Blogermie.com: Ngabuburit dan Yang Membuatnya Istimewa

12 Juli 2013

Ngabuburit dan Yang Membuatnya Istimewa

Berselang 3 hari lamanya, ngabuburit akan tetap menjadi aktivitas paling absolut umat muslim dalam mengisi waktu mereka berbuka. Pasti ada hal maupun kegiatan yang bisa dilaksanakan secara positif demi relaksasi.


Nah jika ditanya mengenai seberapa pentingkah ngabuburit itu?

....


ini...lah 2 jawaban tersebut menurut saya,,

Batal Puasa Adalah Pantangan, Namun Ngabuburit adalah Tantangan
Setiap orang menyadari bahwa tidak semua hal bsa dinikmati seindah ngabuburit.Jadi, saya tidak menempatkan ngabuburit sebagai prioritas, namun sebagai opsi yang melengkapi puasa kita sendiri, selama aktivitas ngabuburit tersebut bermanfaat sesuai porsi dan justru tidak mempengaruhi puasa kita. Sementara dalam syarat syah puasa ada banyak hal yang mempengaruhinya. Pasti siapa saja tidak ingin hanya karena ngabuburit, pahala puasanya malah berkurang hanya karena mudah mengumbar sayhwat. Apalagi sampai batal jika menyaksikan pacar sendiri naif minta bersolek.

Ngabuburit Bukan Mengadu Clurit
Seperti halnya Kosakata "clurit" dalam bahasa jawa yang berarti senjata sabit/parang. Senjata ini akan lebih berguna pemanfaatannya jika dipergunakan untuk kepentingan orang lain. Saya sendiri menganggap jika ngabuburit tidak lagi dianggap sebagai ajang Riya, dan saling menunjukkan kadar keimanannya kepada orang lain

Dalam realita saja, seringkali saya melihat sudah ada yang berani puasa bodong didepan umum, siang hari berbuka secara diam-diam, menjual ketaqwaannya didepan orang yang sedang puasa menjelang bedug maghrib. Seolah-olah tidak lagi merasa rugi jika dirinya sudah menyiakan bulan penuh mulia ini

Untuk itulah, sebagaimana cara kita menyikapi ngabuburit. Alangkah baiknya jika ngabuburit tidak dijadikan alasan mencari tempat nongkrong dan menghamburkan kesenangan semata, Tapi jika sanggup berbagi kesenangan dengan orang yang lebih rentan taraf hidupnya, bukankah akan lebih bagus secara spiritual..?
tidak pernah ada kata mubazir jika kita meluangkan ngabuburit untuk bergabung dengan komunitas terdekat guna membaur dengan sosial

Singkatnya, segala aktivitas ngabuburit bisa menjadi bermanfaat, jika berdampak sosial, serta disikapi dengan cara berbeda. Tidak hanyut dirundung stress ketika lapar dan dahaga bermukim dalam pencernaan.
Intinya, kelola aktivitas ngabuburit secara kreatif. Tidak perlu ilmu managemen untuk mengelolanya. Tidak perlu menunggu sampai menjadi seorang psikolog atau psikater. Tapi yang diperlukan hanya:

Bebaskan pikiran....
Dan lontarkan apa yang terasa secara apa adanya. .

Contohnya tulisan ngawur ini.


Wassalam





Judul: Ngabuburit dan Yang Membuatnya Istimewa ; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 7/12/2013 05:42:00 PM

1 komentar:

  1. Wah ngaburburit juga bisa ngurangin pahala puasa kita ya...

    BalasHapus