Blogermie.com: Mudahnya Beli Token Listrik Prabayar dengan Mandiri Internet Banking

01 April 2013

Mudahnya Beli Token Listrik Prabayar dengan Mandiri Internet Banking

Setelah sekian lama Tutorial mandiri internet banking menganggur, Akhirnya Sinopsis tutorial berlanjut ke sesi ke 2. Token mandiri yang sebelumnya saya pakai buat pajangan, atau versi Kolot si-nyonya buat memanipulasi kalkulator, kini dapat lebih berguna untuk alat transaksi ekonomi.

Bagi pemirsa maupun hande tolan yang kebetulan menggunakan fasilitas perbankan canggih, ada baiknya menggunakan Token tersebut hanya untuk kepentingan yang bersifat urgent, Contoh bagi mereka yang sibuk dan malas bertransaksi melalui mesin Atm.

Kegunaan Token secara fungsi juga beragam. bagi para master E-commerce yang tugasnya selalu diburu aktivitas berfinansial, Sangat memudahkan dan juga sangat mujarab guna menghindari tindak pidana penipuan. terutama para hacker yang memasang jebakan key logger dsb.

Atau bagi ibu-bu yang dilanda gaya hidup beremansisapi, juga bisa memanfaatkannya untuk membeli keperluan rumah tangga yang bersifat primer seperti beli pulsa maupun membayar rekening listrik atau mempergunakan fasilitas ini untuk membayar tagihan telepon.

Ok, karena tutorial ini bersifat mendasar dan sudah uzur diketahui banyak orang, maka saya hanya akan berbagi perihal dan Cara membeli token listrik prabayar yang notabennya diperuntukkan bagi ibu-ibu muda yang cantik dan baru saja pindah rumah. Dengan meteran listrik digital sebagai agunan sumber energi rumah tangga, Tentunya cara ini sangat mandiri dengan tidak selalu mengandalkan jasa para suami yang temprament pada khususnya

Ok cekiprot.

Bumbu-bumbu yang perlu disiapkan:
  1. 1 Helai Kartu kendali Listrik prabayar
  2. 1 Ruas Rekening Mandiri dengan Saldo minimum Rp. 20.000, dan sudah pernah mendaftar mandiri Internet banking. (*Tutorial aktivasi mandiri internet banking dapat di lihat dihalaman http://www.blogermie.com/2011/10/cara-mendaftar-mandiri-internet-banking.html)
  3. Persiapkan 1 siung Token Mandiri internet. Jika belum tahu cara memperolehnya, bisa terlebih dahulu menghubungi cabang mandiri terdekat atau flashback dengan melihat halaman saya di http://www.blogermie.com/2012/01/cara-mendapatkan-token-mandiri-internet.html
    Langkah pembelian Token Listrik
    Buka website mandiri di http://www.bankmandiri.co.id/, dan pilih » Personal log in:
    Mudahnya beli Token Listrik Prabayar dengan Mandiri Internet Banking
  1. Masukkan Username dan Password yang telah dibuat via costumer service di cabang mandiri terdekat
  2. cara beli token listrik mandiri
  3. Pilih menu » Bayar
  4. cara beli token listrik mandiri
  5. Di menu dropdown, list yang tersedia akan beragam, Pilih »Listrik dan gas
  6. Pilih » Saldo rekening sesuai yang tertera
  7. Untuk pengguna meteran digital, pilih opsi » PLN Prabayar pada »Silahkan Pilih layanan dan masukkan Meter ID.
    cara beli token listrik via mandiri internet
    Meter ID adalah Identitas pengenal berupa 11 digit angka yang tertera pada Kartu kendali pengguna. Lihat pada cover depan kartu
  8. Amount, Silahkan masukkan jumlah kwh listrik dalam bentuk rupiah (*Berhubung daya yang saya pakai 900 ampere, berikut detailnya. Mohon direvisi jika salah)
    • 20.000 = 28.kwh
    • 50.000 - 72.kwh
    • 100.000 = 156.kwh
    cara beli token listrik via mandiri internet
    Siapkan token mandiri internet yang ibuk punya,dan hidupkan. Pada Chalengge Code masukkan kode yang tertera dengan mode apply 1,

      CARA MENGAKTIFKAN MODE APPLY 1:


    • Hidupkan token dengan memencet tombol merah
    • cara beli token listrik via mandiri internet
    • Masukkan PIN yang telah dibuat di kantor cabang.

      #PIN ini bersifat rahasia dan jauh berbeda dengan pasword yang ibuk pergunakan untuk log in. Jika 3 kali melakukan kesalahan memasukkan pin, Token mandiri internet otomatis terblokir.

      Setelah memasukkan pin dengan benar, ibuk akan diarahkan pada tulisan » APPLI -
    • cara beli token listrik via mandiri internet
    • Tekan tombol »1 pada token mandiri untuk mengubahnya ke mode APPLI 1
  9. Masukkan »Chalengge Kode yang tertera pada halaman website mandiri ke token mandiri internet milik ibuk.

    cara beli token listrik via mandiri internet

    # Tahan beberapa detik tombol berwarna merah hingga akan muncul key kode yang berbeda.
  10. cara beli token listrik via mandiri internet
  11. Kode yang muncul dari token mandiri intenet inilah yang kemudian harus dimasukkan di kolom website mandiri:» masukkan PIN Mandiri untuk konfirmasi (metode Appli 1). Klik "lanjutkan"
  12. cara beli token listrik via mandiri internet
  13. Gambar berikutnya (9 dan 10) akan nampak jika transaksi sukses, tinggal menyalin No tokennya saja, atau menyimpannya dalam atau siap di print out
  14. cara bayar  listrik rumah tangga via mandiri internet
  15. Selesai, dan ibuk siap beraktivitas

Semoga bermanfaat dan makin rukun ^_^
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 4/01/2013 08:30:00 PM

27 komentar:

  1. wah terima kasih gan atas infox,,kebetulan saya lagi kebingungan nyari cara transfer via internet banking, soalx di t4 ane kagak ada yng jual vocher x

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamduliillah mas. Syukurj ika tulisan ini bisa membantu dan mencerahkan bagi yang lain. Cuma mas harus ekstra hati hati merawat Token mandir, karena Token mandiri keluaran sekarang didesain biar cepet rusak.

      Hapus
  2. Makasih yah mas atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Sesuatu ya.
      Semoga membantu :)

      Hapus
  3. terimaksh infonya...lgsg praktek agan n brhsil he he

    BalasHapus
  4. artikelnya komplit,,,,,, sangat mmbantu.....

    BalasHapus
  5. awalnya lucu mas...pakai bumbu dapur segala haha... btw infonya membantu mas...

    BalasHapus
  6. Kalau melalui mandiri mobile bagaimana ya? apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas, tapi kemungkinan ada beberapa provider selular yang menyediakan layanan ini. Ada pula yang tidak, misal Axis.
      Saya pake Indosat dan kebetulan bisa tuh.

      Sebelum dapat menikmati layanan Sms banking, lari dulu ke cabang mandiri terdekat dan minta bantuan Csnya untuk mengaktifkan. Semuanya free.

      kekurangannya layanan sms banking:

      1. Transaksi sering error apabila sinyal GSM minim
      2. Tiap transaksi yang dilakukan, kita dikenakan biaya Rp.1000 sesuai tarif provider selular yg digunakan (belum termasuk potongan jika transfer uang antar bank maupun transaksi beda bank, bisa jadi ada tambahan potongan)

      Hapus
    2. Barusan isi token listrik pake mandiri mobile.. bukan sms banking... udah berhasil tulisan nya pas selesai masukkin pin. Lahh terus kok ga muncul ya nomor kode yg bwt dimasukkan ke meteran listriknya. Apakah nanti disms apa bagaimana ya. Saldo tabungan udah kepotong padahal.... mohon info nya

      Hapus
    3. Setelah masukin pin tokennya, tekan tombol 1 di token kalkulator mandiri. Tunggu dan lihat apa yang terjadi pada tampilan token kalkulator yang seharusnya berubah menjadi garis putus-putus (_ _ _ _ _ _)

      Sekarang, anda harus beralih ke website mandiri dan perhatikan betul chalenge kode yang muncul disitu. Sambil memegang token kalkulator mandiri, tanda putus-putus di token kalkulator mandiri itulah yang harus ditindas dengan chalenge kode yang telah muncul d website mandiri.

      Setelah tanda putus-putus pada token kalkulator mandiri itu berhasil diisi dengan angka angka dari chalenge kode website mandiri, TAHAN TOMBOL MERAH pada token kalkulator mandiri yang sekarang anda pegang beberapa detik sampai muncul lagi kode acak yang baru. (perhatian anda sekarang tertuju pada token mandiri, jangan lihat websitenya !)

      Sambil mengingat kode acak yang muncul pada token kalkulator mandiri (kode baru yang muncul dari proses menahan tombol merah) , sekarang alihkan pandangan anda ke website mandiri. Perhatikan kolom kosong yang bertuliskan : Masukkan 'Pin Mandiri' untuk konfirmasi (Metode Appli 1)

      Nah, kode baru (angka acak yang muncul dari proses menahan tombol merah) itulah yang harus dimasukkan di kolom kosong tersebut

      Untuk memperjelas, lihat urutan ke 8 sekaligus gambarnya berdasarkan tutorial diatas.

      Dicoba dulu asal pelan-pelan. Biar gak ragu-ragu pula, sebaiknya urutan demi urutan tutorial ini wajib diperhatikan dengan seksama.
      Lagian semakin anda ragu, makin bingung sendiri dan membuat anda semakin tidak tahu.

      Jangan kuatir, selagi prosesnya salah terus-menerus, saldo rekening tidak akan terpotong.

      Kalau cemas apabila nomor token listriknya hilang, belum dicatat, atau bahkan belum sempat di print. Salinan laporan transaksi masih bisa dilihat di email yang anda pergunakan sebelumnya, saat dulu mengaktifkan akun mandiri internet di kantor cabang

      Hapus
    4. tidak mungkin kalau nomor token listriknya tidak muncul, kecuali:

      1, langkah awalnya sudah salah kaprah
      2. saldo rekening kosong
      3. cara ini hanya bisa diterapkan menggunakan laptop/komputer desktop yang terhubung dngan internet. dan tidak bisa menggunakan cara sms banking. SMS banking hanya memenuhi kebutuhan transaksi dalam bentuk transfer uang alias saling kirim kirim uang antar bank maupun beda bank.

      history transaksi dan salinannya akan dimunculkan dalam bentuk notifikasi/balasan melalui email, lengkap disertai nominal, kode token, voucher game dsb

      Hapus
    5. Saya baru mengalami mas, transaksi berhasil tapi dak dapat no token. Saya jga di email, tetap dak ada no token, kemudian saya tlp 14000, no token memang tidak ada katanya. Trus saya di suruh menghubungi 14000 lagi beso hari diataa jam 4 sore.

      Hapus
  7. gimana untuk mendapatkan no tokenx,berhubung sy sudah melakukan transaksi lwt internet banking mandiri dan berhasil, tp sy lupa menekan tombol cetak/simpan. jg g sempat liat no tokenx. berhubung sy baru melakukan transaksi via internet banking mandiri utk yg pertama kalix. mohon infox tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik print out maupun data transaksi, bisa dilihat melalui email/ Semua pemberitahuan akan muncul disitu kok mas.

      Mas pastinya ingat waktu mendaftar/mengaktifkan internet banking, tentunya didahului menggunakan email yang valid sebagai tanda kepemilikan akun. Sbg tindak jaga-jaga, amankan dan rawat akun email yang telah diinterintegrasikan dengan perbankan manapun

      Semoga membantu :)

      Hapus
  8. setahu saya jml kwh selalu di bawah nominal rupiah....misal 20.000 = pasti di bawah 20 kwh (kalo gak salah 17,..). mtrnwn info nya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, jumlah total keseluruhan ditambah ppn :)

      Hapus
  9. Bank Mandirinya korupsi ya OM ??? Ane pernah di sodorin Struck pembayaran token dari Bank lain oleh pelanggan ... Untuk Pulsa 20.000 di Bank lain di kasih 27,2 Kwh ... Di Bank Mandiri kenapa 24,8 Kwh . Knapa bisa beda ya ???

    BalasHapus
  10. Tiap Bank punya Aib masing-masing yang dinamakan "ketentuan", ketentuan ini yang kadang samar-samar dan hampir gak diketahui masyarakat awam seperti kita ini. Jangankan Bank, Provider selular saja belum transparan dengan tarif percakapan yang dipungut perdetiknya berapa rupiah.

    kalau masalah nominal kwh itu, saya kurang begitu teliti mas. Kalaupun iya, berarti ada pihak yg turut andil ambil bagian(tanpa menyebut nama bank). Atau... juga bisa modus bank yang anda maksud bertujuan menggaet nasabah baru sebanyak mungkin dengan memberikan iming2 harga yang lebih miring seperti itu mas...karena persaingan itu terjadi dimana saja


    semoga mas indra bukan sales bank yg saya maksud :)

    trims sharingnya mas indra n_n

    BalasHapus
  11. sempet bingung, akhirnya rebes juga,

    thanks banget,

    BalasHapus
  12. Trims infonyaa , pembelian token berhasil

    BalasHapus
  13. enak yah sekrang apa apa dipermudah hehehe

    BalasHapus
  14. Ada cara yang lebih mudah gan isi pulsa online , pulsa listrik , bolt ,voucher game . Bisa bayar pake bank BCA,BNI,BRI dan Mandiri . Info lengkapnya langsung ke web kami ya gan http://www.jualpulsa.com

    BalasHapus
  15. Waduh token sy udah lama rusak ni mas, kalau via sms banking sama ga yah soalnya denger no tokennya harus di screenshoot

    BalasHapus
  16. Ini pulsa ny lgsg otomatis masuk ya? Jd tidak perlu kita input lg ke meter nya?

    BalasHapus
  17. Selain bisa beli token listrik, bisa beli pulsa online juga kan lewat internet mandiri

    BalasHapus