Blogermie.com: Kekuatan Itu Bernama 'Fokus'

11 November 2013

Kekuatan Itu Bernama 'Fokus'

Sumber gambar whatssap dan Bejo-gmail

Gambaran diatas, sekilas boleh dikatakan lucu secara orientasi, namun secara sosial, gambar tersebut memiliki banyak pesan moral yang amat berguna jika diterapkan dalam perilaku menulis maupun ngeblog.


Kemarin malam, saya sempat mendapatkan private message dari seseorang yang tak saya kenal. Tujuannya juga terbilang sopan yakni menanyakan bagaimanakah seharusnya menulis yang konsisten dan bisa menjadi pemenang disegala lomba itu?


Terlepas yang ditanyakan orang itu hoax dengan tujuan pura-pura tidak tahu, atau sekedar menguji kesabaran saja, saya sampaikan bahwa kembali ke tujuan mula kenapa anda menulis.

Semua niat kita sejak awal, ditentukan dengan langkah konsisten selanjutnya...tidak terpengaruh budaya politik dan selera pasar, namun yang terpenting adalah jangan sampai menjadikan landasan utama menulis adalah motto mencari keuntungan...karena mengapa?
Karena menulis dengan memperhatikan yang demikian menunjukkan kita takut rugi dan takut kalah...sudah jelas nantinya orang yang dengan takut kalah, hatinya selalu di isi dengan rasa dongkol, sulit menerima " nerima ing pandum" kenyataan yang membawa sebuah keadaan yang membuat diri orang tersebut tidak akan pernah bisa fokus.

Hal terpenting yang menjadikan kekuatan niat sanggup mengalahkan keragu-raguan adalah fokus. Tiap kali kekuatan fokus itu hadir, jangan berusaha mencegahnya. Kalau ada hal lain, aktivitas lain, atau situasi yang memungkinkan mengganggu kemampuan kita untuk fokus, berusahalah untuk tidak terpengaruh. Berusaha yakin untuk menutup diri walaupun untuk jangka waktu sesaat


Manusia dewasa, tumbuh besar dari pengalaman...semakin jera hidupnya dengan kekalahan, membuat kekuatan dan kemampuan analisanya semakin spesifik...demikianlah yang membuat fokus itu tercipta dan semakin tajam terasah.

Manusia itu tidak bisa disetir...hari ini harus seperti ini, besok harus konsekuen seperti ini...besoknya lagi seperti ini...tidak bisa, fakta dan realitanya jelas!. Ini hanyalah masalah prinsip dan kita berusaha untuk tidak mengingkari.


Namun saran saya buat panjenengan... cukup ini saja yang bisa saya haturkan untuk siapapun dikala malam sambil bersimpuh
" Ya allah berikanlah aq manfaat ilmu. Untuk diriq dan berguna bagi orang lain. Demi ridhomu,terlepas apapun hasilnya nanti, ridhoilah pula rizki yang akan aq peroleh nantinya demi membahagiakan kedua orang tuaku dan orang2 di sekelilingku...ya Allah

Subhaanarobbikalizzatiamma yasiffun, wassalamunalalmursalin walhamduliilahirobbil aalamiin "
Judul: Kekuatan Itu Bernama 'Fokus'; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 11/11/2013 02:09:00 PM

6 komentar:

  1. semoga ilmunya bermanfaat abgi umat nasehatnya akan dikenang dihati

    BalasHapus
  2. Berusaha tuk bisa fokus itu memang nggak mudah Terlalu banyak godaan yang ada di sekeliling kita. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak akin...jangan tergoda..apapun itu, termasuk jebakan reward kontes itu,,,jiakakak.

      Salam hormat buat bu guru :)

      Hapus
  3. Itu pertanyaannya lumayan berat, bagaimana bisa konsisten menulis dan menjadi pemenang di setiap lomba?
    Saya pribadi baru belajar bagaimana menulis dg konsisten. Yg penting nulis saja deh. Isinya kebanyakan remeh temeh saja. Jadi itu saya jadikan fokus saja.
    Pertanyaan kedua ini yg berat ya Mas, bgmn jd pemenang dlm setiap lomba? Hihihi...saya pribadi belum pernah ikutan lomba.

    Nah, untuk Mas Heru sendiri, ini produktif banget posting alias nulis blognya. Mantap nih Mas. Salut...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah pakde ngetes -_-

      sebenarnya pakde sangat konsisten nulis...lebih dari saya..modalnya konsisten nulis sudah lebih berpeluang ikut lomba apapun.

      Konsisten gak harus tertarget perhari nulis berapa postingan kok dhe. namun sebisa mungkin, 1 minggu jangan ada celah sedikitpun yang malah bikin ide jadi tambang, Nulis bisa diisi 2-3 postingan itu sudah sangat Ngganteng sekali :D

      Kalau menang lomba itu, saya tidak terlalu fokus menganggapnya sebagai kompetisi, Seperti nulis ala kadarnya saja. Itupun tidak setiap kategori lomba saya ikuti, lantas diserakahi semuanya. Hanya di beberapa lomba yang memang saya mampu menguasai alur topiknya, punya referensi matang, risetnya logis, dan tidak sekedar membangun opini fikitif.

      Pakde ikutan ya, Ada GA-nya WEBE yang kecil2an..meskipun Hadiahnya sederhana. lumayan buat memeriahkan dan memancing insting menulis...

      Salam hangat buat pakde n_n

      Hapus