Blogermie.com: Soto Cak Seger, Sajian Khas Yang Bikin Ngiler

04 Desember 2013

Soto Cak Seger, Sajian Khas Yang Bikin Ngiler

Warung soto pertama kali dari yang belum pernah ada di desa sidodadi ini. Dan bisa jadi, Soto lamongan cak seger inilah yang merupakan cikal bakal berkembangnya soto-soto ayam Kw 1, KW 2, KW 3 dan sebagainya.

Soto-Lamongan
"Sotonya Spesial atau biasa?"
"Kalau yang spesial, ada tambahan jeroan dan Satu butir telur ayam,"

Ucapan ini seringkali menyambut tiap pengunjung yang tiba. Jika kedatangan pembeli tidak menegaskan memilih dari satu diantaranya, satu porsi Soto Lamongan yang disodorkan hanya porsi biasa, yang terdiri dari irisan ayam, bawang goreng dan daun seledri.
Pun begitu, tak mengubah Semerbak aroma kuah yang terasa gurih, ditambah harum repah-rempah begitu uap panasnya menerpa.


Cak seger, Pemilik warung soto yang mengaku sudah berjualan Soto lamongan dari tahun 2002 mengaku, belum pernah seberuntung ini. Kedai yang dia buat tak lebihnya seperti warung dadakan.
Dengan 1 Gerobak dorong, ditambah 3 bangku plastik, memapah dagangannya keliling kampung. Nama Soto Lamongan Cak seger sudah terkenal ke beberapa penjuru dusun ini. Hingga beliau ditawari untuk mengontrak tempat yang cukup ramai dikunjungi orang kala sore hari, yang membawanya untuk menetapkan sertifikat dagang di persimpangan salah satu jalan utama desa, dekat jalan raya.

Cak Seger, pemilik warung ini
Mempertahankan merek juga telah disadari oleh beliau. Bagi orang asli yang pernah tinggal disini seperti saya, persaingan kuliner sejenis pernah terjadi. Persisnya di dekat tikungan masuk gapura dusun sidodadi, ada sebuah warung soto ayam rumahan yang tidak kalah tenar. Nama warungnya juga seolah menunjukkan filosofi keberadaan Warung yang berada tepat di pojokan desa. Nama  warung soto tersebut: Warung Soto Pojok.

Namun jika sekarang ditelusuri, dijamin ada tidak menemukan penjual sotonya. Di samping kalah rasa, penjualnya memilih gulung tikar demi berjualan barang pecah belah dan peralatan dapur.

Kini usaha kuliner Cak Seger telah berkembang pesat. Tempat yang dulunya hanya mampu dia sewa, kini mampu ia beli. Namun jangan salah, tidak hanya ia sertifikasi atas kepemilikan sendiri, Kini Cak seger lebih makmur memugar bangunannya agar tempak lebih mentereng dibanding warung-makan disekelilingnya.

Menjadi rumah makan dengan kesan Bonafet, itu jelas terlihat ketika saya mampir dan menyaksikan sendiri spanduk besar bertuliskan Soto Lamongan Cak Seger. Ditambah pula, beliau telah merekrut 3 orang warga pribumi demi membantu tugasnya berjualan.

Warung Soto

Soto lamongan Cak seger memiliki tempat di hati penikmat kuliner berkuah. Hampir tiap hari, Warung ini tak pernah sepi pengunjung. Sampai teringat peristiwa masa SMK dulu, Andai saja warung cak seger tak ramai seperti sekarang, mungkin beliau enggan memberi tumpangan Cashbon yang membuktikan bahwa saya memang murid yang gemar berhutang.

Karena terlampau seringnya nebeng Soto Lamongan Cak Seger dengan tujuan mencicipi (mencicipi kok terus :D), saya pernah menjadi buruh cuci mangkok selama 1 hari penuh untuk menebus rasa bersalah itu. Untungnya beliau orang baik. Sampai pada akhirnya keadaan tak lagi membuatnya dilanda ke-fakiran seperti dulu, sebelum migrasi...membuat persahabatan kami betul-betul akrab hingga kini

Judul: Soto Cak Seger, Sajian Khas Yang Bikin Ngiler; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 12/04/2013 01:55:00 PM

1 komentar:

  1. Membuka Warung sekarang bisa membuat omset jutaan loh silahkan klik Usaha Warung Rumahan Sukses Salam Sukses. :)

    BalasHapus