Kemana Nostalgia Lagu anak Indonesia Pergi?

Chikita Meidy

Chikita Meidy. Satu diantara penyanyi kecil di era tahun 90-an

Saya mungkin adalah satu diantara penduduk pribumi yang masih bertahan dengan lagu anak tempo dulu. Style yang terdapat di alam bawah sadar seorang anak kecil, cenderung berpikiran kampungan, membaur dengan tradisi monohok yang terobsesi menjadi superhero, maka saya akan memilih jadi penyanyi..karena saya ingin terkenal seperti mereka…hahaha, namanya juga anak kecil! 😀

Dimasa kejayaan Enno Lerian, Maissy, dan joshua. Waktu seumuran mereka, saya hampir tidak pernah berpaling dari televisi. Cengar-cengir sendiri niruin suara-nya Maissy menyanyi lagunya don-kinol adalah hal yang paling menyenangkan kala itu. Kalau dipikir-dipikir lagi, Saya amat beruntung lahir di tahun 80 an, dan besar di tahun 90-an.

Sekarang, zaman sudah berubah. Banyak hal-hal tabu yang dengan mudah diangkat ke permukaan, Termasuk peradaban lagu. Kebiasaan menyanyikan lagu luar negeri dan kontemporer membuat anak-anak sekarang cepat galau.
Padahal masih bocah, sudah bisa pacaran. seperti pesan di sebuah lagu… love..you..love..you..love you so much…
Ya… Ironis, Kalau sebuah masa anak-anak tergantikan dengan labilisasi yang belum waktunya.

Terkadang sayapun geleng-geleng kepala. Kebudayaan kita makin luluh lantak dengan pola pikir plagiat budaya asing korea, berciri khas boyband dan lagu korea yang tengah menjadi hits, seakan-akan membuat lagu anak pribumi makin tersingkir dari jari diri bangsa ini.

Kalau dulu lagu anak selalu terselip pesan pembelajaran yang sesuai dengan judulnya, (Enno-lerian – Dubidam), mengajak pendengar menyukai makanan khas dari tiap daerah, Coba bandingkan dengan lagu jaman sekarang yang cenderung dibumbui dengan percintaan dan, kekerasan. Berkembang pula media yang memunculkan reality show dsb yang kian menambah keterpurukan lagu-lagu jaman sekarang. Padahal, Moral dan etika sangat mudah disampaikan melalui sebuah lagu. Kalau sudah begini lantas mau dikemanakan masa depan anak-anak kita nantinya.

Kemana Pula Nostalgia Lagu anak Indonesia tempo dulu?

Sebenarnya dengan menjadi blogger, banyak pesan ilmu yang disampaikan. Baik yang pro maupun kontra, semuanya memberikan pencerahan yang menguntungkan. Setidaknya untuk beberapa blog yang membawa tema Nostalgia Lagu anak Indonesia, beruntunglah para pembaca seperti saya yang masih bisa menikmati alunan kenangan dan tembang lama. Setuju atau enggak, kangen atau enggak lebih baiknya pembaca menggali sisa kenangan masa kecil seperti yang saya ungkap diatas di http://bintangkecil90.blogspot.com/

Leave a Comment