Blogermie.com: Pentingkah Ponsel Android Dual SIM untuk Seorang Blogger?

29 Mei 2013

Pentingkah Ponsel Android Dual SIM untuk Seorang Blogger?

Seiring berkembangnya dunia teknologi yang dibenamkan disebuah ponsel, orang maupun setan makin berlomba-lomba meningkatkan konsentrasinya bermobilisasi. Generasi menunduk pun bermunculan demi mendapatkan klaim status sosial yang lebih mentereng dalam menjalin sebuah komunitas. Tentunya hal tersebut juga tak jauh berbeda bagi para penulis dan jurnalis yang mengakui dirinya sebagai seorang blogger dan berkeinginan serius mengeksplore beberapa informasi yang menurut mereka penting untuk kemudian di share ke media online.

Seperti perangkat elektronik yang lain, Ponsel adalah satu diantara perangkat portable yang sekarang ini makin naik daun. Kemampuannya juga semakin melengkapi fungsionalitasnya tak hanya sebagai alat komunikasi belaka. Tentu saja semenjak Ponsel dengan dibekali OS yang terdapat disebuah komputer dekstop, beberapa aplikasi kantor dapat mudah dioperasikan layaknya Ponsel dengan kecanggihan komputer mini didalamnya. Banyak pengguna yang turut merasakan kegunaan ponsel sebagai papan ketik operasional sebagai penunjang aktivitas kantoran.

Tentunya sebagai seorang blogger, Ponsel Android adalah salah satu pilihan yang tepat mendukung pekerjaan tersebut.

Nah, bicara soal pangsa pasar Ponsel android. Mungkin dilema yang terjadi sekarang banyak ditemui dengan menjamurnya Ponsel android Dual SIM. Saya banyak mengamati munculnya fenomena Kopas yang terjadi. Dan Pabrikan Cina-lah yang ditengarai banyak melakukan itu, mengamati produk branded dan mengubahnya jadi produk terjangkau. Yang jadi topik seru adalah apa yang terjadi jika sebaliknya, pabrikan branded yang justru meng-copy pabrikan Cina?

Ok-lah, kembali ke Topik pembahasan yang ada. Jika sobat menerima tawaran sekaligus pertanyaan diatas, Lantas jawaban apa yang menurut kalian pantas?
Mengapa Sobat blogger harus membeli Ponsel Android Dual SIM daripada ponsel Single SIM?

Saya tidak akan memaksakan kehendak sobat harus selalu sependapat dengan alasan saya, Tapi sedikit akan saya geber idealisme liar, surplus, dan pengecualiannya disini:
  1. Dual ON SIMcard dan Hotswap(kalau ada)
  2. Ini adalah fitur yang sangat membantu. Saya pernah melihat beberapa trendsetter ponsel single SIM dan memiliki Slot UIM terletak di bawah baterai, sehingga sobat perlu mematikan ponsel lalu buka tutup baterai lalu buka baterai lalu buka SIM…bahhhh intinya ribet!, Tapi sebagaimana ponsel Dual sim, hal tersebut bisa berubah menjadi Menyenangkan!

  3. Chipset dan Prosesor mumpuni.
  4. Semua pabrikan Ponsel pasti memperhitungkan betul akurasi ponsel yang dirancang. Hal awal yang menjadi perhitungan adalah dengan melihat Inti prosesornya. Ada baiknya jika sobat mencari ponsel dual SIM yang sudah berkapasitas diatas 800Mhz, atau 1 GHz. Atau se-enggak-enggaknya sudah dual core, bahkan jika suatu saat nanti muncul prosesor yang sudah berinti banyak, itu merupakan keputusan yang harus sobat ambil demi membeli hp baru. Masalah Procie Snapdragon ataupun MTK, kita urus belakangan saja. Kenapa?

    Ponsel dengan OS android atau yang setara dengan Smartphone mestinya telah terinstal aplikasi yang berjalan bersamaan ketika ponsel dihidupkan. Jika kita tidak selektif memperhatikan aplikasi yang berjalan, dengan mudah si ponsel akan mengalami "hang", macet dengan tiba-tiba. Apalagi yang doyan ngeblog dengan aplikasi browser yang terbuka. Tapi beruntunglah ponsel-ponsel android dual SIM yang tersedia sekarang ini telah dibekali Prosesor dengan dual inti.

    Dengan Prosesor dua inti tersebut, menuntaskan 2 aplikasi bahkan lebih secara sekaligus, akan menjamin kinerja Ponsel tidak sampai Ngos-ngosan. Prinsipnya sama dengan sebuah Komputer yang tertanamam prosesor single core dan multicore. Mana yang lebih melesat kinerjanya?

  5. Koneksi Internet Ganda.
  6. Semua Ponsel OS Andoid selalu unggul di fitur multimedia dan data. Inilah yang menyebabkan android makin banyak digemari lantaran aplikasi browser, chatting, game mendukung untuk ponsel android type dan merek apapun. Terlebih untuk kepentingan yang bersifat urgent seperti ngeblog dan menulis artikel di medan seperti apapun.

    Dapatnya kalau bisa, Koneksi internet bisa langsung "ON" pada kedua Kartu SIM. Hal tersebut akan nampak berbeda jika kita hanya memanfaatkan koneksi internet yang bersumber hanya dari 1 operator selular. bahhh... Jika sobat tidak ingin menikmati kegalauan, setidaknya menyiapkan 1 lagi kartu sim yang tidak "megap-megap" untuk tindakan berjaga-jaga.

    Untuk ponsel dual SIM dijaman sekarang ini, koneksi internet bisa langsung ON kedua-duanya tanpa harus menyetinggnya secara manual. begitu Kartu SIM ditancapkan, Settingan GPRS, MMS bisa langsung terkirim secara otomatis.

  7. Baterai Berkapasitas besar
  8. Ini yang kadang sering terabaikan oleh kita para pengguna. Dimanapun berada, hampir tiap ponsel dual sim selalu diseuplai dengan baterai berampere tinggi. Sebenarnya amat bergantung pemakaian juga. Namun akan lebih optimal jika kita memanfaatkannya untuk 1 kepentingan saja, Yakni menangkap 1 sinyal operator apabila kita sedang mengerjakan 1 tugas tertentu.

    Untuk aktivitas ngeblog contohnya, kita dapat menghidupkan mide "plane" untuk mengunci 1 kartu jika tidak sangat penting dipergunakan. Baru setelahnya, kita bisa menghidupkannya kembali, disamping lebih mengirit masa pakai baterai. Untunglah Ponsel dual SIM yang baik, memerlukan Kapasitas 2000 mAh atau lebih tinggi diatasnya.

  9. Muat micro SD hingga 32GB.
  10. Percaya tau tidak, Seorang Blogger maupun penulis akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menyalin file-file berformat TXT ataupun aplkasi office. Butuh slot memory ekstra bila sewaktu-waktu file tersebut dibutuhkan. Untuk itu, langkah utama yang harus dipersiapakan adalah memperhatikan betul ponsel dual SIM dengan kapasitas memori yang bisa dinaikkan ke level yang lebih tinggi, semisal 16GB atau diatasnya

Memang hasil review ini saya dapatkan ketika mengantar salah seorang teman ke Plaza marina untuk membeli Ponsel Android dual SIM, dan ternyata pilihannya jatuh kepada LENOVO S560. Namun LENOVO juga bisa dikatakan pesaing Besar bagi Sony Ericsson jika dilihat dari tingkat penjualannya yang juga beriringan. TAPI....JIKA anda semua betul-betul selektif, tetap ada kekurangan Untuk semua HP Android LENOVO. Nati akan saya buatkan Review Khusus Untuk Lenovo. Karena Saya masih Jatuh Hati dengan produk Sony...Heheheh
Kesimpulan:

No Pict=hoax, Ini disebabkan saya lagi gak mood motret dan belum selesai review kesemuanya. Baik secara keuntungan dan beberapa kekurangan yang belum saya sempurnakan seluruhnya. Sejatinya memang, banyak selisih jika harus membandingkan smartphone Android Dual SIM Cina dengan Smartphone Branded Dual SIM ternama secara aspek multimedia, koneksitas, desaign, kamera dan pertimbangan lain. Namun paling tidak hal inilah yang dapat memberikan wacana Jika ngeblog menggunakan Ponsel android DUAL SIM lebih menantang jika dibandingkan ngeblog menggunakan Ponsel Single SIM. Disamping kartu SIM cadangan yang bisa dipakai untuk menguji seberapa tangguhnya paket data Tiap operator selular.

Biarpun begitu, untuk sementara ini saja, ada beberapa Ponsel android Dual SIM Murah dengan harga dibawah 2 juta sebagai rujukan, Yakni LENOVO semua Seri A, S, P, disamping beberapa Smartphone Dual SIM Favorit Saya= *Sony Xperia Series E Dual C1605 dan Sony ST212 Xperia Tipo Dual

Lihat Saja, Pasti saya akan membelimu Sony Xperia
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 5/29/2013 11:18:00 PM

2 komentar: