Blogermie.com: Warung Blogger, Kolaborasi Multietnik dan Multiview

24 Januari 2013

Warung Blogger, Kolaborasi Multietnik dan Multiview

Selalu ada nuansa baru jika kita mulai betah dengan kesendirian menulis, maupun blogging. Menangkar semua Ide yang kita miliki untuk kemudian dituang menjadi bentuk tulisan bukan berarti menjadikan karakter si penulis malah menjadi apatis dan membawanya selalu mengenyampingkan aktivitas sehari-hari di dunia nyata.
Terkadang, jika sampai berlarut-larut menulis, anak istri-lah yang seringkali menjadi korban perasaan si penulis, Fiuhhh....

Memang, tidaklah semua potensi yang dimiliki penulis selalu berbuah manis. Ya Mirip penggalan kalimat di atas, selalu ada yang menjadi "Victim of Reality"..

Namun yang perlu dipertegas ialah semakin cepat kita mengendalikan situasi, semakin cepat pula kita belajar menyelaraskan sebuah aktivitas. Kalau di bidang ini semua penulis sudah faham menguasainya dengan betul, imbasnya juga akan positif bagi orang yang hidup sekeliling kita. Semisal, membuat jurnal khusus untuk tepatnya berkumpul dengan keluarga.

Mementingkan sebuah kewajiban terlebih dahulu lah bahasa gaulnya, untuk kemudian diberikan sebagai hak yang patut mereka terima. Kalau sudah lolos Uji kompetensi ini, maka inilah yang disebut Berkah Seorang Blogger dimata keluarganya

Kita akan dengan leluasa melakukan apa tuh yang namanya Blogging, bebas tertegun menyemangati diri sendiri dan orang lain, bebas facebook-an, dan bebas bercengkrama dengan orang-orang asing didunia maya mudah menjalin persahabatan di dunia maya.
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Sebenarnya tidak ada yang penting pada tulisan ini, karena pada intinya saya cuma ingin berbagi kesenangan menjadi seorang Blogger, khususnya yang sering mangkal di dunia maya.
Cara mendapat kesenangan tergantung darimana sebuah pergaulan kita peroleh. Dengan iktikad baik mencari kawan, Rajin berceloteh, dan pandai memikat hati orang lain, niscaya Gelar seorang blogger Bersahaja pantas diraih bagi siapapun tanpa pengecualian

Untuk menyandang gelar blogger bersahaja sebenarnya cukup mudah. Jika para pembaca mau memupuk semangat bersahaja dalam mencari teman siapapun, kapanpun dan dimanapun. Tonggak awalnya adalah bagaimana cara kita untuk menempatkan diri. Prioritas ini berlaku di manapun, termasuk Langkah selanjutnya seorang blogger mencari Grup facebook maupun bergabung melalui Forum media.

Dan apabila pembaca ada yang setuju dengan apriori saya, Mungkin inilah saatnya bagi pembaca memulai babak baru membina rumah tangga pencitraan yang kuat sebagai penulis. Dengan Menginjakkan kaki di warung blogger, disini-lah hal-hal baru tentang menulis diajarkan secara estafet. Satu-satunya forum yang menjembatani blogger untuk selalu bertindak sesuai tutur kata dan tingkah laku manapun agar mudahnya saling berinteraksi dengan blogger yang lain. Tanpa unsur Individualisme, kita akan diajarkan arti berbagi dan terhubung dalam kebersamaan

Sebagai blogger berketurunan jawa, mendengar nama Warung blogger, Saya seolah dihadapkan pada kemasan warung yang identik dengan panyajian Khas Kopi. Ibarat mencium Aroma Kopi hangat yang di seduh pagi hari, pastinya bagi siapapun yang menghirup, akan segan menghampiri sumber aroma tersebut berasal.

Terlepas apapun yang nantinya akan dibeli oleh pengunjung warung tersebut bukanlah Kopi, tidaklah menjadi sebuah permasalahan, karena sejatinya warung yang ramai pengunjung bukan karena khasnya makanan-minuman yang disodorkan, melainkan kenyamanan dan rasa kebersamaan yang berpendar di dalamnya. Bagaimana tingkat kerukunan penghuninya, bagaimana pula antusias keadaan warung itu sendiri, dsb. Walaupun tak dapat dipungkiri, menjajakan minuman dan hidangan lain hanyalah sebuah bentuk pelengkap sebuah warung. konsumen bebas memilih.

Warung Blogger

Berkilah sebuah Warung mahal, tidak ada satupun kamus yang menyebutkan "Orang kaya yang wajib singgah" sebagai pembanding bagian Warung Blogger. Karena pengunjungnya di-pukul rata (sampe bonyok :D). itu terbukti setelah saya mengajukan diri sebagi member baru di warung blogger. Tidak ada Tuh yang Namanya "POLICE LINE, YOU BETTER NOT CROSS. Hanya beberapa menit, akun saya di langsung Approve.

Pernah suatu kali saya ikut mendaftar di sebuah Perkumpulan blogger yng hampir mirip (Red:Katanya kurang personal gitu). Saya anggap itu sebagai pelajaran dan saya terima lapangan dada)

History
Cukup testimoni, saatnya saya review sedikit mengenai Warung Blogger.
Seperti halnya warung kopi di tepi jalan, Gontai terhempas angin dari seutas benang harapan, tidak ada satupun sebuah warung kopi yang langsung sukses dan menjadi kafe, Semuanya juga dari nol, Tidak pula dibiarkan melompong tanpa pengunjung. Strategi khusus pastinya sangat dibidik betul oleh pemilik warung dengan menghadirkan Kopi dengan kemasan baru, dan cita rasa baru seperti baik kopi luak, Kopi Torobika, Kopi Susu, Kopi Jahe dsb.

Demikian pula dengan pendiri warung online berkumpulnya komunitas blogger ini. Namanya +Essip, seorang Backpacker asal jombang. Mulanya beliau tidak berfikir panjang jika Komunitas kecil-kecilan tersebut akan seramai sekarang ini. Biarpun dulunya seutas benang rajutannya masih kusut :D, tapi puji syukur berkat kerja kerasnya , kini beliau sudah bisa menikmati pabrik pemintalan benang kesuksesannya seperti sekarang ini

Btw warung blogger dulunya juga sebuah warung suka-suka. Tonggak berdirinya warung blogger ini berdasarkan reka ulang teman seperjuangan Mas Essip yang aseli keturunan jawa, berkolaborasi dengan mbak Jumialely mas Fendik, mas Prima dan mbak Lidya membentuk sebuah Wadah pertemanan di Facebook.
Hingga disuatu masa, Warung blogger berhasil menjulang tinggi hampir menyaingi Idblognetwork (Idblognetwork segmen bisnis). Saat ini Warung Blogger menjaring lebih dari 2000an follower disebuah situs jejaring sosial Twitter

Jika ada yang merasa butuh informasi untuk bergabung, silahkan persiapkan akun twitter kalian dan baca panduannya halaman ini:
https://www.facebook.com/groups/warung.blogger/doc/230294916982842/

Minum Kopi Sebuah Tradisi Multietnik & Multiview
Mungkin Inilah Alasan Pendiri Warung blogger mengangkat tema Kopi sebagai tag-linenya. Tradisi masyarakat etnik pulau jawa yang bertaraf sederhana menjadikan acara minum kopi terlihat sangat terlihat menghibur. Yah, ini dapat dilihat secara Etika minum kopi itu sendiri. Diluar jawa saja,  Negeri Seribu kopi di Aceh-pun tampak riuh dengan pemandangan kekeluargaan yang bersahaja

Demikian pula dengan Warung Blogger, Sewaktu pertama kalinya mendatangi warung blogger, pengunjung yang baru tiba harus bertegur sapa dengan pengunjung yang lain. Sewaktu meminum secangkir kopi-pun, penikmat kopi akan dibuat betah duduk berlama-lama sambil bercengkrama dengan orang penikmat kopi yang lain.

Sekali lagi bukan karena enaknya kopi, tetapi faktor kenyamanan berbaur dengan penikmat kopi yang lain membuat suasana warung kopi tampak sangat bersahabat. Sehingga bagi saya sendiri Etika paling santun dalam adat jawa ketika ber-warung bukanlah sekedar makan, minum, dan langsung pergi. Tapi identik dengan Cangkruk=nongkrong yang di dalamnya si pengunjung warung bisa lebih rileks, dengan pemilik warung, bahkan guyonan dengan pengunjung lainnya, tapi ya tentu didahului dengan etika berkunjung yang benar semisal memberi salam dan berpamitan.

Kafein adalah Candu warung blogger yang sangat bermanfaat
Eits, jangan salah persepsi ya...Sebenarnya saya sudah habis kata, takut Dinkes provinsi mengultimatum blog ini.
Sembari apriori positif saya berkata, biarkan saya menjelentrehkan (bahasa opo maneh) sisi positifnya saja tuh kafein.
Kafein sebenarnya berguna untuk meredakan urat syaraf yang tegang akibat stress, termasuk bagi penderita Doyan ngantuk, kafein adalah zat penting untuk menstimulunkan peredaran otak kalian. (Asal gak berlebihan)

Itu secara kesehatan saya menilai, Nah kalau kalian sudah singgah dan daftar di warung blogger cukup lama, Kafein bisa menjadi candu paling memabukkan sepanjang sejarah kalian blogging, karena di warung tersebut akan banyak manfaat kafein yang sudah di netralisir oleh pemiliknya menjadi bermanfaat:
  • Kafein Banyak teman
  • Kak perlu saya jelaskan ya, karena pembaca disini adalah orang Bedjo. Atau pembaca juga dapat bertanya dan Follow twitter resminya di https://twitter.com/Warung_Blogger
  • Kafein penyemangat diri
  • Kebanyakan pengikut disitu juga blogger, tapi yang menurut saya menjadi prioritas adalah mereka yang sudah fasih nge-Blog secara personal, Karena jika dibandingkan dengan Blog yang monohok dengan Tutorial, sangat membosankan dan cacat akan Plagiarisme. Nah kalian bisa membaca artikel yang ditafsir murni dan difrasekan oleh penulis sendiri. Blog personal adalah lahan penting kalian dalam menggali sebuah inspirasi menulis
  • Kafein menjadi terkenal
  • "lebih baik gagal setelah berjuang, daripada menyerah sebelum berperang" blogger raditya dika juga bercerita, dengan menambah perkenalan menlalui jalur media online. jadi lebih agresiflah dalam bergaul demi meningkatkan segala potensi yang dimiliki. Jangan putus asa, karena Rekan warung blogger senantiasa membangun kebersamaan bagi semua koleganya. 
  • Kafein Doorpize dan hadiah
  • Berhubung mediasi dan advertising lagi marak ditanah blogsphere, ada promo khusus yang berasal dari sponsor, bisa kontes blog/kuis yang bisa kamu pantengin disitu. Intinya kalian bisa mendapatkan hadiah cukup dengan pantengin twitternya atau lihat dihalaman ini
    http://www.warungblogger.org/program-unggulan-twitter-wb/
  • Kafein backlink
  • Backlink atau membuat link yang berkualitas memang perlu, di warung blogger memang tak ada syarat khusus merekrut member. selagi kalian punya blog, fine-fine SMO sebuah blog ditunjang pula dengan halaman yang relevan, jika kamu merasa blogmu cukup ciamik dan layak dipublikasi kamu bisa gabung di grup ntuh warung dimari
    https://www.facebook.com/groups/warung.blogger/
Baik Kafein yang saya maksud diatas juga punya efek samping, Termasuk jika kalian terlalu sering Online. Jadi saya sarankan kalau sudah terlalau sering nimbrung, istirahatlah sejenak. Selain berguna memulihkan stamina yang loyo, pembaca harus rutin menjaga pengeluaran bulanan yang tak berguna semisal Listrik, dan paket layanan data. Lha wong online terus opo yo gak butuh biaya?

Semua blogger pasti sadar diri, tak satupun manusia didunia yang ingin hidup dengan kebodohan. Biarpun secara formal dia pernah sekolah tinggi, dan pintar, bukan menjamin dia paling hebat kalau belum menyadari apa itu Arti "Berbagi"

Semoga dengan Hadirnya warung blogger ini akan merangkul semua blogger-blogger intelek dan rendah hati. Demi mampu merapatkan barisan,bukan malah merapatkan golongan.
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 1/24/2013 04:22:00 PM

14 komentar:

  1. Huaaam selesai juga mbaca artikel yang menarik ini.
    Aku termasuk member lama loo kang *Sombong dikit* :))
    Aku juga salah satu orang yang sudah kecanduan kaffeinnya warung blogger. :)

    Salam kenal buat sampean dan Kang Essip yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya terlambat mas, baru tahu nih forum juga dari tweeet...hehehe wokelah kalo begitu. salam ukhuwah :D

      Hapus
  2. Saya suka dg gelar Blogger Bersahaja itu...
    Oh ya saya belum lama gabung dg Warung Blogger. Mulai betah juga ngopi disana.
    Salam blogger, salam persahabatan selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abah sudah seperti mbah buatq, jgn segan mampir ya abah, keep posting buat tulisannya semakin menggugah

      Hapus
  3. Saya malah baru satu bulanan ini tahu warung blogger dan bergabung di dalamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu, salam berkenalan juga dengan anda :)

      Hapus
  4. saya malah belum gabung :D .. tapi udah follow follow sih sering bw ke webnya juga :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kakak, Senang berkenalan dengan blogger seperti kakak ayu :)

      Hapus
  5. Tulisannya Mas Heru ini keren sangaat.. dari kalimatnya saja sudah kelihatan kalau penulisnya kaya kosakata..
    Warung Blogger.. hmm saya juga setuju bahwa sebuah warung pertama kali berdiri harus dengan merangkak dulu. Kalau pemilik warungnya baik, rendah hati dan suka mengingatkan pengunjung jika perilakunya gak sopan niscaya berpengaruh pada kemajuan warung itu sendiri.
    Semoga warung blogger selalu menjadi warung yang di irindukan para blogger yang disana bisa meneguk kebersamaan bersama Amiin..

    BalasHapus
  6. thanks buat WB, semoga warung blogger tetap eksis

    BalasHapus
  7. wow, panjang sekali postingannya, kak. aku kenal webe sejak 2011. :)) sekarang udah banyak perubahan.

    BalasHapus
  8. Wuah keren deh. Penjabarannya jelas banget. Membuat saya sadar akan banyaknya hal positif di WB ini.

    BalasHapus
  9. Saya anggota warung blogger. Tapi berasa malu-malu gitu kalo share postingan di grup FB, beraninya cuma hashtagin di twitter doang. Itu kenapa yah? hahaha

    BalasHapus
  10. warung blogger emang tempat paling mantep buat berbagi ilmu dan menyelesaikan maslaah blog pribadi heheh

    BalasHapus