    mo nanya nih, cara download and install whatsapp, wechat, dll di aspen M1i tuh gmn caranya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sony Aspen Tidak bisa diinstall Whatsaap dan Wechat mas

      Hapus
  42. Siang mas, mau nanya. Hape SE aspen saya udah lama ga di pake, begitu dihidupin, tombol2nya ga mau jalan. saya udah reset, tapi setelah reset klo negtik sms hanya tombol huruf yang bisa jalan. tapi klo lama kelamaan, hanya tombol angka yang bisa jalan... tu gimana ya mas? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sebelumnya telah pasang kartu memori tambahan ya?...
      Kalau iya, Coba mbak restart hapenya dengan terlebih dahulu mencopot Kartu memory

      Hapus
  43. mas kalo wifinya tiba2 ilang cara memperbaikinya gimana ya?
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sinyal yang lenyap atau anda posisi anda yang terhalang sehingga peringatan Wifi tidak muncul?

      Coba beralih ke tempat yang paling dekat dengan jangkauan Wifi, kalau notifikasi belum muncul, tinggal flashing saja seperti cara yang tertulis diatas

      Hapus
  44. sinyalnya lenyap terus di setting juga wifi optionnya disabled
    udah saya flash kaya diatas,flashingnya sukses tapi wifi nya tetep ga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah masuk menu › SettingConnectionWi-FiMenuTurn on Wifi ...?

      Hapus
    2. option wi-fi nya ga ada
      kalo hardware belom saya cek,cuma ko tiba2 ilang
      padahal saya jarang pake wi-fi

      Hapus
    3. hmm, saya baru lihat troblenya seperti itu, bisa lihar screenshoootnya seperti apa ya. Kok bisa Optionnya gak ada?

      Hapus
  45. mas mau tanya nih,
    saya uda flashing ulang dan sukses sampai akhir, tp waktu dinyalakan koq cuman muncul logo sony lalu mati lg nyala lg dan mati lg, bgtu seterusnya semacam bootloop, itu ngatasinnya gimana ya mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin itu bootlop, apa bukan LCDnya, mungkin socketnya kotor,?atau hardare yng lain sedang bermasalah, misalnya IC power yang terhubung ke konektor baterai..kalu softwarenya sukses tanpa terkendala, berarti ada komponen lain yang perlu di periksa mas

      Hapus
  46. Gan, apakah OS windows mobile 6.5 profesional pada Aspen M1i sudah OS yang terbaru? Bisakah diupgrade ke windows mobile 8.1? Sama nggak windows mobile dg windows phone?
    Kalo dijawab tolong diemail ya Gan. Email sy : nasrhoel@gmail.com

    BalasHapus
  47. gan, align screen trus tak ketuk pake stylusnya luaaaammmmaaaa banget gak loading2.... smpai tangan ini lelah mas. kira2 apanya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk usah pake stylus mas, diikuti saja pake sentuhan jari. Kalau lama nggaknya loading, itu sudah umum kok mas, biasanya saya juga nunggu sampai 10 menit, . Kalau lebih dari itu berarti ram iternalnya udah penuh. ujungnya minta diflash juga

      Hapus
  48. misi mas. tolong bantu saya, ini menu wifi saya kq gk ada.. di setting>connection cmn adanya network card, saya kirain wifi itu soalnya lmbng nya sama, mohon di bntu ya mas,,

    BalasHapus
  49. gan cara nonaktifkan internet sony aspen gimana ya?
    nih disamping sinyal ada tulisan 3g terus
    takutnya malah nyedot pulsa nih hp tanpa dipakai online

    BalasHapus
  50. Gan,, tolong HP saya Eror,, ketika awal dihidupkan keluar logo terus tdk bisa proses ngeblank hitam,, gimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diflash aja pake PC companion,pastikan dapat update yang terbaru. setelah itu "pilih how to update", kalau hp agan aspen, pilih di menu hp yang lain. (maaf, saya agak2 lupa cara ini) coz udah jarang eror hapenya

      Hapus
  51. mas hp saya aspen tak kasih sandi huruf ''menunggu1'' tp pas mau dibuka kok tampilannya angka ya mas... trus qwerty nya gak aktif . itu gimana caranya ya mass.??

    BalasHapus
  52. cara diaatas sudah dialihkan ke PC sony companion bagaimana cara terbarunya flash, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus instal Rom via CWM mas, alias disuntik firmware baru. Jadi intinya begini. Aspen ntuh nantinya di isntal OS yang sama dengan standart pabrikan, namun untuk mendapatkan Firmware Aspen ini, harus nyari firmware mentahnya dulu lalu diinput pake kabel data dgn tambahan aplikasi. saya masih nyari-nyari di forum XDA developer juga belum nemu tuh firmwarenya

      Hapus
  53. Klw softwarenya gk trdekeksi,gmana mas,saya pakai PC sony companion,stelah dihubungkan ke pc,softwarenya gk terbaca,,tlong bantuanya mas,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sebelum mau dicolokin, kita disuruh menahan tombol switch off + volume down secara bersamaan, pastinya koneksi internetnya juga harus aktif. apa sudah melewati proses ini mas?. punya saya juga pernah gak terdeteksi, tapi setelah ngikuti arahan modulnya ternyata seperti itu

      Hapus
  54. gan, gmna cara keluar dari align screen sony ericsson M1i..?

    BalasHapus
  55. Mas, hp sony aspen m1i saya kan layar sentuh ny rusak, lalu hpny dalam posisi terkunci, bagai mna cara membuka hp ny dengan mode manual, tolong d bantu mas.

    BalasHapus
  56. Mas, hp sony aspen m1i saya kan layar sentuh ny rusak, lalu hpny dalam posisi terkunci, bagai mna cara membuka hp ny dengan mode manual, tolong d bantu mas.

    BalasHapus
  57. masi update gk ni mas ny ya..mas se aspen saya kalo dinyalain cuma getar doang gk bisa hidup..itu gmn y mas.mohon bantuan ny dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma butuh disoftware saja kok mbak. Berhubung original firmwarenya udah keduluan dihapus hosting karena file tersebut saya simpan di drive milik ziddu. Dan Offical firmwarenya belum nemu mbak. Mungkin kalo ada senggang waktu, saya update kembali. maaf sebelumnya

      Hapus
  58. Gan,sony aspen ku lupa password.itu cara ngatasinnya gimana ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba factory reset dengan menekan tombol reset menggunakan lidu pada body belakang. setelah membuka casing batere, anda akan menemukan tombolnya

      Hapus