Blogermie.com: Bengkel Untung "si-Anak Langit" Syaiful Jok Motor Kemendung

10 September 2017

Bengkel Untung "si-Anak Langit" Syaiful Jok Motor Kemendung

Sungguh, tidak satupun ketegangan yang tersirat melalui wajahnya. Ia justru terlihat santai selagi tangan dan matanya bekerja dengan cekatan. Syaiful melakukan semua itu secara konsisten hingga  jok kembali terpasang dengan sempurna pada tempatnya. Ia juga tidak merasa sedikitpun tertekan jika disatu sisi fokus dengan pekerjaannya, harus meladeni candaan dari costumer maupun teman-temannya. Ditengah terampilnya dalam membagi tugas, antara memasang, membongkar, menjahit, sampai memasangnya kembali dengan rapih, semuanya terselesaikan hanya kurang dari 15 menit.



Rumah kontrakan milik Syaifullah di dusun Kemendung, Sidodadi, kecamatan Taman, Sidoarjo, itu sangat mencolok. Desaign umum yang menghias kebanyakan rumah moderen di jaman sekarang, sama sekali tidak terlihat.
Ukurannya hanya 3x6 meter persagi, berbilik nyaman bambu yang masih dibagi menjadi 2 sekat. Menyisakan 1 bilik lagi yang ia pergunakan bersama adiknya Santo, untuk ruang Istirahat.


Ukurannya yang tak terlalu luas itu meninggalkan kesan tak layak karena sebagian anyaman bambunya lapuk dimakan ngengat. Namun siapa sangka, jika masuk ke dalam rumahnya atau menganalisa lebih dekat, baru akan diketahui bahwa rumah tersebut adalah “Bengkel Servis jok”.

Jika anda pernah melintas di Jalan Mawar, sebuah nama ruas jalan yang menghubungkan desa Sidodadi dengan akses menuju jalan Nusa Indah, tentunya tak asing dengan tempat ini. Menyaksikannya sekilas dari dekat, terdapat sebuah kompresor angin yang menandakan bahwa itu semata bengkel tambel ban biasa. Aksen menggantungnya beberapa buah sangkar burung yang nyaris mengecoh, mungkin masyarakat umum akan menganalogikan bangunan tersebut tak ubahnya dengan toko pakan burung berkicau. Padahal tidak demikian.



Tempat yang ditengarai tak pernah sepi pengunjung. Dari pagi menjelang sore selalu akan anda jumpai pelanggan mampir. Baik untuk mampir merapikan jok motornya maupun sekedar memompa ban, semuanya segan, termasuk saya sebagai penulis cerita ini.

Bahkan jika sudah berurusan dengan para pemuda jomblo yang berasal dari kampung desa sebelah, bengkel ini berubah menjadi tempat nongkrong yang pas karena berdiri tepat di tepi jalan.
Sembari menyaksikan lalu lalangnya orang yang melintas di kala menggoda abg sma pulang sekolah, bengkel ini juga cukup mampu menarik kreativitas anak muda untuk memodifikasi motor mereka. Tentunya dengan sedikit pengorbanan Syaiful lantaran toolset yang ia miliki cukup lengkap



Ditengah maraknya bisnis serupa dan persaingan harga yang diberikan kebanyakan jasa servis jok motor maupun mobil, Bengkel Syaiful jok kemendung kuat bertahan dengan bekal seadanya. Dibentuk sejak tahun 2012, ternyata bengkel ini masih mampu menyaingi pelayanan sekelas bekled sofa rumah tangga.
Yah, seperti yang pernah Syaiful bilang, dia juga menerima apabila ada tamu /konsumen yang menawarkan keinginan untuk memperbaiki jok mobil maupun sofa secara pribadi. Syaiful menyatakan dirinya siap dipanggil kapan saja

Mungkin ada kriteria yang anda yakini jika ingin mencari kualitas dengan tentunya diiringi tarif pemasangan yang lebih mahal. Dan lagi-lagi soal selera, jika anda adalah seorang yang pemilih dan kritis terhadap tingkat kepuasan yang anda dambakan, harus berani membayar lebih demi pelayanan yang sesuai..?
sepertinya apriori itu harus disingkarkan dan tidak berlaku dibengkel ini...karena apa?

Karena sepanjang yang saya alami jika dibandingkan dimanapun bengkel reparasi jok kebanyakan, saya tak pernah merasa sepuas in..berasa seperti diperlakukan seperti manusia gitu dweh..heh..he


Untuk Sepeda motor, Syaiful hanya memasang tarif 30-35 ribu untuk sekali pasang cover jok ,plus perawatannya. Itu sudah termasuk fee jika perlu ditambahkan spon halus sesuai kenginan pelanggan. Hasil yang didapatkan juga memuaskan bagi kebanyakan konsumen yang pernah mencoba jasa Syaiful.
Jahitannya yang rapih dan perlakuannya yang ramah terhadap konsumen yang terkadang membuat saya terapresiasi apabila hendak menambahkan fee.
Dengan tata bahasa jawa yang santun pula, kadang Syaiful juga tak kuasa menolak rijeki itu secara halus dari para dermawan yang memiliki kepentingan yang sama, karena mungkin itulah salah satu nilai tambah yang jarang didapat di servis jok kebanyakan.



Seiring berjalannya waktu, kreativitas Syaiful terus bertambah. Ia juga tidak sekedar membuka usaha jok, Syaiful mulai menabung untuk membeli sprygun. Besar keinginan-nya untuk bisa membuka lagi potensi usaha mengecat sendiri. Terlebih karena Syaiful terkenal dengan mindsetnya yang ringan tangan di mata para pinisepuh desa sidodadi.

Syaiful berharap agar usahanya terus berkembang dengan tekat ingin membesarkan nama kedua orangtuanya dikampung Kediri. Oleh karenanya, bukan hanya menerima tawaran jasa servis Jok sepeda, bengkel ini juga tengah merambah usaha cat body. Corak yang digunakan juga mengikuti trend pasar. Semua bisa disesuikan oleh Syaiful. Tapi menurutnya pemesan dari kalangan modif motor memesan warna yang cenderung anti mainstream dengan desain khas yang berbeda dengan tingkat kesulitan produk umum.


Untuk menjalankan usaha Servis Jok Motor, Syaiful hanya ditemani adik kandungnya, Santo.  Namun, seringkali ia juga tidak menolak bantuan teman-teman seumuran saat mendapat banyak orderan tambal ban.




Kesibukan demi kesibukan mereka bagi berdua dalam menjalankan usaha. Kadangkala jika tidak ada uzur penting, Syaiful juga asik dengan hobinya memikat burung yang ia peroleh dari sawah untuk kemudian ia jual.
Sementara sang Adik, bergilir tugas melayani tambal ban apabila kakaknya sedang melayani servis jok. Keduanya silih berganti bertukar peran



Sayangnya, sampai tulisan ini terbit, Syaiful belum berfikir untuk  memanfaatkan media sosial dan internet untuk mempromosikan usahanya di bidang Jasa.
Umumnya para pelanggan datang atau menghubunginya secara langsung. Padahal, dengan teknologi tersebut bukan tidak mungkin pasar yang bisa dijangkau semakin luas dan nama Syaiful, Ahli Servis Jok Kemendung bisa lebih dikenal.


Heru Prasetyo Blogermie.com Updated at: 9/10/2017 07:44:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar