Monumen Taman Pelangi Surabaya

Bagi yang berdomisili di Surabaya pada khususnya, mungkin hafal dengan Monumen Taman Pelangi.

Yap, pada mulanya taman pelangi ini dulunya adalah lahan SPBU. Saya ingat betul kejadian dimana harus menuntun sepeda butut saya yang mogok sewaktu melamar pekerjaan. Berhenti tepat di depan tikungan Rungkut SPBU (Sekarang depan BULOG), Tepat di muka Jalan Ahmad Yani

Sejak kepimpinan gubernur pakde karwo, Sejak itulah Bapak Gubernur bersama walikota ibu risma gencar melakukan penghijauan demi tersedianya Paru-paru kota. Dan satu diantara sasaran tersebut dengan jalan menghidupkan kembali Taman Kota. Dengan mengalokasi setiap Sektor yang dulunya tidak berfungsi untuk kemudian mengubahnya menjadi konsep lingkungan hidup, sehingga berdirilah Monumen Taman pelangi ini.

Rancang bangun Monumen Taman pelangi hampir menyerupai ruas-ruas daun. Di desain dengan bentuk balok-balok beton yang disusun secara diagonal dengan sudut kemiringan tertentu. Ditiap ruas beton ini dipasang pipa-pipa kapiler yang berguna untuk menyalurkan cipratan air. Agar lebih berkesan artistik, monumen pelangi ditambah dengen efek-lampu yang dapat berpendar menyerupai warna pelangi ketika malam hari tiba. Warnanya selalu terlihat meriah jika di iringi gemericik air mancur yang mengalir tepat diatas tepian kolam.

Walaupun saya bukan penduduk surabaya, namun saya amat bersyukur karena kesesuaian Motto spanduk “Surabaya bersih dan Hijau “yang terpampang di persimpangan jalan, mungkin inilah sebuah terobosan baru bahwa pemrov Surabaya memang Betul-betul mewujudkan penghijauan.

Terkadang, saya amat kagum dengan perkembangan surabaya yang begitu cepat dalam hal tata kota ketimbang Sidoarjo. Sudah banyak konsep yang digalang ibu risma dalam hal pelestarian lingkungan hidup, dan satu kontribusi tersebut mulai menyebar wilayah surabaya. Satu diantaranya melalui Monumen Taman Pelangi ini.

Sengaja saya abadikan pemandangan tersebut melalui jepretan foto

Monumen Taman Pelangi Surabaya by Blogermie

@Monumen Taman Pelangi / Januari 2013 / Sony Cybershoot DSC W620, Manual Landscape no-flash / foto diambil oleh @Heruxumi / diedit dengan Adobe Photoshop 7

 

Leave a Comment