Blogermie.com: Setting Internet Modem Sony Ericsson Aspen

20 Desember 2012

Setting Internet Modem Sony Ericsson Aspen

Bagaimana membuat Hp sony Ericsson Aspen menjadi modem?

Kemarin, pertanyaan ini sempat mencuat melalui sebuah keyword yang mampir melalui Blog ini. Lewat laju statistik yang berawal dari peramban Google, akhirnya saya memutuskan untuk membuatkan Tutorial Internet Modem Ponsel Sony Ericsson Aspen.
Perlu untuk dikaji kembali. Walaupun Sony ericsson Sudah dibekali kemampuan Thetering menggunakan Wifi, sebenarnya Ponsel atau handphone bisa juga berjalan di jaringan HSDPA. Ini merupakan cara tersendiri yang bisa dimaksimalkan pengguna sebagai modem / koneksi internet apabila kita sangat kesulitan mengakses internet melalui Hotspot Gratisan.

Terutama yang masih mengandalkan Jaringan GSM All Operator, seperti Indosat,simpati AXIS,dan XL, tidak ada salahnya menggunakan layanan paket data Unlimited All operator maupun berkuota yang notabenenya sekarang jauh lebih terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah.

Nah, Kali ini Admin akan membahas langkah-langkah penggunaan Ponsel / HP Sony Ericsson Aspen sebagai koneksi internet dan Modem.
Pertama-tama, daftarkan dulu Paket data Internet unlimited sesuai kartu provider yang kalian Miliki. Tutorialnya bisa dilihat di Halaman ini

Catatan: Jangan menggunakan Internetnya dulu sebelum langkah dibawah ini usai dilakukan.

  1. Buka menu windows di Ponsel kalian, kemudian pilih » Setting » Connection
  2. Dari » Connection, kita akan diarahkan ke menu baru, Klik » Ready to Run
  3. Dengan Ready to Run, Secara otomatis setingan GPRS dan MMS akan dikirim server Provider untuk mengatur ulang APN (Acces Point Name)tiap pelanggan biarpun kita mengganti Kartu SIM yang berbeda-beda. Gunakan selalu metode ini jika kalian memaksakan diri berganti-ganti nomer seluler.
    Klik » Start to Download and Set. Tunggu beberapa saat sampai ada dialog box settingan APN berhasil dikirim.
    Jangan tanya biayanya. Karena sifatnya Gratis, dan tidak akan menguras pulsa kalian
  4. Jika nantinya ada dialog-box bertuliskan bahwa settingan GPRS berhasil. Langkah kedua adalah persiapkan kabel USB bawaan Sony Ericsson Aspen dan hubungkan segera ke PC.
  5. Jika diawal metode Connet USB Sony Ericsson Aspen ke PC menggunakan Active Sync berhasil terinstall. Maka akan ada Sreen layer seperti gambar dibawah ini.


    Pilih Mode » Disk-drive.


    Ini bertujuan untuk menggunakannya sebagai modem dengan tetap memberikan suplai daya.
    Karena pada mode ini, kabel USB tetap berfungsi sebagai Recharge baterai.


    Jika kalian menggunakan Mode » Active Sync, biarpun menjadi ponsel sudah dapat mengakses internet dan berubah menjadi Modem, otomatis Suplai daya akan terhenti
  6. Kembali ke menu Ponsel kalian, perhatikan Icon menu »Internet Sharing. Disinilah kita akan menghubungkan dan memutuskan Laju koneksi internetnya
  7. Lihat pula deskripsi. Usahakan kondisinya sesuai dengan setingan awal ketika kalian menyetel setingan GPRS dan Account MMS provider melalui petunjuk
  8. Klik/touch Tombol Connect. Maka tampilannya akan seperti ini

OK. Sekian dulu Tutorial Setting Sony Ericsson Aspen menjadi modem. Jangan sering-sering ya, kalau baterai ponsel kalian ingin cepat awet. Biarpun ini hp bisa berfungsi ganda. Lebih baik memepersiapkan Modem tersendiri jika tidak ingin ponsel kalian cepat jebol.

Semoga membantu dan salam Rukun
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 12/20/2012 04:49:00 PM

1 komentar: