Blogermie.com: "Malin Soejoed" Penurut Yang Dikutuk Menjadi Badut

17 Februari 2013

"Malin Soejoed" Penurut Yang Dikutuk Menjadi Badut

Diafragma sebuah cerita sinetron memang membuat siapa saja dengan mudah terbawa kalut sehingga penyimak sinetron seringkali terkena negatif sindrom "Victim of reality" dan mudah terbawa emosi dinamika budaya masyarakat foedal.

Menurut data statistik telekomunikasi dan pakar telematika Roy Suryo menyatakan bahwa: tontonan seperti televisi sangat berdampak negatif dalam mempengaruhi tingkat kecerdasa seseorang dalam menganalisa suatu masalah, apabila tidak selektif dalam mencari tontonan yang baik, sangat mungkin terjadi kepribadian seseorang tersebut menjadi buruk.
Dan remaja adalah salah satu  objek yang sangat mudah terbawa suasana oleh keadaan yang demikian, maka diperlukan pengawasan yang sangat baik dari pihak keluarga termasuk dalam memilih tontonan.

Mengambil Sisi positif dari sebuah tayangan sinetron yang mendidik dan patut menjadi contoh terdapat pada film “ Laskar Pelangi “.
Film tersebut didaptasi dari kisah nyata dilema perjuangan sekelompok anak beserta guru-gurunya di sebuah SD di daerah Bangka Belitung yang gigih mengejar impian-impian mereka. Berkat segenap tekat yang ada, Ending cerita dibuat Apik sehingga sukses menggapai impian-impiannya. (Ini adalah film yang paling saya suka di tahun 2009)


Oke, berhubung sekarang zamannya sinetron anak rumahan yang santun, saya sengaja merakit sebuah kisah yang konon sangat menghebohkan dunia intertainment.
Buat ibu-ibu yang ingin anaknya durhaka seperti saya, dongeng ini halal hukumnya di copy paste atau di print untuk diceritakan kembali ke buah hati sebelum tidur. Dongeng ini juga cocok untuk segala usia atau semua umur.

Dongeng yang saya ceritakan ini juga berkhasiat untuk menambah keharmonisan berumah tangga, jika dibacakan sebelum tidur atau berangkat kerja kepada pasangan masing-masing. Sangat tidak dianjurkan membaca dongeng ini sambil melamun dan menenggak minyak rem, meskipun efek samping belum pernah terkontaminasi media.

Karena kisah ini berlatar belakang masyarakat jakarta , maka seluruh karakter dalam cerita ini diambil dari masyarakat pribumi asli, yang diantaranya adalah:
- Soejoed (ejaan lama:nama disamarkan) sebagai tokoh utama (maaf ini terpaksa, dikarenakan artis Indra L Brugman sedang kejar tayang sinetron Somad di MNC TV, jadi tidak ada yg mau menjadi peran pengganti)
- Cut Mini sebagai ibu sujud (Ini terpaksa saya kontrak, karena rencananya  syuting laskar pelangi 3)
- Dina Lorenza, Iko Uwais, Citra Kirana, dan para figuran yg dengan ikhlas masuk sini demi sekedar masuk tipi

Ok, sebelumnya pemirsa harus taat dengan peraturannya ya !!!.
  1. Tutup mata anda,ambil nafas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan(ulangi tiga kali).
  2. Jika sudah, cek kembali apakah ditempat duduk anda sekarang sedang tidak ada kepala bagian atau bos?
  3. jika ada bos segera minimize browser anda.
  4. Buat yg di warnet cek billing anda, pastikan uang anda cukup untuk kembali membaca cerita ini.

Langsung ke cerita

Pada Zaman dahulu kala dikisahkan terdapat sebuah keluarga yang sungguh sengsara nasibnya. Keluarga tersebut hanya terdiri dari seorang janda dan (sujud) satu anak cowok yang dulu dilahirkan secara prematur.

Keluarga ini sungguh miskin, miskin sekali hingga sudah lupa bagaimana rasanya makan nasi. warisan yang diperoleh ibu sujud hanyalah sarung almarhum warisan suaminya yang bau karena 3 tahun dibuat sebagai dakwah di sebuah mushola kecil di wilayah dusunnya bertinggal.
Jika pagi mereka sudah cukup senang dengan hanya memakan tiram goreng saus inggris, siang haripun hanya makan Lobster bakar lada hitam dan yang lebih memprihatinkan setiap malam mereka memakan masakan aneh bernama "Tiramissu".

Sujud yang baru sadar dirinya baligh diusia 20 tahun,merasakan bahwa hidupnya tidak mungkin monoton dengan bermain game online War Of Craft terus. Timbul tekat dari sujud untuk merantau ke negeri seberang. Tetapi niat mulia ini ditentang oleh ibunya. Ibu sujud merasa khawatir apabila sujud tidak bisa bertahan hidup dengan kerasnya ibukota, padahal untuk buang air saja, sujud masih minta ditemenin ibunya.

Sujud : "Ibu tolong izin kanlah anandamu ini merantau"

Ibu : "Jangan memaksakan diri anakku, ibu sangat tau bagaimana keadaan mu"

Sujud: merengek, "Ayola bu...!!! kita bisa kaya klo aku pergi merantau, aku cuma ingin mengikuti jejak temanku "Iko Uwais"

Ibu: "Tidak nak!!, buat apa jadi kaya, karena kamulah harta satu-satunya keluarga ini(sambil mengusap ingus sujud)" sambil meninggikan nadanya menjadi satu setengah oktaf pertanda mulai marah

Sujud: berkata hampir menangis, "Padahal sujud berharap seperantauan nanti, sekaligus mencarikan suami baru buat ibu" ...ooo so sweer #halah

Ibu yang iba berubah mimik mukanya dengan senyum simpul,"Apa kmu bilang??? ya udah kapan kamu berangkat merantau. anakku?"

Akhirnya kesempatan merantau datang juga,Dengan hanya berbekal kostum Power Ranger ditambah 1 koper berisi makeup, peralatan mandi dan sertfikat rumah, kali ini sujud sudah bertekad untuk menjadi manusia berhasil seantero jakarta dan membuktikan kepada orang-orang kolot dikampungnya bahwa dia juga bisa makmur layaknya artis ibukota.

Segala usaha menjadi saudagar sukses bener-bener menjadi jalan buntu bagi sujud. Sujud mulai berjualan segala benda atau barang yang bisa dijual. berikut adalah data statistik keberhasilan Sujud sebagai saudagar

  • Pengamen buruk rupa, tingkat keberhasilan 90%, mengingat kostum power ranger yang dikenakan sujud dibekali topeng wifi yang sanggup mengklamufasekan wajahnya yang buruk seperti bunglon. Tapi yaitu, tidak mungkin bagi dirinya membohongi ibunya terus menerus perihal pekerjaan barunya saat ini. Sehingga dia mencari batu loncatan untuk beralih profesi 
  • Jual Voucher HP, tingkat keberhasilan 40% sudah terlalu bejibun saingan, jadi sujud males nerusin
  • Jual diri, Tingkat keberhasilan 1% udah satu bulan dicoba tetep gak dapet costumer kecuali banci selebor yang menyewa jasanya hanya karena sujud piawai menjadi buruh cuci

Sujud mulai merasa gelisah dengan keadaan dirinya. Bahkan sujud berani menemui seorang ahli tarot untuk menanyakan lebih lanjut tentang pekerjaan yang cocok untuk orang yang bershio buaya darat seperti dirinya.
Dari hasil berkonsultasi dengan master tarot "Mamah Bloreng", disimpulkan bahwa sujud sangat cocok untuk menjadi seorang Agen Property.

Dengan Prinsip dan keyakinan yang teguh bahwa menjadi Agen property adalah jalan hidupnya. (masih ingat khan diawal pembuka cerita ini, sujud yang cakep berbekal sertifikat rumah mencoba untuk menjual rumah nya sendiri).
Negosiasi yang ulet dan berbelit, sujud bangga telah berhasil menjual rumah dan tanah seluas satu hektar dengan harga 1Milyar kepada Juragan Batu Bara "Bos Romlah" (Kurang Nganga...:^_^..)

Kini Sujud sejati yang sudah merasa menjadi manusia sukses pulang ke kampung halamannya tepat pada usia 25 tahun dengan kebanggaan luar biasa.

Jika dulu sujud adalah pria yang dikenal sederhana dan cenderung introvert, Sekarang sujud lebih bergaya modis, fungky Pede, gaul, Jablay dengan potongan BAJURI (Bawaan Jutek sendiri).

Cara gaulnya kinipun beda, sujud kini lebih trendy jika harus bergaul dengan cewek model PANTERO(Pantat Mentereng Se-bintaro ), KIJANG (Senggol dikit langsung kejang), XENIA (Xeksi abis nyari pesona), SANBOK (muka setan rasa Bapkpia patok). hayooo....  yang mau nambahi monggo

Tiba-tiba, moro-moro, unawares, tak dinyana, suddenly, dan beberapa kalimat preketeg lainnya, muncul seorang wanita renta yang  SNSD (sok nanya sok dabrus) ngaku-ngaku sebagai ibu sujud.
Sujud yang tengah asyik clubbing dan kongkow-kongkow sama Dina lorenza, Citra kirana, Bos Romlah dan beberapa rekan-rekan artis lainnya merasa sangat terhina.

Sujud:"Eh.. siape elo?" dengan tangan membenahi sisiran rambut agar tatanan mohawknya tidak rusak

Ibu: sambil menangis,"Aku ibumu anakku, Im your mother, you remember ?" (sambil menunjukkan foto kecil usang sujud sewaktu buang air seni)

Sujud: "What.., whats wrong !! Lihat aja mukaku, gak ada mirip-mirip nya. Kamu terlalu reot buat jadi ibuku"

Ibu: "Sujud kenapa kmu setega itu kepada ibu kandungmu. Ingat, !!...ini ibumu nak? kau akan ku kutuk..!!"
Sujud cuek dan sinis menertawakan ibunya: "Ya kutuk aja kaleee, Bentar lagi 2014. Suku maya aja ramalannya meleset kalau ada kiamat. Hari gene masih percaya kutukan? Ciyussss dechhhhh"

Ibu yg semakin kalap ingat perkataan bang haji Rhoma irama, "ohh sujud, kau sungguh TERLALU...!!!".
Ibu sujud yang bener-bener marah menangis menjadi-jadi. Marah dengan kedurhakaan anak semata wayangnya.
Ingin sekali ibu sujud mengutuk anaknya menjadi batu, tetapi Sang ibu yang sedang marah tidak ingin trend maling kundang eksis kembali ditahun ini.

Sang ibu kebingungan mencari kutukan apa yang paling tepat buat anaknya, klo dikutuk jadi orang kaya, si sujud malah semakin takabur, kalo dikutuk jelek ya sama aja gak di kutuk artinya. Dimasa-masa kebingungan itulah sang ibu mendapat bisikan ghaib dengan terpaksa memberikan kutukan paling mujarab dan sangat cetar membahana versi Syahrini.

Sujud dikutuk ibunya menjadi badut!!!!

Wew.............akhirnya selesai juga.

Berikut ini adalah penampakan Sujud tajir di usia 45 tahun  tanpa karma kutukan:

KLik >>
Latief-Sitepu
Sumber Gambar: Sumberbintang.com


Dan berikutnya adalah wajah sujud setelah 5 tahun berikutnya, Kutukan sang ibu dikabulkan Oleh Yang Maha Kuasa
KLik >>
haji Muhidin
Sumber Gambar: https://www.facebook.com/TBNH.theseries?fref=ts
Referensi: Tukang Tambal Ban Naik Haji
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 2/17/2013 10:02:00 AM

8 komentar:

  1. qmu dari dlu semasa SMP sampek sekarang gak berubah yo her, Cendekia tapi koplaknya minta ampun...hahaha..pake sinopsisnya muhidin lagi

    tak tunggu cerita selanjutnya :)
    From Secret Admirermu *SMP*

    BalasHapus
  2. qmu dari dlu semasa SMP sampek sekarang gak berubah yo her, Cendekia tapi koplaknya minta ampun...hahaha..pake sinopsisnya muhidin lagi

    tak tunggu cerita selanjutnya :)
    From Secret Admirermu *SMP*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoh sopo iki yo? -_- Pengagum rahasiwa sih boleh, tapi ojo nyepam dongg....#ngelus jidat dadi Ge-er Aku :D

      Hapus
  3. hahaha ada ada aja pakai jadi badut
    :D

    BalasHapus
  4. *ngakakGulungGulung

    hidup miskin tp makanannya lobster, tiramissu, gamenya onlen :D

    btw, tu si ibuk mengutuk anaknya krn sebel kali gak dibawain suami baru kyk janjinya si sujud pas mau merantau =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya saya tambahin sinopsisnya kaya gitu jeng, tapi takut kepanjangan ^_^
      terima kasih kunjungannya

      Hapus