Blogermie.com: Ulang Tahun : Godaan Sate Vs Godaan Mbote

23 Juli 2017

Ulang Tahun : Godaan Sate Vs Godaan Mbote

Seumur-umur merayakan ulang tahun, siapapun pasti pernah. Ulang tahun seperti ueforia yang telah menjadi tradisi dari masa ke-masa. Secara descriptive qualitative jelas, Apabila "ulang tahun" dianalogikan secara sosial interested adalah suatu keadaan dimana waktu telah  mengijinkan kita melewati batas-batas kedewasaan. Namun bahasa filsafat menjelaskan: dalam suatu ketika , Allah SWT mengurangi sedikit demi sedikit Alogaritma manusia dalam bentuk nominal angka melalui gambaran usia. Dengan demikian, sadar atau nggak, perlahan namun pasti, semakin usia kita bertambah, kita sedikit lebih dekat berbicara dengan mati.



Pasti pemirsa berkata dalam hati

Pemirsa, " kok ndlalah tulisanmu dadi bertuah she bos. Ojok horor-horor bos, aku wedi mati...aq jomblo durung rabi"

Blogermie, "sabar pemirsa, saat ini memang Blogermie golek topik yang agak syar'i, ben ketok menginsafi "

Pemirsa ,"Ya ya ya ya gapopo, asal ojok njlimet-njlimet. Lek nekat diterusno, aq mending skip,trus bw ke blog lain dulu ae ya..kampret!!!"

Blogermie, "ya jangan pergi dulu lha, minimal pura-pura membaca , nanti aq janji tak isi narasi sing luwih jenaka sitik"

Pemirsa, (hening,dongkol dan agak kecewa).. Y wis, trusno -_-


Pemirsa, kalau kalian tengah serius sekali membaca tulisan ini pada tanggal 21 Juli 2017 berarti Kalian adalah silent reader yang peduli dengan peradaban. Sebagai salah satu mahluk ciptaanNYA sang sedikit soak dan dekil, pemirsa pasti tahu alasan kenapa tanggal 21 Juli saya pilih sebagai waktu yang tepat untuk memposting cerita ini..?

 ***

Ok ini bocorannya..

Ini adalah hari ulang tahun saya kawan, dirayakan penuh kepemimpinan sebagaimana jasa-jasa Julius Caesar yang terkenal Bijaksana selama menjabat kekaisaran romawi kuno di zaman purbakala kala itu..ceileh.
Yah...mau bagaimana lagi, hampir semua tokoh besar dalam negeri dan luar negeri ingat hari kelahiran saya bahkan ikut merayakan, kecuali istri saya (sekarang lagi tidur dengan posisi ngeloni anaknya tengkurap 45 derajat, menguasai 90% tempat tidur seolah-olah dia masih perawan).

Apa saya marah karena istri tidak megucapkan ULTAH? jawabnya tidak sama sekali. Karena saya pun baru ingat ketika jam 12.19 buka facebook ada ucapan selamat ULTAH.

BTW, soal ULTAH menurut saya, point penting diusia afkir ini adalah saya sudah menikah selama 5 tahun. Dan faktanya 3 tahun terakhir ini adalah yang menurut saya paling ajib dalam hidup. Ada senang, sedih, dan Sowong.
Kenapa ada senang, sedih, Sowong?

karena saya nulisnya begitu, kalau kurang berkenan yaaa, silahkan menulis saja sendiri. Ok kita kupas satu persatu

  1. Senang, Ya namanya pengalaman baru dalam menjalankan dua peran sekaligus. Jadi Ayah, sekaligus Guru ngajinya Irma. Antara kuat dan enggak kuat, ikhlas gak ikhlas, tetap harus dilaksanakan
  2. Sedih, Saya paling sedih, benci jika harus pergi bekerja meninggalkan anak dan istri dirumah sendiri. Apalagi kalau Irma Berkeluh kesah.. "Yaa Ayah kerja lagi seh".. (sambil mengusap air mata campur ingus dipipi) ->klo istri saya baca bagian ini pasti dia bilang "PREKETEKK MAS"
  3. Sowong, bulan Juli inilah adegan paling menyeramkan yang pernah kami alami. dan tak akan cukup jika di ceritakan dalam satu paragraf.


MOHON YANG TIDAK SUKA FILM HOROR/ADEGAN KEKERASAN SEGERA MENYUDAHI BACAAN INI, CUCI KAKI LALU SEGERA MAKAN

Prahara sinetron kesucian prasasti tahun 90an bermula, pada suatu waktu saat liburan (bersama Mr A, Mr B, dan Istri Mr b) melakukan Reuni masa muda dengan kesepakatan berkumpul di rumah Mr A.
Secara umum, kami lalui acara ini dengan sangat terencana dan matang, dengan didahului pembukaan ngeband, dan selingan dinner ringan. Karena dulu, sebelum kami memutus tali kemiskinan dengan bertekad menikah, pernah tercetus inisiatif jika kedepannya, kita akan mengadakan reuni sebagai bentuk apresiasi kami dalam bermusik.
Dan, Sekali lagi untuk terakhir kali, kami bertiga yang terbentuk dalam grup band cumi bernostalgia kembali dengan menyanyikan lagu-lagu gubahan Kangen Band.

Namun sesampai dirumah, istri mulai menunjukan gelagat yang aneh. Secara perlahan namun pasti, istri saya mulai terlihat marah dan histeris yang menurut saya tanpa sebab. Dan baru kali ini saya dibuat bingung oleh kelakuan istri yang marah tanpa sebab jelas. Sementara sang suami yang berkarakter cengengas-cengenges, ngomong ngalor ngidul tapi tak bisa menenangkan istri.

Dalam kondisi yang bingung merasa ada yang menguna-guna istri saya. Lalu saya yang kala itu bergegas mengambil minumn mineral 1 gelas, cuma bisa berdoa agar istri bisa kembali ke jalan yang benar. Namun setelah satu jam, nampaknya doa saya belum juga tembus ke hati istri. Saya semakin keras berdoa, doa apapun yg saya bisa, saya lafadzkan. Seringkali saya juga mengutip beberapa surat dalam alquran sebagai pengiring doa. Ada surat al-ikhlas berharap istri bisa tenang. Ada Surat Insirah agar saya selaku suami diberi kelapangan hati, dan terakhir mengutip surat Alkautsar agar amarah sang istri bisa lumer, lantaran tersiram air surga dari telaga kautsar

Selang beberapa menit, saya yang sangat berambisi, komat-kamit tak karuan, hanya bisa pasrah ketika sisa air kumur bercampur ludah tumpah ruah, tepat persis di jidatnya..buhh...

Kemudian istri saya sepertinya sudah terkapar, kepanikannya berujung menjadi kesadaran setelah pernikahannya yang terjalin erat selama ini hanya skenario tuhan yang membuktikan suaminya sangat cocok berprofesi sebagai dukun edan.

(pemirsa pasti bertanya: yang edan ini sebenarnya siapa sih....)

Istri. "Kenapa sih mas, sampean gak pernah cerita apapun?"

Saya (yg tetap bingung), "Apa yang harus saya ceritakan sayang?"

Istri, "Sampean itu mesti gak pernah merasa salah"

Saya, "Memangnya ken arok ini salah apa toh Dik Ken Dedes?"

Istri(kembali hiteris), "KENAPA Sampean jajan sate, bisa menasehati kalo beli sate itu dosa. Ngunu jarene menjauhkan diri Dari Godaan setan dan godaan Sate"

toewwnggg !!!!!!

Saya(langsung mikir) dan berkata, "Sate..? Sate yang mana. Sate yang asli aja aku dah ogah makannya, takut kolesterol. Apalagi sate jadi-jadian... bisa-bisa rusak nih ikan tongkol "

NB:
  • Sate dalam bahasa sindiran/tabu; jorok jawa : adalah kosakata yang di ibaratkan Gendakaan/Pacaran. Misal: mending tuku Sate, timbang tuku Wedus 'e (Mending Jajan toh,daripada merawatnya bulat-bulat, tapi toh rasanya sama saja.
  • Ikan Tongkol : kosakata pengganti Buah Zakar

Ternyata, Tuhan memberi ingatan yang tajam seperti ini memang ada gunanya. Karena beberapa jam didalam studio musik, istri saya yang waktu itu kebetulan nguping percakapan kami dari luar pintu (seperti) kena guna-guna. Saya juga masih ingat dialog sebagai berikut.

Mr A, "mas,sampean tahu keuntungannya ya"

Mr B,"Besar ta Her isine"

Saya, "Besar,itu terbesar pokoke top-markotop. manfaat e akeh"

Mr B, "Itu mbote?"

Saya, "iyo i"

Mr A, "sering ya nya dijadiin seperti itu??"

Saya, "1 minggu sekali, menu iku gk boleh telat "

Sambil pelan-pelan saya sadarkan istri dengan dialeg yang bener adalah demi menjelaskan keraguan teman saya yang ingin mengetahui khasiat-nya membeli mbote, bukan membeli sate.

dan seketika itu juga istri saya sembuh tanpa perlu diagnosa klinis gendang telinga ke poli THT, ALHAMDULILLAH


Pengumuman: Yang belum tahu apa itu Mbote, Mbote adalah Jenis Umbi-umbian sebagai camilan karbohidrat pengganti singkong. Lebih lengkapnya Coba searching di Google.
Judul: Ulang Tahun : Godaan Sate Vs Godaan Mbote; Reviewer By: Heru Prasetyo; Rating Blog: 5 dari 5
Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 7/23/2017 04:01:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar