Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

Bagi Pengguna Smartphone Sony Ericsson Aspen, ada beberapa hal yang bisa dijadikan tempat untuk bereksprimen. Dengan melakukan beberapa Modif, maupun sekedar memperdalam Ilmu Flashing misalnya.

Kita tahu bahwa Sony Ericsson Aspen berjalan menggunakan OS windows Versi 6.5. Padahal menurut kebenaran yang ada, (MARKETPLACE) Layanan gratisan khusus Windows mobile 6.5 resmi ditutup oleh pihak microsoft. Hal yang amat patut disayangkan apabila ingin mencari aplikasi yang sesuai atau cuma sekedar melakukan modifikasi ringan.

Sampai saat ini belum ada kejelasan sampai kapan Marketplace Windows mobile 6.5 dibuka kembali
Dan lagi kesulitan bagi pengguna seperti kita jika ingin melakukan Install ulang/ flashing jika Smartphone /ponsel tersebut bermasalah.

Untungnya Sony Ericsson Mobile Communication memberi langkah pasti dengan Membuat Software SEUS sebagai pelengkap Software yang “Support” untuk perbaikan Manual. Adapun kelebihan SEUS ini bisa dipergunakan untuk semua Tipe HP Sony merek apapun juga. Baik yang ber-OS Java, Android, maupun yang OS windows.
Inilah yang membawa saya pribadi lebih menyukai ponsel besutan Sony, ketimbang produk ponsel dari vendor lain.
Dengan menggunakan Tool SEUS, pengguna kelas pemula seperti saya dapat dengan mudah mengenali kerusakan tanpa buru-buru memperbaikinya ke tukang servis.

Dengan seiring perkembangannya, SEUS kini juga sudah dilengkapi kemampuan analisa update Firmware terbaru, Khususnya untuk Upgrade Firmware windows mobile 6.5 yang pada dasarnya belum cukup disempurnakan oleh developernya.

Untuk mengetahui kapan kita harus melakukan flashing, Cukup dengan melihat seberapa sering HP tersebut mengalami restart sendiri, Layar ngeblank Putih, dan HP suka hang secara tiba-tiba.
Apabila untuk pertama kalinya membeli Smartphone Sony Ericsson tipe apapun, dan sudah sering mengalami gangguan teknis seperti diatas, maka jawaban yang tepat adalah memulai langkah flashing demi mengatasinya.

Kendala buruk diatas sudah cukup memberikan bukti bahwa pihak developer/vendor sengaja menyuntikkan Firmware standart pabrikan dengan tujuan pengguna lebih aktif melakukan analisa sendiri

Kenapa saya menyarankan SEUS,?

Karena Tool SEUS ini sangat portable, Sobat hanya butuh koneksi internet cepat dengan langsung menghubungkannya ke Server Sony secara otomatis dengan tujuan mengenali driver smartphone dan memberikan informasi update firmware terbaru secara online.
Tentunya ini sangat memudahkan pengguna yang ingin melaksanakan Tutorial Flashing secara otodidak tanpa menenteng Tool-box khusus.

Syarat-syarat yang diperlukan Untuk Upgrade Firmware/Flashing Sony Ericsson menggunakan SEUS sebenarnya sangat mudah, Yaitu Kabel USB DCU dan koneksi internet stabil.
Namun yang tak kalah penting ialah, dengan menyediakan Tool SEUS-nya sendiri yang bisa diperoleh di http://www.sonymobile.com/id/tools/update-service/.

Untuk memastikan Upgrade dan instalasinya sempurna. Pastikan bahwa hardware dan “pheriperial” komputer Kalian sesuai spek dibawah ini:

    1. Intel® Pentium®4, 2,0 GHz atau yang lebih tinggi, AMD Athlon
    2. Hardisk dengan ekstra kapasitas ruang bebas menyisakan 500 MB
    3. Memory RAM minimal 512 MB
    4. Tersedia Port USB Minimal versi USB 2.0
    5. Operation system Windows XP™ (Home atau Professional) dengan SP2 atau lebih baru
    6. Microsoft® Windows Vista™ Microsoft® Windows 7 Microsoft® Windows 8
    7. Pastikan juga bahwa koneksi internet kalian stabil dan Cepat.

Jika di Koneksi internet kalian superlelet, bisa diperkirakan Proses Flashingnya bisa putus ditengah jalan

Berikut Cara Flashing Sony Ericsson Aspen yang langsung saya ambil dengan menggunakan Windows XP:

    1. Persiapkan Tool SEUS
    2. Dobel klik ikon SEUS hingga muncul Dialog Box seperti ini
Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (1)

    1. Pada Dialog box yang kedua, akan ada deskripsi singkat bahwa Sobat telah memiliki Kabel USB dan memastikan bahwa kondisi baterai minimal daya tidak kurang dari 50%.Pada langkah ini, jangan sekali-kali menghubungkannya Smartphone ke PC tanpa ada perintah, tunggu hingga dialognya selesai dengan klik » Start
Tutorial Flashing dengan SEUS

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (2)

    1. Dialog yang ketiga, penggguna disuruh memilih Tipe smartphone yang Sesuai, dengan » Select Model, dan arahkan kursor ke » Aspen Tm, Klik » Next
Upgrade Firmware Sony Ericsson

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (3)

    1. Barulah pada Dialog yang ke- Empat, Akan ada perintah untuk mematikan baterai (sebaiknya cabut baterai kemudian pasang kembali), kemudian Tahan Tombol »Call selama 5 detik, Setelah itu Colokkan kabel Usbnya dengan tetap menahan tombol Call.Begitu diarahkan ke dialog box yang baru, akan ada gambar sesudahnya bahwa sobat harus melepas Tombol »Call Bertuliskan “Please Release” (dilepaskan)
Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (4)

    1. Lanjut ke step berikutnya, tinggal menunggu Konfirmasi apabila Update versi baru telah tersedia, Klik » Install
SEUS Flashing Screenshoot 1

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (5)

Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (6)

    1. Pada langkah Finish, sebaiknya pastikan Konesi internet kalian stabil. Karena paling tidak butuh ruang 152 MB untuk Mengesrak Firmware dan update yang baru saja kalian download.
      Jika koneksi Putus, Kalian tidak usah gusar. Lakukan dari tahap yang pertama sesuai prosedur
Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen

metode flashing Sony Ericsson Aspen mi1 (7)

Ok, sobat, tunggu sampai instalasinya selesai alias “Complete”, Baru kemudian Cabut USBnya.

Restart HP (Untuk loadingnya memang memakan waktu lama sekali, maklum karena inti prosesornya terbatas dengan frekuensi 600 MhZ, harap bersabar.)

Catatan Penting: Diawal pembuka, Untuk instalasi Bahasa, sebaiknya pergunakan settingan standart » ENGLISH, Karena Sony tidak bertanggung jawab apabila kalian mengubah settingan bahasa lainnya pada Ponsel Sony. Dikhawatirkan juga berakibat pada setting UIM (Kartu sim) juga tidak sesuai dengan setingan geografis, kekuatan Sinyal,dan setting GPRS tiap negara

Ok, semoga Tutorial Flashing Sony Ericsson Aspen ini bermanfaat bagi pembaca
Salam rukun

Artikel Terkait :

1 Comment

Tinggalkan Balasan