Piranha Kalah Buas dengan ikan Dari indonesia ini

Piranha Kalah Buas dengan ikan Dari indonesia ini | Di sungai amazon, mungkin kita mengenal piranha sebagai ikan predator yang menduduki peringkat pertama dalam rantai makanan. Tapi itu dulu, belum ada bukti yang membuktikan jika ikan piranha pantas menyndang klaim tersebut.
Semenjak kedatangan Ikan Snakehead, warga amerika pada khususnya, lebih paranoid dengan binatang jenis ini.

 

Snakehead fish

Giant Snakehead atau yang lebih dikenal sebagai ikan gabus ternyata mengundang banyak misteri. Konon di inggris dan Amerika. Ikan Snake head dianggap hama bagi pemilik tambak dan pemancingan.

Yang ditakutkan penduduk amerika ialah snake head digolongkan sebagai predator sejati ketimbang ikan piranha. Karena ikan ini juga termasuk kanibal dan pernah sekali memakan korban jiwa di inggris. Tak heran jika inggris melarang peredaran ekspor-impor ikan jenis ini. Padahal kalau dilihat, ikan ini berasal dari perairan air tawar asia tenggara, Khususnya indonesia.

 

Kemungkinan lain dari ikan ini ialah ia bisa hidup di daratan, berjalan beberapa detik di atas permukaan tanah jika habitatnya tengah dilanda kekeringan. Snake head juga berkemungkinan membenamkan dirinya beberapa lama ke dalam lumpur jika benar-benar kekurangan oksigen.

Dengan kemampuan organ labirin, yang terdapat di selaput insangnya dia bisa lebh lama hidup di daratan sampai mendapatkan pasokan air. Bahkan jika diperlukan, ia rela berpindah dari tempat yang kering sekalipun ke tempat yang lembab.

 

Dengan ukuran yang bisa mencapai 1 meter cara hidup ikan ini berpindah pindah. Habitatnya dapat ditemui di rawa, muara sungai, dan juga di selokan. Mereka cenderung berburu di malam hari tanpa berkelompok. Sangat berbeda sekali dengan piranha

Sumber : Youtube & Discovery Channel

 

Keuntungan Ikan Snakehead ketimbang piranha, di indonesia

Lain di inggris, lain di indonesia, jika di  inggris ikan ini menebar teror dengan penampilan yang lebih menyeramkan, di indonesia ikan yang akrab disapa dengan sebutan ikan gabus, ikan tomang, ikan cingok, malah menjadi salah satu perburuan dan hidangan tersendiri (apalagi status sosial masyarakat kita menengah ke bawah).

Bahkan membawa beberapa manfaat yang diantaranya sebagai obat penderita diabetes, di mana kandungan proteinnya sangat berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

Artikel Terkait :

Tinggalkan Balasan