Blogermie.com: Menjinakkan Naluri "Kesetrum", 2 Pulau Terlampaui

08 Januari 2013

Menjinakkan Naluri "Kesetrum", 2 Pulau Terlampaui

Menjinakkan Naluri untuk kesetrum! Why Not?

Melihat judul diatas, mungkin sebagian besar pembaca blog ini berpikir bahwa penulisnya gila.
Nggak gila bagaimana.! mana ada orang yang berani berduyun-duyun tewas seketika merelakan diri kesetrum. apalagi bersentuhan langsung dengan listrik.

Memang, tidak ada satupun manusia didunia ini yang ingin mati konyol dengan mengakhiri hidup dengan kesetrum. Tetapi saya rasa lumrah jika seumur-umur aktivitas harian, Selagi bersinggungan dengan instalasi listrik, maka seiring waktu pula orang tersebut beresiko tersengat listrik.

Secara fisik, Arus listrik dibedakan menjadi dua, yakni arus listrik kuat, dan arus listrik lemah.
Arus listrik kuat umumnya bertegangan tinggi, biasanya berdaya voltase tinggi, dan sering kita jumpai pada instalasi pabrik, kelistrikan Mobil/,dinamo starter, dan Genset. Sedangkan Arus lemah berukuran Mikrovolt sering kita jumpai pada peralatan rumah tangga seperti Mixer listrik, Kipas angin, Blender, Radio Remote Control.
Baik listrik arus lemah, maupun listrik arus kuat, kedua-nya wajib untuk kita waspadai karena apabila terjadi konslet diantara keduanya, bahaya pemicu kebakaran bahkan kematian dapat mengancam sewaktu-waktu.

Memang sih, kosakata "kesetrum" akan membuat siapa saja "merinding disko" jika mendengarnya. Tapi tidak lantas menjadikan kita phobia terhadap semua peralatan listrik yang kita pakai.
Terlebih bagi yang merasa dirinya Pria, Cowok macho, Suami, Mr Gentleman, sudah seharusnya mendidik dirinya sendiri menjadi Figur multitalenta (harus serba bisa) dalam urusan instalasi rumah.
Anehnya, Yang sering saya dengar mengenai apriori miring dari seorang pria adalah: Jika pria sudah sibuk dengan 1 profesi, merasa gengsi adalah jawaban akhir yang pada akhirnya menuntun mereka mengabaikan prioritas yang seharusnya sunnah untuk dikuasai, Terutama instalasi rumah tangga.
Maaf-maaf kata saja nih ya, kalau seumpama penerangan di lampu teras rumah mati, apa kita harus selalu memberdayakan jasa para teknisi listrik? Toh yang mati cuma lampu bohlam saja. Masa ganti lampu bohlam saja gak bisa? Walaupun ada batas tertentu jikalau secara kemampuan dan pengetahuan mengenai listrik memang dirasa kurang, barulah kita menggunakan jasa mereka sembari belajar.

Bahkan yang lebih parah adalah, bermacam-macam alasan ekstrem yang menjadikan azas kesetrum adalah kesalahan tidak mutlak terdapat pada Alat/perabot rumah tangga yang dipergunakan kurang memadai dan minim kualitas.
Padahal beberapa kasus membuktikan (termasuk saya) kesetrum adalah murni faktor kecerobohan manusianya. Baik itu secara infrastruktur, safety, maupun kurangnya pemahaman tentang listrik itu sendiri.
Kalau timbul stigma berupa: Alatnya/perangkat yang digunakan untuk listrik kurang memadai/jelek..eits, tunggu dulu!, Akan saya bahas pada paragraf berikutnya

Jika pembaca blog ini adalah makhluk berjenis gender pria, Sudi kiranya meninjau kembali instalasi kelistrikan dirumah anda demi menjaga kenyamanan bersama.
Umumnya penataan instalasi kabel listrik yang kurang baik, dapat memicu kesetrum bahkan konsleting listrik. Dengan memperhatikan alur tiap bypass kabel listrik dari PLN, akan lebih afdol memperhatikan beban daya dari tiap-tiap perabotan listrik yang dipakai selama ini.

Berikut ini adalah bahan dan komponen listrik yang wajib ditinjau secara berkala. Mengingat masa pakai tiap komponen listrik dibawah ini juga mempunyai batas waktu penggunaan:

  • Kabel Eterna 2 Fasa
Kabel ini umumnya dipakai secara umum ditiap instalasi rumah tangga. Berwarna putih susu dan relatif kuat, selama tidak terlalu sering terpampang sinar matahari, dan selagi tidak berada di lingkungan yang basah (terendam air) karena umumnya kabel ini hanya untuk instalasi indoor, jadi tidak perlu terlalu cemas. Namun yang wajib diwaspadai adalah terhadap hewan pengerat seperti tikus. Kecenderungan tikus untuk menggerogoti kulit luar kabel ini bisa mengakibatkan kabel listrik mudah terkelupas atau terbuka. Jika, anda mengetahui hal ini dengan, dimohon segera dilakukan penggantian kabel atau tutup bagian yang terbuka dengan isolator yang tidak menghantar listrik seperti solasi, lakban, dan lain sebagainya

  • Colokan/steker
Colokan listrik/steker seringkali menjadi musabab terjadinya konsleting, bahkan bisa berujung kebakaran. Bertindak secara berlebihan dengan menumpuk-2 steker dalam 1 lubang dapat memicu lompatan bunga api sehingga dengan mudah membakar plastik alat listrik. Lebih aman apabila 1 Stop kontak listrik dipergunakan maksimal 2 beban.
  • Stop kontak
Stop kontak banyak jenisnya, Baiknya memilih Stop Kontak yang berstandart SNI guna menanggulangi panas berlebih. Kualitas logam yang dipakai sebagai elemen isolator Stop kontak berkualitas baik akan menjamin ketahanaannya biarpun dipaksa mensuplai daya lebih besar. Contoh penggunaan Stop kontak Pada pompa air dan Kulkas

  • Fuse/sekering
Jika sedang dalam keadaan terpaksa memperbaiki jaringan listrik, renovasi rumah, perbaikan alat-alat atau perangkat listrik, sebagai langkah awal keamanan,pastikan dulu mematikan/melepas fuse ini. Fungsi Fuse ini hampir sama dengan Relay yang berfungsi menghubungkan aliran listrik PLN ke pengguna untuk sementara dan berjaga-jaga apabila ada tegangan kejut tak terduga.

Seiring perkembangannya, sekring manual (yang terbuat dari Fiber) sudah tergantikan dengan Sekring otomat yang sudah dilengkapi relay didalamnya. Untuk pengaman terhadap diri sendiri, senantiasa membekali diri dengan tespen, dan selotip ya. Jangan lupa pula memakai sandal apabila bersinggungan dengan listrik

  • Fitting
Seiring waktu, tempat sebagai dudukan lampu ini tidak terlalu banyak bertransformasi, paling banyak terletak pada design yang terkesan mewah. kerusakannya juga relatif, hanya sebagian besar pengguna mengeluhkan knop fitting yang mudah rapuh. Cuma sebagai wawasan saja apabila hendak memasang fiting baru + lampu baru, Belilah yang berkualitas baik dengan tidak terlalu keras mengungkit knop yang terdapat di bibir dalam fitting agar kutub elektroda pada lampu dapat bekerja dan berpijar sebagaimana semestinya

Safety dan kerapian adalah Finishing yang baik:

Kalau sudah sampai tahap ini, berarti anda sekarang sudah tampak selangkah lebih maju. Penilaian Akhir yang menjadikan hasil jerih payah sendiri tidak tampak sia-sia adalah rasa puas. Bukan itu saja, yang patut menjadi tauladan dalam hal renovasi instalasi listrik adalah kerapian dan keamanan. Tidak seperti merapikan Kamar tidur anak dengan segera, lalu selesai begitu saja. Instalasi listrik rumah tangga membutuhkan ketelatenan karena sifatnya permanen awet dan berkesinambungan untuk masa yang akan datang. lebih mirip dengan interior rumah.

Anda mungkin tidak ingin di cap sebagai "kemproh" oleh tamu apabila ternyata masih banyak kabel-kabel berseliweran tanpa jelas kemana ujungnya. Dari segi keamanan, pemiliknya harus dituntut piawai "menyembunyikan & merawat" kabel-kabel berbahaya ini dari diri sendiri dan dari jangkauan anak-anak ini agar menciptakan rasa aman dikemudian hari. Teledor sedikit saja, kesan berantakan dan Celaka-lah resikonya. Maka adil rasanya jika saat ini mulai banyak bisnis alat listrik berceceran menciptakan produk/bahan yang bukan sekedar aksesoris dan sanggup menunjang keamanan (safety) bagi pengguna, protecttive untuk alat listrik itu sendiri. semisal T-Dos, Kabel tray, Protector, Paku klem dsb

Selain berguna sebagai merapikan. 4 bahan listrik tersebut berfungsi sebagai pelindung dari cuaca dan binatang pengerat.
Suhu rungan dan kelembabab udara ditengarai dapat mengakibatkan alat listrik mudah ter-korosi. Biarpun bahan bakunya bukan murni tembaga (alias sepuhan), ada baiknya membungkusnya dengan kabel tray, selain lebih tertata rapi, Bagi rumah yang sering disatroni tikus, maka terhindar dari kabel terkelupas dan rusak. Ditanggulangi sejak dini dengan memasang Protector didalamnya adalah jawaban yang cukup membantu.

Berikut ini beberapa tips merapikan kabel listrik disekitar rumah anda:

  1. Jika anda ingin berbagi pararel lampu dengan menggunakan 1 saklar, ambil titik poros ruangan yang terdekat sebagai bypass, sebagai lajur persimpangan pararel dan sumber listrik. Pergunakan T-Dus sebagai wadahnya dan jangan lupa menutup sambungan kabel dengan Heatshrink
  2. Pemasangan Saklar lampu dan Stop kontak baiknya berdekatan. Terutama untuk instalasi ruang tamu dan kamar tidur
  3. Baik pemasangan kabel instalasi horizontal dan vertikal, Agar tidak goyah, sebaiknya paku terlebih dahulu kabelnya dengan menggunakan klem, jarak ideal antar klem adalah 20-30 cm, tergantung diameter kabel. Makin besar diameter, pemasangan paku klem seharusnya makin rapat.
  4. Untuk ruangan, usahakan selalu menarik arah kabel dari sudut pojok atas hingga kebawah karena tampak rapi jika dilihat dari luar (tampak rapi jika ditutup dengan kabel tray/protector)
  5. Jangan membiarkan ada kabel yang tergeletak diatas lantai. Guna mencegah kelembababan/banjir, sebaiknya paku dan rapikan kabel tersebut didinding dengan jarak kurang lebih 10 cm dari permukaan lantai
  6. Jika ada fasilitas Kabel Roll, alangkah baiknya digulung beberapa meter saja. dan letakkan di kolong atau tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak

Nah, sekarang yang menjadi permasalahan ialah, sulitnya membedakan kualitas alat listrik yang berkualitas dengan produk murahan.
Dewasa ini muncul beragam alat listrik impor yang notabenenya lebih murah ketimbang alat listrik lokal. Walaupun Secara fisik dan fungsionalitas alat listrik impor punya peran yang sama, Tapi kalau bicara kualitas dan safety penggunanya, jangan terlalu yakin dulu. Karena saya yakin akan ada selisih, biarpun 0,008 %. Tidak semua produk lokal baik yang dalam negeri atau Home industri itu berkualitas buruk.
Pastinya Anda tidak ingin kesetrum harga alat listrik yang mahal dan tersesat jika ingin mencari produk alat listrik asli berkualitas berlogo SNI

Jika hal itu menjadi keluh kesah anda selama ini, OK, jangan diambil pusing. karena kali ini saya akan benar-benar menunjukkan dimana anda semua bisa berbelanja semua kebutuhan alat listrik tanpa takut tergores mutu.

Melalui sebuah toko online yang bergerak di bidang Bisnis Alat Listrik. Indolistrik.com berani menjawab semua kebutuhan suplai alat listrik anda.
Selain menjual bermacam-macam produk elektrical rumah tangga, disini akan banyak ditemui produk-produk Maintenance berskala besar sesuai kebutuhan listrik anda seperti UPS, Penangkal petir, Kabel Ground, transformator(trafo), Panel Box, Water-treatment, bahkan sampai Mekanik peledak dijual disini (not for terorism retail!).

Seketika berkunjung di Indolistrik.com, mengingatkan saya pada pelajaran sejarah (waktu SMP) pahlawan kolonial india. Seorang Mahatma Gandhi yang membawa revolusi swadeshi guna memajukan produk-produk yang berasal dari negeri sendiri.
Ini menunjukkan sebuah portofolio bahwa kualitas produk dalam negeri patut disejajarkan dengan produk manapun. Saya sendiri berani bertaruh bahwa produk alat listrik kualitas impor itu sebenarnya masih dibawah standart.
Hanya saja, sebagai penutup posting ini, masih belum tersedianya peralatan dan komponen elektronika tertentu menjadi kekurangan kecil yang semoga dapat segera dibenahi oleh pengelola toko yang masih berstatus Cooming Soon ini

Inilah yang saya sebut Menjinakkan Naluri untuk kesetrum! 2-3 pulau terlampaui


Jadi, siapa yang hari ini masih takut kesetrum listrik? Ah, saya rasa kita semua harus memulainya dari sekarang. Saya mulai berfikir bahwa besok akan membeli produk alat listrik lokal di lapak indonesia saja, meski bersebrangan jauhnya dari kebupaten tempat saya tinggal.
Lantas bagaimana dengan anda?
Judul: Menjinakkan Naluri "Kesetrum", 2 Pulau Terlampaui; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 1/08/2013 10:50:00 AM

1 komentar: