Kamus Prediksi Aktif T9 Aspen dan Fungsinya

Dari awal perkembangan teknologi Ponsel, terutama pada fitur SMS, Hampir semua pengguna ponsel hafal betul dengan Text Prediction Active [Prediksi Aktif]..Atau Yang lebih dikenal Kamus T9. Penggunaan Prediksi aktif sebetulnya sangat membantu pengguna ponsel menulis cepat tanpa harus menunggu abjad huruf muncul satu per-satu.

Tentu saja tingkat kesulitan prediksi aktif sangat umum terjadi bagi pengguna ponsel yang menggunakan tombol keypad konvensional. Dimana saat kita ingin membentuk sebuah kata yang tersusun dari rangkaian huruf, mau tidak mau harus menunggu 1 hurufnya tersimpan terlebih dahulu jika ingin merangkainya dengan huruf yang lain.

 

Tanpa tersedianya Fasilitas Kamus T9 Prediksi Aktif, juga disinyalir amat merepotkan bagi yang doyan chating guna memperlincah responsivitas ujung jemari. Sebagai contoh begini: Pada saat seseorang menggunakan Ponsel dan ber-sms dan menulis kata-kata: “Hai Sayang”, maka diperlukan 9 kali ketikan tuts sesuai dengan posisi huruf yang tertera di keyboard untuk menghasilkan kalimat tersebut. Tetapi jika menggunakan prediksi aktif, para pengguna hanya perlu mengetuk keypadnya beberapa kali untuk menyusun semua hurufnya menjadi kalimat utuh.

Oh ya, sedikit saran dan pengecualian  bagi anda penderita diabetes yang di dera kelumpuhan sensor motorik gerak tubuh, sebaiknya jangan membeli hape dengan papan qwerty macam Sony Ericsson Aspen ini. Selain ribet karena ukuran tutsnya kecil, saya jamin hanya akan membuat tekanan darah anda naik dan marah-marah. Bahkan berujung kematian.

Disamping itu, kecepatan mengetik bisa menjadi acuan nantinya jika T9 lebih unggul meninggalkan cara kuno jika seseorang harus mengetik dengan menombol keypadnya satu-persatu

Untungnya sampai dewasa ini, belum pernah sekalipun Sony Ericssson menghilangkan fitur Prediksi Aktif. Biarpun produk ponsel besutan Sony sudah umum menggunakan Keyboar layar sentuh, seluruh akses menu SMS dan chatting masih bisa dinikmati dengan fitur tersebut.

 

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan prediksi aktif pada semua ponsel yang mengusung Qwertyboard, tidak ada suatu masalah yang berarti. Karena sejatinya setiap akses tombol huruf sudah memiliki kegunaan sendiri-sendiri dan fungsi tunggal.
Konon kamus T9, khususnya bahasa Indonesia sudah mendukung 50.000 kata, termasuk beberapa “bahasa alay” dan bahasa lebay yang bisa kita tambahkan sendiri.

Untuk ponsel Sony Ericsson Aspen pada khususnya, Tersedia fitur prediksi aktif yang secara default tersetting manakala ponsel tersebut berhasil di hidupkan. Lain cara Prediksi aktif juga sangat berguna ibarat kamus kosakata yang sering kita pergunakan dalam bahasa sehari-hari.

 

Jadi, jika kalian merasa salah kaprah membayangkan Prediksi Aktif T9 sebagai kamus penterjemah bahasa, Ada baiknya dievaluasi dari sekarang, karena maksudnya bukan merujuk ke hal yang demikian ngawurnya.
Kamus Prediksi Aktif T9 ini sangat menjadi kontribusi agar aktivitas menulis di hp menjadi lebih gesit

Baik untuk mengaktifkan kamus prediksi Aktif maupun Untuk menonaktifkan Prediksi Aktif T9 di Sony Ericsson Aspen sebenarnya cukup mudah. Kita cukup Masuk ke menu SMS seperti biasa. dan mengubah beberapa settingan yang tertera pada gambar berikut ini:

Kamus Prediksi Aktif T9 Untuk kecepatan mengetik Sony Aspen

Langkah demi langkah mengaktifkan Kamus Prediksi Aktif T9 untuk kecepatan mengetik Sony Aspen

Berikut ini adalah keterangan Kamus Prediksi Aktif T9 Aspen berdasarkan urutan pengoperasian diatas:

  1. Masuk Akses SMS menu, Tekan bar tombol di posisi tengah hingga muncul »Option
  2. Masuk ke pengaturan Keyboard, Cari »Text Correction
  3. Dari Text Correction kita akan dibawa ke »Prediction
  4. Bila ingin mengaktifkannya, tinggal Centanf Seluruh Opsi yang beada didalamnya, Mulai Dari Speel Correction, Next Word Prediction, Auto-Append, Auto-Subtitution
  5. Bila Ingin Menonaktifkan Kamus Prediksi Aktif T9, Tinggal memberi tanda pada »None
  6. Gambar 6-7 adalah hasil tesnya

OK, sekian dulu ya mengenai Fungsi Kamus prediksi Aktif T9 Sony Ericsson Aspen, Semoga bermanfaat.
Salam Rukun

Tinggalkan Balasan